Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Alasan Orang Memilih Untuk Menjadi Wirausaha

Daftar Isi [Tampil]
alasan-kenapa-berwirausaha

Alasan Orang Memilih Untuk Menjadi Wirausahawan

17 Alasan orang memilih untuk menjadi wirausaha atau berwirausaha. Banyak sekali kelebihan yang menyebabkan seseorang memilih menjadi wirausahawan. Meskipun di samping kelebihan tersebut juga ada beberapa kekurangan atau resiko yang harus diambil. Namun yang namanya hidup selalu ada pilihan, dan yang namanya keinginan selalu ada resiko yang harus diterima.

Alasan orang memilih berwirausaha memang berbeda-beda. Tapi sebagian besar adalah ingin merubah hidup yang saat ini ada, mengejar impian dan demi memperjuangkan kesejahteraan. Kali ini bisnisan.id akan coba merangkumnya untuk Anda beberapa alasan tersebut. Dengan tujuan agar Anda semakin yakin untuk menjadi seorang wirausahawan

17 Alasan Orang Memilih Berwirausaha


1. Bewirausaha demi mempunyai penghasilan besar

Alasan kebanyakan orang memilih berwirausaha yang pertama adalah karena penghasilan. Memang benar kalau berwirausaha mempunyai peluang penghasilan yang lebih besar ketimbang menjadi seorang karyawan. Apalagi jika sebelumnya bekerja pada sebuah perusahaan yang kurang sejahtera, pasti keinginan untuk risegn dan menjadi wirausaha juga semakin besar.

Tapi yang namanya berwirausaha juga memiliki sebuah resiko. Yakni penghasilan yang tidak pasti dan juga memungkinkan untuk rugi dan tidak mendapatkan apa-apa. Maka dari sahabat bisnisan, kalau mau memulai sebuah usaha sebaiknya belajar dulu bagaimana menjalankan usaha tersebut dengan benar dan bagaimana memanajemen resiko itu sendiri.

2. Menjadi wirausaha untuk merubah kondisi ekonomi keluarga

Alasan yang kedua adalah merubah ekonomi keluarga. Apalagi semakin hari kebutuhan semakin banyak. Terkadang bekerja saja tidak bisa mencukupi. Karena hal itulah seseorang memilih untuk menjadi wirausaha. Untuk merubah kondisi ekonomi tersebut kadang orang memilih menjadi wirausaha namun masih sambil bekerja, alias menjalankan usaha sampingan.

Menjadi wirausahawan memang bisa merubah kondisi ekonomi keluarga. Namun jalan yang ditempuh juga tidak akan mudah. Jadi tidak ada salahnya jika melakukan sebuah usaha namun masih sambil bekerja. Hingga suatu saat kondisi benar-benar mampu, baru menjalankan usaha sepenuhnya alias sudah tidak bekerja dengan orang lain lagi.

3. Berwirausaha demi mewujudkan impian besar

Sebagian orang lagi menjalankan sebuah usaha demi mewujudkan impian besar. Ini bisa dibenarkan, mungkin sahabat bisnisan juga mempunyai sebuah impian bukan? Entah itu segera punya rumah sendiri, membeli mobil, memberangkatkan haji orang tua, atau mempunyai impian menjadi pengusaha sukses. Semua impian-impian tersebut bisa tercapai dengan menjadi seorang wirausahawan. 

Sebuah impian besar harus dimulai dengan langkah yang besar. Begitulah sebagian orang memberanikan diri untuk masuk kedalam dunia usaha. Ya, semoga sahabat bisnisan yang sedang mengejar impian tersebut bisa segera tercapai dan sukses di masa depan. Amin ☺

4. Menjadi wirausaha demi status sosial

Sebagian orang lagi memilih berwirausaha karena mereka ingin merubah status sosial. Apakah ada orang seperti ini ? Banyak. Karena di masyarakat kita seorang pengusaha biasanya akan lebih terpandang dan dihormati banyak orang.

Kalau saya sendiri tidak begitu peduli dengan status sosial. Karena hidup kan tidak semata-mata untuk mendapatkan penilaian orang lain. Bagaimana dengan Anda ? Tapi bukan hal yang buruk kok untuk meningkatkan status sosial, boleh-boleh saja asalkan dengan cara yang benar.

5. Berwirausaha untuk mendapatkan kebebasan waktu

Alasan yang ke 5 ini banyak sekali dialami orang-orang yang akhirnya memutuskan untuk berwirausaha, yakni kebebasan waktu. Kalau kita bekerja di perusahaan semua waktu kita diatur oleh perusahaan. Dan bahkan untuk berkumpul bersama keluarga saja merupakan hal yang cukup sulit.

