Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ahli Di Bidang TKJ? Simak 8 Peluang Usaha Di Bidang TKJ Berikut ini

Daftar Isi [Tampil]

Lulusan TKJ atau orang yang ahli di bidang TKJ akan mendapatkan banyak peluang usaha. Karena yang namanya komputer dan it lainnya akan terus berkembang. Jadi buat sobat yang mempunyai keahlian di bidang TKJ harusnya tidak kuatir lagi. Anda tinggal tingkatkan terus skill Anda dan salah satu jenis usaha yang menurut Anda paling sesuai.

Saya sendiri lulusan SMK TKJ, meskipun gak sepenuhnya di bidanh TKJ. Tapi kerjaan dan bisnis yang saya jalankan semuanya ada hubungannya dengan komputer dan teknologi. Saya rasa merupakan keuntungan saya dulu pernah sekolah di SMK TKJ. Meskipun sempat kurang PD karena teman-teman saya lebih suka dengan jurusan otomotif.

Artikel kali ini akan saya ambilkan contoh dalam dunia nyata bahwa peluang usaha bisa Anda dapatkan kalau Anda ahli dalam bidang TKJ. Bahkan sebagian bisa menghasilkan income yang cukup besar. Tapi yang namanya usaha balik ke diri Anda masing-masing, tergantung Anda bisa memilih bisnis yang tepat dan bisa mengelolanya dengan baik atau tidak.

Peluang Usaha Di Bidang TKJ

usaha di bidang tkj

Baiklah sobat, mari kita bahas satu persatu mengenai peluang apa saja yang ada dalam bidang TKJ tersebut, antara lain sebagai berikut :

1. Membuka toko penjualan komputer dan laptop

Peluang usaha yang pertama adalah dengan membuka usaha toko komputer dan laptop. Hal ini bisa dilakukan oleh orang yang paham di bidang TKJ. Karena pastinya mengerti kebutuhan mengenai dunia komputer meliputi alat alat apa saja.

Anda bisa menjual berbagai macam jenis komputer dan laptop. Serta jangan lupa untuk menjual accesorisnya juga.

Untuk memaksimalkan penjualan, jangan lupa untuk membuka toko online selain berjualan dari toko offline. Karena sekarang ini orang mau beli accesoris komputer atau laptop sudah banyak yang beli via online.

Iklankan dagangan komputer Anda di beberapa marketplace sepeti tokopedia, bukalapak, shoppe dan yang lainnya. Selain itu jual juga di website toko komputer milik Anda. 

Selama terus melakukan update pada teknologi terbaru dan menjual dengan harga terbaru pastinya bisa sukses dalam bidang yang satu ini.

2. Membuka jasa service komputer dan laptop

Peluang usaha yang kedua adalah dengan membuka jasa service komputer dan laptop. Biasanya ada yang beriringan sih, membuka toko penjualan sambil sevice. Namun ada pula yang membuka servican saja tanpa melakukan penjualan.

untuk service sendiri yang paling penting adalah memiliki skill yang mumpuni. Kemampuan melakukan trobleshooting akan menjadi senjata utama dlam Anda menjalankan bisnis.

Service komputer dan laptop juga termasuk dalam kategori usaha dengan modal kecil. Karena modal cukup beli satu kali dan bisa digunakan berkali-kali.

Dan kunci suksesnya adalah pada pelayanan Anda. Selama service pc dan laptop Anda memuaskan maka akan mudah mendapatkan pelanggan dan bisa mendapatkan banyak omset serta penghasilan.

3. Membuka kursus komputer

Usaha yang selanjutnya yang cocok untuk para ahli di bidang tkj adalah membuka kursus komputer. Yang memberikan edukasi berbayar kepada siapa saja yang mau belajar mengenai komputer.

Dan kursus komputer ini sendiri ada banyak jenisnya. Apa itu kursus perangkat keras maupun penggunaan software dan aplikasi. Jadi sesuaikan saja dengan keahlian yang bisa Anda ajarkan dalam kursus.

Kalau untuk SD, SMP dan SMK, biasanya mereka butuh kursus microsoft office dan juga beberapa skill dasar komputer. Namun untuk umur ada lebih banyak lagi jenisnya. Bisa kursus desain grafis, kursus pembuatan aplikasi, kursus aurocad dan masih banyak lagi.

