Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Wirausaha Menurut Para ahli

Daftar Isi [Tampil]

Pengertian Wirausaha Menurut Para ahli - Sobat, Walaupun saat ini sobat masih duduk di bangku sekolah tidak ada salahnya jika sobat sudah memiliki impian untuk membangun suatu Bisnis ke depannya, atau berwirausaha agar bisa hidup mandiri. mulai dari sekarang jika ada kemauan pasti sobat bisa melakukannya.

Kita lihat perjalanan Kisah hidup Chairul Tanjung yang begitu memesona, Silakan sobat baca Kisah hidup dan Biografi Pebisnis Hebat di Indonesia yang mana pada awal-awal usahanya di mulai ketika Dia masih kuliah. Untuk lebih lengkapnya silakan sobat baca Bukunya yang berjudul Si Anak Singkong.

Nah kita akan kembali ke pembahasan mengenai Wirausaha. Judul artikel kita kali ini adalah Pengertian Wirausaha. Kali ini kita akan membahas pengertian wirausaha menurut para ahli minimal 5 pengertian.

Apa Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli


Tentu banyak sobat yang bertanya mengenai Apa sih yang di maksud dengan Wirausaha Menurut Para ahli. dari pada kita terus bertanya-tanya ada baiknya jika sekarang kita langsung saja melihat artikel lengkapnya di bawah ini.

 

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan batin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses di mana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreativitas.

Wirausaha adalah orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi, oleh karena itu wirausaha perlu memiliki kesiapan mental, baik untuk menghadapi keadaan merugi maupun untung besar.

Wirausaha berasal dari kata wira & usaha, kata wira artinya pahlawan atau pejuang, sedangkan usaha artinya adalah perbuatan, sikap atau berbuat sesuatu. Seorang wirausahawan menurut Joseph Schumpeter adalah seorang inovator yang melakukan berbagai perubahan di dalam pasar lewat penggabungan beberapa hal atau sesuatu yang baru.

Adapun sesuatu yang baru tersebut bisa dalam bentuk:

·         Ada produk baru yang dikenalkan

·         Ada metode produksi baru yang dikenalkan

·         Dibukanya pasar yang baru (new market)

·         Diperolehnya sumber pasokan baru dari komponen yang baru

·         Dijalankannya suatu organisasi baru pada sebuah perusahaan.


Apa Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi pengertian wirausaha menurut oleh para ahli terlengkap minimal 10:

1. Andrew J Dubrin

Andrew J Dubrin mendefinisikan wirausaha adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).

2. Acmad Sanusi

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

3. Arif F. Hadipranata

Wirausaha merupakan sosok yang mengambil risiko yang dibutuhkan untuk mengelola & mengatur segala urusan serta menerima sejumlah keuntungan finansial maupun non finansial.

4. Dan Stein dan Jhon F.Burgess

Wirausaha ialah seseorang yang mengorganisasikan, mengelola dan berani mengambil risiko untuk menciptakan sebuah peluang usaha dan usaha baru.

5. Frank Knight

Seorang wirausahawan mencoba untuk menyikapi & memprediksi perubahan pasar. Penjelasan ini menekankan peranan seorang wirausahawan dalam menghadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar. Seorang wirausahawan disyaratkan untuk melakukan semua fungsi manajerial mendasar seperti pengawasan & pengarahan.

6. Jean Baptista Say

Seorang wirausahawan ialah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi & menemukan nilai dari yang diproduksinya

7. Joseph Schumpeter

Wirausaha ialah seseorang yang mendapat peluang & menciptakan suatu organisasi untuk mengejar sebuah peluang tersebu

8. Harvey Leibenstein

Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya

9. Israel Kirzner

Wirausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio: Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu

10. Kasmir

Wirausaha ialah seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil risiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.

11. Kathleen

Wirausaha ialah seseorang yang menjalankan, mengatur, dan berani mengambil risiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

12. Mas’ud Machfoedz & Mahmud Machfoedz

Wirausaha ialah seorang yang mempunyai inovasi untuk mengubah kesempatan menjadi suatu ide yang bisa di jual, mampu memberikan nilai plus lewat usaha, biaya, waktu dan kecakapan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan

13. Penrose

Kegiatan kewirausahaan mencakup berbagai peluang yang teridentifikasi di dalam suatu sistem ekonomi. Kemampuan atau kapasitas kewirausahaan berbeda dengan kapasitas manajerial

14. Peter F Drucker

Sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

15. Raymond

Wirausaha ialah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkannya kreativitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

16. Robbin & Coulter

Kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan, tidak memedulikan apa pun sumber daya yang digunakan pada saat ini

17. Soeharto Prawiro

Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan perkembangan usaha.

18. Thomas W Zimmerer

Kewirausahaan ialah penerapan keinovasian & kreativitas untuk pemecahan masalah dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.

 

 

Nah Sobat, Dengan membaca penjelasan di atas, saya harap sobat sekarang sudah memahami dengan baik tentang Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan Menurut para Ahli. Akhir Kata, terima kasih dan mohon maaf bila ada salah dan kurang lebihnya. Salam Sukses Selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Pengertian Wirausaha Menurut Para ahli"