Dengan menjadi seorang wirausahawan Anda bisa mengatur waktu Anda sesuai dengan keinginan. Anda bisa kapan saja berlibur, kapan saja berkumpul dengan keluarga. Intinya kendali jadwal di kehidupan sehari-hari, sepenuhnya ada di tangan Anda.

6. Menjadi wirausahawan demi bisa mengembangkan pola pikir

Alasan yang lain seseorang memilih berwirausaha adalah demi mengembangkan pola pikir. Ini juga termasuk alasan yang bagus. Karena kalau kita bekerja di perusahaan, segala aturan tentu akan diatur oleh perusahaan. Bahkan pemikiran kita pun sering kali tidak bisa dipaksakan. 

Orang-orang yang ingin mengembangkan pemikiran mereka akhirnya memilih untuk menjadi wirausaha. Apalagi yang tidak cocok dengan sistem di tempat kerja sebelumnya. Bagaimana dengan Anda? Kalau menurut saya ini ide yang sangat bagus agar Anda bisa terus berkembang dan menjadi lebih baik di masa depan.

7. Berwirausaha untuk memperjuangkan orang-orang yang disayang

Sebagian lagi ada yang memilih berwirausaha untuk memperjuangkan orang-orang yang disayang. Apakah ada orang seperti ini? Banyak. Misalkan saja ingin membahagiakan orang tua dengan penghasilan lebih. Ingin membahagiakan pasangan, keluarga, anak dan orang-orang disekitar. Dengan penghasilan besar dari berwirausahalah bisa lebih mudah memperjuangkan orang-orang yang disayangi tersebut.

8. Menjadi wirausahawan untuk memperluas wawasan

Memilih berwirausaha karena ingin memperluas wawasan dan pengalam hidup juga dialami sebagian orang. Ini juga sebuah langkah yang bagus agar seseorang bisa lebih berkembang lagi. Apalagi kalau sebelumnya di tempat kerja tidak punya wawasan lain selain yang dikerjakan setiap hari. Tentu berwirausaha akan menambah wawasan tersebut. 

Tapi berwirausaha jangan cuma untuk mencari pengalaman kalau menurut saya. Pengalaman hanya bonus dengan menjalankan wirausaha. Target utama Anda harus lah bisa sukses menjadi seorang pengusaha. Begitu lebih baik kan.

9. Berwirausaha demi bebas dari telunjuk orang lain

Alasan yang ke 9 ini juga banyak dialami oleh orang-orang. Yakni ingin bebas dari telunjuk orang lain. Ingin bebas dari tekanan di dalam pekerjaan di perusahaan dan semacamnya. Tentu yang namanya bekerja sudah pasti disuruh-suruh. Akan tetapi kenyataan di perusahaan kadang sampai membuat seseorang stress karena tekanan yang sangat tinggi. Maka dari itu berwirausaha menjadi solusi paling tepat untuk keluar dari tekanan tersebut.

10. Memulai usaha demi kemandirian dan tidak tergantung kepada orang lain

Kalau bekerja pasti akan mengandalkan gaji dari perusahaan, benar kan? Selain itu juga tergantung pada tanggal gajian. Mau beli ini mau beli itu harus menunggu gajian dan tergantung dengan gaji dari orang lain tersebut. Berbeda jika seseorang memilih menjadi wirausahawan. Penghasilan akan ditentukan oleh diri sendiri, kapan gajian akan ditentukan diri sendiri. Tentu saja kemandirian seperti ini bisa didapatkan hanya dengan berwirausaha.

11. Berwirausaha demi hari tua yang lebih baik

Alasan selanjutnya adalah demi memperjuangkan hari tua yang lebih baik. Hal ini merupakan alasan yang cukup kuat. Dimana ketika bekerja sebagian tidak menjamin hari tua yang lebih baik. Apalagi kalau tidak bekerja alias nganngur. Dengan berwirausaha, seseorang bisa berharap usahanya sukses, terus berkembang, dan akhirnya di hari tua nanti mempunyai sumber penghasilan yang layak dan tidak harus bekerja di hari tua tentunya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah berwirausaha juga karena ingin hari tua yang sejahtera? Baiklah saya doakan semoga keinginan Anda tersebut bisa tercapai di masa depan. Menjadi seorang pengusaha yang sukses di hari tua nanti. Amin.

