Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Macam Strategi Promosi Untuk Membesarkan Bisnis Anda

Daftar Isi [Tampil]
macam-macam-strategi-promosi

Macam-macam Strategi Promosi Agar Bisnis Anda Cepat Berkembang


Macam-macam strategi promosi. Dimana seorang pemula dalam menjalankan sebuah bisnis tentu harus tahu bagaimana strategi promosi yang harus dijalankan. Ini penting sekali karena dengan melakukan promosi yang maksimal sebuah bisnis bisa cepat dikenal banyak orang dan tentu saja produk dan jasa yang disediakan bisa cepat terjual. 

Apakah Anda sudah memiliki sebuah strategi promosi yang cukup jitu untuk mempromosikan bisnis Anda? Tenang saja, kali ini bisnisan.id akan menjadi sahabat baik Anda dengan memberikan beberapa cara dalam menjalankan promosi agar bisnis Anda cepat berkembang. 

Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa bisnis Anda memang sudah benar-benar siap untuk di promosikan. Mulai dari kualitas, penampilan, kelengkapan di dalam usaha dan juga yang lainnya. Jangan sampai Anda sudah melakukan promosi kemana-mana namun ternyata dalam usaha sendiri belum siap.

13 Macam strategi promosi untuk bisnis Anda


1. Promosi langsung secara offline

Strategi promosi yang pertama jangan melupakan yang namanya promosi offline. Banyak sekali cara mempromosikan bisnis Anda secara offline. Mulai dari melakukan sebar brosur, membuka stand penawaran di tempat ramai dan juga bisa membagikan sample produk langsung kepada masyarakat.

Namun sekarang ini ada banyak kelemahan dalam strategi promosi secara offline. Untuk jangkauannya jelas lebih terbatas dibandingkan promosi secara online. Akan tetapi ini sangat penting untuk menjangkau orang di sekitar bisnis yang Anda jalankan. 

Kekurangan yang lain misalkan membayar iklan offline seperti baliho dan reklame, harga nya memang cukup mahal. Namun jika bisnis Anda adalah bisnis besar, promosi menggunakan reklame sangat diperlukan karena bisa meningkatkan nilai brand di mata masyarakat secara efektif.

2. Promosi online menggunakan facebook, instagram dan twitter

Yang selanjutnya adalah melakukan promosi secara online menggunakan akun media sosial Anda. Promosi ini bisa Anda lakukan secara gratis. Asal Anda mampu melakukannya dengan baik, promosi melalui media sosial juga bisa memberikan dampak yang cukup besar. Dalam melakukan promosi melalui media sosial sendiri Anda harus memperhatikan hal-hal penting berikut ini :

Buatlah akun media sosial dengan tampilan profesional

Agar promosi Anda di media sosial lebih maksimal, buatkan akun Anda dengan tampilan profesional dan meyakinkan. Mulai dari menggunakan foto asli, menyantumkan banyak foto asli pendukung. Kemudian jangan lupa mencantumkan alamat lengkap dan juga alamat Anda dan alamat usaha Anda. Selain itu samakan semua data tersebut di semua akun media sosial, baik itu di facebook, instagram, twitter dan akun medsos lainnya. Ini penting sekali untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Lakukan promosi di group facebook

Lakukan share postingan promosi di branda media sosial, dan jangan lupa juga untuk melakukan share di grup facebook. Namun di dalam melakukan share ini Anda harus menyesuaikan grup yang sejenis dengan bisnis Anda agar tidak dikira spam oleh anggota grup. 

Buatlah grup facebook sendiri

Agar lebih leluasa lagi jangan lupa untuk membuat grup facebook sendiri. Karena dengan membuat grup facebook sendiri Anda bisa bebas melakukan share promosi dan Anda sendiri yang menjadi adminnya. Bahkan Anda bisa mencegah pedagang atau kompetitor Anda share di grup Anda karena Anda sendiri admin yang mengendalikan grup

Buatlah fanspage facebook untuk bisnis Anda

Jangan lupa juga untuk membuat faspage sendiri. Buatlah sebuah halaman facebook dengan nama bisnis Anda. Dan lakukan branding dengan nama bisnis Anda dengan tampilan yang semenarik mungkin. Kemudian undang pengikut sebanyak munkin agar Anda bisa melakukan promosi dengan maksimal.

3. Promosi dengan membuat video di youtube

Selanjutnya Anda bisa membuat sebuah video promosi dan diupload melalui channel youtube milik Anda. Namun saran saya jangan cuma video promosi, buat juga banyak video pendukung lainnya agar bisa menarik banyak visitor ke channel youtube milik Anda.

