Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alasan Kenapa Generasi Z Harus Paham Finansial Sejak Dini

Daftar Isi [Tampil]

 4 Alasan Kenapa Generasi Z Harus Paham Finansial Sejak Dini



Generasi Z mungkin istilah masih ini belum terlalu familiar untuk kebanyakan orang. Istilah " Gen Z" lahir di era 2000an ini. Merujuk pada golongan orang yang lahir pada tahun 1996 - 2010. Diman salah satu ciri khas generasi adalah tumbuh di era perkembangan teknologi yang begitu pesat.


Generasi Z memiliki tantangan yang mungkin belum pernah dilalui oleh generasi-generasi sebelumnya. Salah satu bekal yang harus disiapkan oleh generasi ini adalah pengetahuan tentang finansial. Dengan pengetahuan keuangan yang bagus, diharapkan kehidupan para gen z ini lebih terjamin di masa depan.


Lebih lengkap mengenai alasan generasi gen z harus memiliki pengetahuan finansial yang bagus bisa dilihat pada artikel ini:


Harga barang jasa semakin lama semakin mahal


Semakin lama waktu berjalan ini akan mempengaruhi nilai produk dan jasa, ada yang namanya inflasi dimana nilai suatu mata uang menurun, sehingga berdampak pada harga-harga produk/jasa menjadi lebih mahal. Hal ini sering tidak disadari oleh banyak orang. 


Baca Juga: Investasi Syariah Untuk Muslim



Faktor lainnya juga disebabkan oleh kelajuan teknologi yang pesat, dalam penciptaannya produsen tentu memerlukan Semakin besar untuk menciptakan inovasi dan produk baru. Generasi Z Harus Paham tentang poin-poin ini agar mereka bisa menentukan skala prioritas dalam menyusun keuangannya.


Masa depan tidak ada yang tahu


Tida ada yang tahu seperti apa kemungkinan di masa depan. Roda terus berputar, orang yang diatas bisa saja tergelincir kebawah, orang yang di bawah bisa jadi nasibnya berubah jadi di atas. Masa yang akan datang juga menjadi waktu yang perlu disiapkan oleh golongan generasi Z.


Mereka masih muda dengan rata-rata umur dibawah 30an tahun. Mereka masih punya waktu dari sekarang untuk merencanakan masa depan, termasuk dalam merencanakan keuangan.


Sulitnya Mencari Uang


Salah satu hambatan yang membuat perencanaan keuangan generasi Z tidak sesuai rencana adalah tingginya tingkat keinginan belanja dan mengikuti trend, hal tersebut sering sekali terjadi pada anak-anak muda yang memang masih haus akan pengakuan dari sekitarnya. Bahkan kebiasaan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu sering dilakukan tanpa disadari.


Generasi Z perlu paham tentang betapa pentingnya melek finansial sejak dini. Sehingga mereka bisa lebih leluasa untuk merencanakan masa depan. Jangan sampai dikemudian hari menyesal, karena tidak bisa menjaga uangnya karena kebiasaan konsumerisme yang tinggi.



Lebih siap menghadapi berbagai kemungkinan


Ada pepatah yang mengatakan " sedia payung sebelum hujan" dan " Lebih baik mencegah daripada mengobati" , dan hal inilah yang seharusnya diterapkan oleh generasi Z termasuk dalam merencanakan keuangan. Mereka harus mulai dari sekarang, dengan tenaga dan semangat yang masih tinggi. Generasi Z Masih punya kesempatan untuk menghasilkan uang. Selanjutnya adalah menentukan skala prioritas. Menabung atau berinvestasi adalah sesuatu yang disarankan untuk generasi Z, karena manfaatnya akan terasa dalam Jangka panjang. Kelak jika mereka menghadapi situasi ekonomi yang tidak terprediksi, mereka masih bisa tercover dengan tabungan/investasi yang mereka lakukan dari awal.

Posting Komentar untuk "4 Alasan Kenapa Generasi Z Harus Paham Finansial Sejak Dini"