Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Investasi Syariah Untuk Muslim

Daftar Isi [Tampil]

 Rekomendasi Investasi Syariah Untuk Muslim



Bagi seorang muslim, tentunya harus mempertimbangkan ketentuan agama sebelum berinvestasi. Namun jangan khawatir karena pilihan investasi syariah yang tentunya sudah disesuaikan secara syar'i. 


Secara pengertian investasi syariah adalah instrumen/aset yang dikelola dengan sistem aturan agama Islam. Contohnya investasi pada sektor-sektor penghasil produk halal. Jadi Investor tidak aman menemukan instrumen yang menjual produk seperti seperti rokok, narkoba, dan alkohol.


Lalu seperti apa rekomendasi jenis investasi syariah cocok untuk musim ? Simaklah uraian berikut ini:


Reksadana Syariah


Reksadana Syariah sebenarnya secara prinsip hampir sama dengan Reksadana umum, dimana dana investasi akan dikelola oleh manajer investasi, dengan timbal balik keuntungan di masa yang datang.


Detail kerjanya, manajemen investasi akan mengalihkan aset investor pada instrumen-instrumen seperti saham/obligasi yang terpercaya dan sesuai dengan kriteria syar'i. Jadi Investor tidak perlu khawatir tentang hasil yang nantinya mereka dapat.


Platform yang menyediakan layanan Investasi Reksadana Syariah salah satunya adalah: bibit dan bareksa.


Efek beragun Aset Syariah


Efek beragun Aset Syariah adalah aset-aset yang telah diseleksi dan di launching dengan kontrak investasi kolektif EBA Syariah. Portofolionya sendiri terdiri dari: kredit kepemilikan rumah, jaminan utang pemerintah, tagihan dikemudian hari , jual-beli benda fisik dan yang lainnya.


Aset-aset Investor nantinya akan di pegang oleh manajer investasi dan bank kostudian nantinya diberi wewenang melaksanakan penitipan kolektif.


Exchange Traded Fund Syariah


Exchange Traded Fund Syariah ( ETF ) adalah bentuk lain dari Reksadana yang dilakukan dengan memenuhi prinsip-prinsip syariah di pasar modal, dimana unit penyertaannya dicatat dan ditransaksikan , layaknya saham di bursa efek umum.  Investor yang ingin masuk pada jenis investasi ini diharuskan mendaftar menjadi anggota SOTS.


ETF syariah merupakan sistem gabungan antara Reksadana dan saham. Bentuknya adalah Reksadana, namun proses jual belinya dilakukan persis seperti dalam saham.


Dana Investasi Real Estate Syariah


Definisi DIRE Syariah Menurut Otoritas Jasa Keuangan adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan pada aset real estat, aset yang berkaitan dengan real estat, dan/atau kas dan setara kas yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.


Aset-aset real estate dalam dire syariah berbentuk lahan/tanah yang nantinya didirikan bangunan fisik. Bentuk kerjasamanya dilakukan dengan melakukan Kontrak Investasi Kolektif.


Emas


Majelis Ulama Indonesia menganjurkan umat Islam untuk menabung emas sebagai investasi jangka panjang. Secara hukum, investasi emas adalah mubah selain itu emas memiliki kelebihan lain yaitu dari sisi harga yang relatif stabil dan cenderung naik dari waktu ke waktu. Emas bisa juga dijadikan alat untuk mempertahankan aset dari inflasi.



Posting Komentar untuk "Rekomendasi Investasi Syariah Untuk Muslim"