Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Apakah Ciri Ciri Wirausaha Yang Berhasil ?

Daftar Isi [Tampil]

Seperti Apakah Ciri Ciri Wirausaha Yang Berhasil ? - Seseorang dapat menjadi wirausaha yang sukses dan handal tentu memenuhi definisi wirausaha atau kewirausahaan, juga mempunyai ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Seperti Apakah Ciri Ciri Wirausaha Yang Berhasil ?

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan secara umum adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih. Kewirausahaan adalah kemampuan manajer resiko (risk manager) dalam mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik itu materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kretivitasnya untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan bagi orang lain.

Tiap orang tertarik kepada kewirausahaan karena berbagai imbalan yang dapat dikelompokkan dalam tiga kategori dasar : Laba, Kebebasan, dan kepuasan dalam menjalani hidup serta mampu melakukan gebrakan-gebrakan baru yang orang lain belum melakukan.

Joko Untoro (2012) mengungkapkan bahwa kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Dalam buku Entrepreneurial Finance oleh J.Leach Ronald Melicher (2009) bahwa kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga) “Process of changing ideas into commercial opportunities and creating value”. Sedangkan Dalam buku Entrepreneurship: Determinant and Policy in European-Us Comparison dituliskan bahwa kewirausahaan adalah proses dalam mempersepsikan, menciptakan, dan mengejar peluang ekonomi “process of perceiving, creating, and pursuing economic opportunities“.

 

Pengertian Wirausaha

Pengertian wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.

Beberapa pengertian dari Wirausaha adalah sebagai berikut:

·         Wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dan fungsinya untuk melakukan inovasi atau kombinasi-kombinasi yang baru untuk sebuah inovasi.

·         Wirausaha yaitu melakukan sebuah proses yang disebut creative destruction (pengrusakan yang kreatif) untuk menghasilkan suatu nilai tambah (added value) guna menghasilkan nilai yang lebih tinggi, sehingga inti dari keterampilan wirausaha adalah kreativitas.

·         Wirausaha adalah orang yang berani mengusahakan suatu pekerjaan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

·         Menurut J.B Say (1803), wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

·         Menurut Stein dan Jhon F.Burgess (1993), wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

·         Menurut Schumpeter wirausaha adalah seorang yang memperoleh peluang dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut.

 

Ciri Ciri Wirausaha

Seseorang dapat menjadi wirausaha tentu memenuhi definisi wirausaha seperti ditulis di atas, untuk lebih jelasnya ciri-ciri wirausaha adalah:

·         Memiliki keberanian dan daya kreasi. Seorang wirausaha haruslah memiliki keberanian dalam memiliki daya kreasi atau tidak takut untuk bermimpi dan merencanakan. Segala ketakutan akan sia-sia dalam bermimpi dan berencana haruslah dihilangkan. Setidaknya harus diingat STOP (Stop “berhenti, Think “berpikir”, Observation “Observasi” dan Plan “rencana”) apabila terjadi hal-hal yang membuat ide tersebut tertunda

·         Berani mengambil risiko. Seseorang dapat dikatakan wirausaha apabila memiliki sifat dan berani mengambil risiko, hal ini tentu saja harus sejalan dengan perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan serta pengamatan yang dilakukannya terhadap ide yang dimilikinya.

·         Memiliki semangat dan kemauan keras. Seorang dapat dikatakan wirausaha selain berani mengambil risiko haruslah memiliki semangat dan kemauan yang keras untuk menuju sukses.

·         Memiliki persepsi dan analisis yang tepat. Seseorang dapat dikatakan wirausaha apabila memiliki pengetahuan yang tepat untuk membuat analisis yang tepat, diusahakan mendekati tujuan yang diinginkan.

·         Tidak konsumtif. Seorang wirausaha haruslah tidak konsumtif atau setidaknya dan diusahakan konsumsinya jauh lebih sedikit dari penghasilannya.

·         Memiliki jiwa pemimpin. Jiwa pemimpin harus dimiliki seorang wirausaha. Dengan ini, mereka mampu mengembangkan usaha mereka menjadi lebih maju.

·         Berorientasi pada masa depan. Seorang wirausaha yang inovatif dan kreatif dan memiliki wawasan ke depan untuk mendapatkan peluang usaha

 

Ciri Ciri Wirausahawan yang Handal

Ciri ciri wirausahawan yang handal dan profesional adalah sebagai berikut:

1.       Yakin terhadap produk yang dimiliki

2.       Mengenal sangat banyak produknya

3.       Tidak berdebat dengan calon pelanggan

4.       Komunikatif dan negosiasi Ramah dalam pelayanan

5.       Santun Jujur dan berani

6.       Menciptakan transaksi

 

Demikianlah ringkasan kami mengenai pengertian kewirausahaan dan ciri ciri wirausaha yang handal dan sukses. Semoga bermanfaat, salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Seperti Apakah Ciri Ciri Wirausaha Yang Berhasil ?"