Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6M Dalam Wirausaha Adalah : Pengertian Dan Penjelasan Lengkap

Daftar Isi [Tampil]

6M dalam wirausaha adalah Money, Man, Method, Market, Material Dan Machine. Yang mana dari setiap 6M memiliki arti dan peran sendiri dalam wirausaha. Ini juga bisa dijadikan sebagai dasar utama di dalam menjalankan sebuah usaha. Karena dengan 6M akan mencakup sebagian besar manajeman dalam usaha. 

Menjalankan sebuah wirausaha atau bisnis tidak boleh asal-asalan. Makanya metode-metode khusus yang sudah teruji di lapangan bisa Anda terapkan. Salah satunya adalah dengan menerapkan manajemen dengan 6M ini. Dengan begitu sebuah usaha akan berjalan lebih teratur dan memiliki tujuan yang jelas ke depannya. 

Selain itu belajar teori-teori seperti ini juga penting. Semakin banyak belajar mengenai dunia kewirausahaan, maka akan semakin banyak pengetahuan serta bekal yang nantinya bisa Anda terapkan ke dalam praktek menjalankan wirausaha. Karena kita semuanya juga sudah tahu, dunia wirausaha adalah dunia yang penuh tantangan dan membutuhkan banyak strategi untuk menghadapinya.

6M Dalam Wirausaha

pengertian 6m dalam wirausaha

Baiklah sobat, kali ini bisnisan.id akan menjelaskan satu persatu mengenai kandungan dalam istilah 6M itu sendiri, antara lain sebagai berikut :

1. 6M Pertama adalah Money yang artinya keuangan

Yang pertama adalah money yang berarti keuangan atau manajemen keuangan dalam sebuah wirausaha. Dan unsur yang satu ini memang sangat penting sekali. Karena sebuah usaha tanpa manajemen keuangan yang bagus sudah pasti akan jatuh pada kerugian dan kebangkrutan. 

Buat Anda selaku wirausahawan tentu harus bisa menerapkan bagaimana usaha yang baik untuk usaha yang Anda jalankan. Antara lain sebagai berikut : 

  • Membuat pembukuan keuangan secara rapi
  • Mampu berhemat dalam pembelanjaan anggaran usaha
  • Memaksimalkan pemasukan keuangan
  • Mencegah berhutang
  • Memaksimalkan penagihan atau piutang
  • Memaksimalkan pran investor
  • Mencegah terjadinya korupsi dalam sebuah usaha
  • Dan beberapa manajemen keuangan lainnya
Jika semua tindakan keuangan dalam usaha Anda jalankan dengan tepat, maka usaha Anda tentu akan lebih cepat maju dan berkembang. Bagaimana cara mengelola keuangan usaha yang baik akan berpengaruh juga pada keuntungan serta kerugian dalam usaha yang Anda jalankan.

2. 6M Kedua adalah  Man yang artinya sumber daya manusia

Selanjutnya adalah Man yang artnya adalah manusia, atau dalam usaha disebut sumber daya manusia. Peran sumber daya manusia dalam kemajuan atau perkembangan sebuah usaha juga sangat penting. Karena SDM yang berkualitas akan mampu meningkatkan kemajuan sebuah usaha itu sendiri.

Jika Anda merupakan seorang pelaku usaha, maka fikirkanlah bagaimana cara mendapatkan SDM yang berkualitas untus usaha yang Anda jalankan. Mulai dari melakukan prekrutan dengan cara yang benar serta maksimal, dan juga melakukan pembinaan dengan baik. 

Jangan mengabaikan SDM, karena SDM seperti sebuah pasukan perang. Jika pasukan kita handal, maka kita pun bisa memenangkan persaingan pasar. Makanya penting untuk mendapatkan dan mengelola SDM dengan baik. 

Baca juga : Cara Mendapatkan Karyawan Berkualitas

3. 6M Ketiga adalah Market yang artinya adalah pasar dan pemasaran

Selanjutnya adalah market atau pasar dan pemasaran. Dimana sebuah wirausaha tentu harus bisa menyesuaikan dan memenangkan pasar. Serta harus melakukan promosi di pasaran dengan cara dan target yang tepat. 