12. Alasan memilih berwirausaha demi hobi

Sebagian lagi seseorang memilih berwirausaha karena hobi. Benar sekali, orang-orang yang punya hobi khusus dan ingin dikembangkan dalam berbisnis itu sangat bagus. Misalkan saja seseorang hobi membuat video, dan akhirnya dia memutuskan untuk membuka wirausaha di bidang multimedia. Orang yang menjalankan usaha karena hobi seperti ini juga memiliki peluang besar untuk sukses. Karena apa yang dia mulai bahkan tanpa beban dan dilakukan dengan senang hati.

13. Berwirausaha demi meningkatkan kemampuan manajemen keuangan

Ada beberapa orang lagi yang memilih berwirausaha karena ingin pandai dalam hal manajemen keuangan. Memang kalau menjalankan sebuah usaha kita akan dilatih mengatur keuangan dengan baik. Mulai dari memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi, mengelola modal, mengelola keuntungan dan manajemen keuangan yang lainnya. Dan dengan menjadi wirausahawan lah semua hal ini bisa berjalan secara maksimal.

14. Menjadi wirausahawan karena menyukai tantangan

Dunia wirausaha hanya cocok untuk orang-orang yang menyukai tantangan. Maka beruntunglah mereka yang memulai usaha memang karena suka tantangan. Seperti yang kita tahu, persaingan di pasar sangat tinggi. Dan untuk orang-orang yang tidak suka tantangan pasti akan sulit untuk melewatinya. 

Tantangan dalam berwirausaha ada banyak, mulai dari tantangan untuk resiko kerugian, tantangan dalam pemasaran, tantangan menghadapi persaingan pasar, tantangan untuk melakukan inovasi dan beberapa tantangan lainnya. Dan jika alasan seseorang berwirausaha karena suka tantangan, mudah-mudahan di masa depan dia akan menjadi pengusaha yang sukses.

15. Memilih berwirausaha karena ingin mampu membantu banyak orang

Berwirausaha karena ingin meningkatkan kesuksesan dalam bersosial dan bisa membantu banyak orang. Hal ini juga menjadi alasan banyak orang memilih memulai sebuah usaha. Hal ini juga merupakan sebuah tujuan yang mulia tentunya. Dengan berwirausaha bisa mendapatkan penghasilan besar dan akhirnya bisa membantu banyak orang. Apakah Anda termasuk dala kategori ini ? Kalau iya, jangan ragu lagi untuk memulai usaha. InsyaAllah kalau usaha diiringi niat agar bisa beramal di masa depan Anda akan menjadi pengusaha yang sukses.

16. Berwirausaha karena sudah tidak ada pilihan lain

Alasan selanjutnya seseorang menjalankan wirausaha adalah karena tidak ada pilihan lain. Sudah tidak bekerja, tidak ada pemasukan dan bisanya cuma berwirausaha. Ya gak masalah kalau itu keadaannya. Siapa tahu Anda sudah di takdirkan menjadi pengusaha dan siapa tahu juga bisa sukses di masa depan.

17. Berwirausaha karena alasan yang lain

Baiklah kita sudah sampai pada point ke 17. Masih banyak sebenarnya alasan-alasan lain ketika seseorang memulai wirausaha. Beberapa alasan lain tersebut antara lain :

  • Berwirausaha karena terinspirasi dari orang yang sudah sukses
  • Menjadi wirausahawan karena diminta orang tua meneruskan usaha
  • Berwirausaha karena tidak cocok dengan lingkungan kerja
  • Berwirausaha karena kebetulan mendapatkan peluang bagus
  • Berwirausaha karena ada yang menawakan modal
  • Dan masih banyak lagi alasan lain seseorang berwirausaha

Kesimpulan

Dari ke 17 alasan orang memilih untuk menjadi wirausaha diatas, mungkin salah satunya adalah alasan yang Anda miliki. Dan dengan mengetahui alasan-alasan yang lain diatas semoga Anda semakin yakin untuk memulai sebuah usaha. Dan apapun alasan Anda, saya doakan Anda untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses di masa depan. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 komentar untuk "17 Alasan Orang Memilih Untuk Menjadi Wirausaha"

  1. Pengen berwirausaha tapi belum yakin sama kemampuan diri sendiri. Selain itu juga gak yakin nanti bisa cepat hasil atau tidak.

    Akhirnya masih kerja sampai sekarang, padahal di kerjaan banyak tekanan yang sebenarnya sangat tidak menyenangkan.

    Ada saran buat saya gan?

    BalasHapus
  2. Alasan saya ingin berwirausaha adalah merubah nasib gan. Yuk kita saling mendoakan semoga bisa sama-sama sukses. Terima kasih

    BalasHapus