4. Membuka jasa pengetikan artikel

Orang TKJ pastinya bisa mengetik komputer donk. Maka dari itu peluang usaha jasa pengetikan juga termasuk dalam point-ponint kali ini. Yakni membuka jasa pengetikan baik secara offline maupun secara online.

Membuka jasa pengetikan secara offlinw biasanya melayani masyarakat, anak sekolah dan juga instansi-instansi di sekirar Anda. Dan untuk jasa pengetikan secara online yang paling banyak ada pengetikan untuk keperluan konten website.

Untuk sukses dalam jasa pengetikan, tidak cukup dengan bisa mengetik saja. Namun juga harus bisa membuat artikel. Dengan begitu juga ada pemesanan pembuatan artikel maka Anda juga bisa menanganinya dengan baik.

5. Usaha  service spesialist printer

Usaha di bidang TKJ yang selanjutnya adalah membuka service spesialist printer. Yakni memberikan layanan service kapada masyarakat sekitar yang memiliki masalah dengan printer mereka. 

Keahlian mengenai troubleshooting pronter tentu sangat dibutuhkan untuk usaha yang satu ini. 

Selanjutnya lokasi juga cukup menentukan. Jika Anda buka dekat kampus, sekolah dan instansi-instansi, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan yang melakukan service printer ke tempat Anda. Atau minimal bukalah di tempat strategis yang mudah dilihat dan ditemukan banyak orang.

Gak usah kuatir untuk masalah omset dengan menjalankan usaha yang satu ini. Selama service Anda bagus dan jasa Anda sudah tekenal. Maka setiap hari pasti akan ada yang melakukan service di tempat Anda. 

6. Menjadi seorang blogger atau youtuber 

Orang TKJ biasaya pandai dalam hal menggunakan komputer. Maka dari itu peluang untuk menjadi seorang blogger dan youtuber juga cocok untuk dijalankan. 

Apalagi lulusan SMK TKJ biasanya sudah diajarkan membuat blog semenjak di sekolah. Jadi prosesnya pun akan semakin mudah untuk Anda kembangkan. 

Lagi pula untuk profesi blogger dan juga youtuber ini cukup menjanjikan. Selama Anda menyajikan konten yang berkualitas dan bisa menarik banyak pengunjung serta viewers, maka akan ada banyak peluang penghasilan yang datang pada Anda. 

7. Membuka jasa instalasi internet dan wifi 

Pengembangan pemasangan internet dirumah-rumah masih banyak dilakukan. Darisinilah peluang usaha untuk mendirikan provider internet dan jasa instalasi tersedia bagi Anda.  

Anda bisa melakukannya dengan mendirikan provider sendiri atau bisa juga dengan menjadi mitra dari provider yang sudah ada. 

Karena oranf TKJ pasti paham bagaimana melakukan instalasi internet dan wifi dirumah-rumah. 

Anda bisa bermitra dengan pihak-pihak penyedia internek seperti indihome, speedy, dan beberapa penyedia layanan internet yang lainnya.  

Biasanya sistemnya adalah reelance dengan bayaran komisi setiap satu kali pasang. Jadi semakin banyak job pasang yang terselesaikan, pastinya akan semakin banyak uang yang Anda dapatkan. 

8. Membuka jasa pembuatan website dan aplikasi android 

Orang TKJ biasanya juga mempelajari bahasa pemprograman. Jadi bisa membuat sebuah website dan juga bisa membuat sebuah aplikasi Android. Dan jasa ini sangat dibutuhkan di zaman sekarang. 

Anda bisa mulai membuka jasa pembuatan website dan juga aplikasi android. Selama Anda menyajikannya dengan baik. Pastinya akan mampu mendapatkan banyak pelanggan dan menghasilkan banyak uang. 

Jangan anggap remeh profesi yang satu ini. Karena bisnis pembuatan website dan aplikasi android tergolong bisnis yang menguntungkan. Karena hanya dengan melakukan sekali modal alatnya bisa dipakai untuk terus menerus menghasilkan. 

Kesimpulannya ada banyak jenis-jenis peluang usaha di bidang TKJ yang ada. Anda tinggal menyesuaikan dengan keahliasn yang Anda miliki. Pilih jenis bisnis yang paling tepat dan tekuni bisnis tersebut. Maka di masa depan Anda akan bisa sukses. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke situs belajar bisnis

Posting Komentar untuk "Ahli Di Bidang TKJ? Simak 8 Peluang Usaha Di Bidang TKJ Berikut ini"