6M yang ketiga ini ada banyak jenis kegiatan yang bisa dilakukan, antara lain : 

  • Melakukan riset dan menganalisa peluang di pasaran
  • Mengetahui pergerakan kompetitor di pasar
  • Melakukan promosi di pasar yang tepat
  • Menguji metode tertentu dalam upaya memenangkan persaingan pasar
  • Membuka pangsa pasar baru atau memperluas area pemasaran
  • Dan tindakan lain yang berhubungan dengan pasar dan pemasaran

Dan jika bicara mengenai kunci sukses seorang pengusaha dalam memenangkan pasar adalah memaksimalkan beberapa tindakan diatas secara tepat.

Selain itu melakukan macam-macam strategi promosi dengan penargetan pasar yang tepat akan sangat pengaruh dalam jalannya sebuah usaha. Karena penargetan pasar yang tepat akan lebih cepat mendapatkan calon konsumen yang potensial. Selain itu juga akan menghemat dari biaya pemasaran itu sendiri.

4. 6M Keempat adalah Metode yang artinya metode yang digunakan dalam usaha

Yang keempat adalah metode. Hal ini bisa diartikan sebagai langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menjalankan sebuah usaha. Metode sendiri dibagi menjadi 2, yakni metode secara umum dan metode secara khusus.

Metode secara umum adalah semua kegiatan, proses dan strategi yang dilakukan dalam sebuah wirausaha. Ini mencakup semua kegiatan dari awal pendirian sebuah usaha sampai usaha tersebut bisa berkembang. 

Kemudian metode secara khusus adalah sebuah langkah-langkah pemecahan masalah tertentu dalam sebuah usaha. Misalkan saja langkah-langkah dalam proses produksi, hal tersebut termasuk dalam metode khusus.

Baik secara umum atau khusus tentu saja seorang wirausahawan harus memaksimalkan keduanya dengan baik. Dengan begitu jalannya sebuah usaha akan menjadi maksimal. Terutama adalah metode dalam hal problem solving ketika sebuah permasalahan dalam sebuah usaha muncul.

5. 6M Kelima adalah Material yang artinya adalah bahan

Yang kelima adalah Material atau bahan yang digunakan dalam menjalankan sebuah wirausaha. Dan yang namanya bahan sudah pasti akan sangat mempengaruhi hasil. Terutama dalam wirausaha atau usaha yang memproduksi produk tertentu.

Pemilihan bahan yang baik dan berkualitas akan mempengaruhi keluaran hasil dalam produksi. Selain itu sebagai wirausahawan Anda juga harus memikirkan bagaimana cara mendapatkan bahan berkualitas dengan harga yang bersaing. Dengan begitu Anda bisa memaksimalkan keuntungan dalam usaha.

6. 6M ke enam adalah Machine yang artinya alat dan sarana prasarana

Yang keenam adalah machine atau alat serta sarana prasarana. Dan yang namanya alat sudah pasti memiliki fungsi dan kegunaan tertentu dalam sebuah usaha yang dijalankan. 

Pemilihan dan penggunaan alat  yang benar akan mempengaruhi hasil dalam sebuah usaha. Lalu pemeliharaan alat yang ada dengan baik akan mampu menghemat keuangan dengan baik. 

Jadi bagi Anda pelaku usaha harus bisa memberdayakan dan merawat alat dengan baik. Dengan begitu jalannya sebuah usaha yang Anda kelola akan terus berkembang.

Dan kalau bicara soal alat, maka akan berhubungan pula dengan yang namanya teknologi. Jadi Anda bisa update dan terus memperbarui alat sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru. Karena dengan alat yang menggunakan teknologi tebaru biasanya akan ada peningkatan dari beberapa sisi penggunaannya.

Oke sobat, saya kira sudah cukup jelas pembahasan kali ini mengenai 6M dalam wirausaha. Serta hal-hal apa saja yang tergantung atau yang ada dalam 6M tersebut. Tentu saja dengan memaksimal ke 6 unsur tersebut akan mampu memaksimalkan jalannya sebuah usaha yang Anda jalankan. Demikian yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih. 

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "6M Dalam Wirausaha Adalah : Pengertian Dan Penjelasan Lengkap"

Berlangganan via Email