Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memulai Bisnis dari Dunia Pendidikan, Jangan Minder !

Daftar Isi [Tampil]

 

Memulai Bisnis dari Dunia Pendidikan, Jangan Minder !

Memulai Bisnis dari Dunia Pendidikan - Banyak yang mengeluh, untuk membuka sebuah bisnis sudah tidak ada peluang. Ini keluhan klasik yang tak boleh kita dengar lagi. Sesungguhnya untuk memulai bisnis dapat kita lakukan dengan berbagai macam cara.

Salah satunya dengan pendidikan yang kita miliki. Jerry Yang dan David Filo, pendiri Yahoo, memulai bisnis dengan menggunakan pendidikannya. Mereka merupakan mahasiswa Stanford University.

Yahoo yang dimulai dari bagian belakang lapangan parkir ini sekarang berkembang pesat. Jerry Yang dan David Filo memulai bisnis dari kecil dan hal yang sederhana. Jerry Yang menggambarkan penemuan Yahoo merupakan 'kecelakaan' ketika dia dan Filo menyelesaikan tesis.

Keduanya memulai Yahoo sewaktu duduk di bangku perguruan tinggi, sebelum menamatkan kuliah. Mereka memulai bisnis dengan melakukan listing beberapa situs web yang mereka sukai, serta menulis sejumlah perangkat lunak yang memungkinkan sebuah situs web mendapatkan situs web lain, kemudian diletakkan pada web yang biasa disebut portal. Saat didirikan di 1994, namanya Terrys Guide To The World Wide Web.

Ketika mereka mengetahui situs mereka dikunjungi oleh orang-orang dari 90 negara, spontan mengucapkan 'Yahoo' dan akhirnya kata itu dipakai untuk nama perusahaannya.

Kiichiro Toyoda merupakan putra dari pendiri perusahaan Toyoda Spinning & Weaving Co yang bergerak di bidang perkakas tenun otomatis. Setelah menyelesaikan studi teknik mesin, dia memutuskan memulai bisnis dengan mengubah perusahaannya memproduksi mobil.

Nama perusahaan juga ikut diganti dari Toyoda menjadi Toyota pada 1936. Kiichiro Toyoda menjadi presiden direktur perusahaan Toyota sampai 1950. Mobil pertama yang dibuat adalah model AA, kemudian Crown. Kantor di luar negeri yang didirikan pertama adalah di Taiwan, kemudian Arab Saudi. Perusahaan ini pun mulai memproduksi truk-truk forklift (bak/gandengan) yang menjadikannya sebagai perusahaan nomor satu di dunia pada pasar ini.

Truk-truk ini memasuki pasar Amerika tahun 1958 dan giliran pasar Inggris di 1965. Tetapi untuk Crown gagal memasuki pasar Amerika karena mobil tersebut didesain untuk pasar Jepang, tidak didesain untuk jalan bebas hambatan di Amerika.

Akhirnya, Toyota membuat Corolla pada 1968 dan meraih kesuksesan sehingga dapat menggeser Volkswagen sebagai mobil impor nomor satu di sana. Bahkan menembus jantung kota Amerika dengan menggandeng General Motors untuk membuat mobil-mobil Toyota.

Toyota sekarang merambah bisnis ke bidang lain, yaitu pelayanan keuangan, telekomunikasi, perumahan, mesin-mesin angkatan laut, kapal-kapal rekreasi, distribusi bagian-bagian, serta pelayanan penerbangan.

Sekarang Toyota merupakan pembuat mobil nomor tiga di dunia setelah General Motor dan Ford. Toyota telah menjual lima juta unit per tahun.

Ir. Ciputra memulai bisnis dengan pendidikannya, yaitu bidang arsitektur dan properti, karena tercatat sebagai alumnus Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) 1960. Ciputra sekarang menjabat Presiden Direktur PT Ciputra Development (CD) dan Presiden Komisaris PT Jaya Realty (JR). Dia telah dinobatkan sebagai CEO publik terbaik 1997 versi Majalah Swa Sembada.

Dari uraian itu, Anda dapat memulai bisnis dengan pendidikan Anda dan ketika masih kuliah. Tidak perlu minder, bahkan saat ini di bangku kuliah ada berbagai program pendanaan kewirausahaan untuk para mahasiswa. Tunggu apa lagi, segeralah berkarya dan berbisnis. (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "Memulai Bisnis dari Dunia Pendidikan, Jangan Minder !"