Contoh :

Misalkan saja Anda ingin promosi jualan properti di channel youtube Anda, buatlah juga banyak video seputar informasi properti, tips memilih properti, cara menabung agar bisa beli properti dan juga beberapa video pendukung lainnya. Ini penting sekali, selain menarik lebih banyak penonton juga mampu meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penjual.

4. Promosi menggunakan website atau blog

Selanjutnya adalah melakukan promosi dengan membuat sebuah website atau blog. Ini juga salah satu metode promosi digital yang cukup ampuh di zaman sekarang ini. 

Anda bisa membuat sebuah website menggunakan nama domain sesuai dengan nama bisnis Anda, kemudian melakukan branding website dengan baik. Lalu lakukan promosi dalam website Anda tersebut. 

Kalau saran saya jangan cuma promosi, namun buat juga banyak artikel sesuai dengan bidang bisnis yang Anda jalankan sekarang. Dengan adanya banyak artikel pendukung bisa menarik lebih banyak visitor menuju website Anda dan juga bisa meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pelaku bisnis tersebut.

5. Promosi melalui jaringan google adwords

Selanjutnya Anda juga bisa melakukan promosi menggunakan google adwords. Google adwords adalah sebuah program yang disediakan oleh google dengan mengiklankan bisnis Anda menggunakan kata kunci tertentu. Untuk promosi menggunakan google adwords ini masih ada hubungannya dengan membuat website di point sebelumnya. Karena adwords ini nanti akan mempromosikan isi di dalam website milik Anda.

Namun sebelum melakukan promosi menggunakan adwords usahakan untuk belajar terlebih dahulu. Karena tarif tiap keyword pastinya berbeda-beda. Jadi Anda bisa memilih keyword yang lebih hemat namun tetap memiliki volume pencarian yang lumayan tinggi. Dengan begitu promosi dengan adwords Anda akan menjadi lebih efektif.

6. Promosi menggunakan sosial media ads

Selanjutnya Anda bisa menggunakan sosial media ads untuk melakukan promosi. Misalkan saja menggunakan facebook ads atau menggunakan instagram ads. Cara ini juga terbilang cukup bagus karena bisa memilih penargetan promosi yang menyesuaikan dengan bisnis Anda. 

Contohnya jika Anda melakukan jualan pakaian wanita, lalu menggunakan facebook ads maka bisa memilih target iklan tampil di akun facebook wanita saja. Selain itu juga bisa melakukan setting umur, sesuai minat, jangkauan wilayah dan menyesuaikan biaya dengan jumlah jangkauang orang perhari. 

Jadi meskipun harus membayar iklan, namun dengan penargetan tersebut tentu bisa lebih efektif dalam melakukan promosi.

7. Promosi dengan memasang iklan di website besar milik orang lain

Kalau Anda tadi sudah melakukan promosi di website sendiri, Anda juga bisa melakukan promosi di website milik orang lain. Caranya Anda bisa menghubungi owner website yang sekiranya sudah besar dan memiliki banyak visitor. Kemudian Anda membayar untuk pasang iklan di website tersebut. 

Kalau mau lebih efektif sebenarnya Anda bisa beriklan di website berita besar seperti kompas.com, tribunnews dan sejenisnya kalau di website media berita tersebut dikunjungi puluhan juta orang setiap bulannya.

8. Promosi dengan membayar youtuber terkenal

Selanjutnya Anda juga bisa beriklan melalui seorang youtuber. Anda bisa memilih youtuber yang cukup terkenal dan memiliki banyak subscriber. Namun lihat juga viewers dari youtuber tersebut minatnya apa. Jadi usahakan untuk memilih youtuber yang tepat sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan agar bisa lebih maksimal. 

Contoh :

Misalkan Anda mau promosi jasa pembuatan website, tentu Anda harus memilih youtuber dengan konten yang masih berhubungan. Misalkan saja youtuber yang membahas tentang bisnis, youtuber yang membahas tentang digital marketing, youtuber yang membahas tentang SEO dan sejenisnya. Dengan memilih youtuber yang tepat maka promosi Anda akan jauh lebih efektif.

9. Promosi menggunakan situs ecommerce dan marketplace

Jangan lupa juga untuk melakukan promosi di situs ecommerce dan juga marketplace. Misalkan Anda bisnis jualan baju, sudah barang tentu Anda harus beriklan juga di situs-situs ecommerce dan marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan juga beberapa ecommerce lainnya. Karena di situs situs besar tersebut berkumpulnya para pembeli dari berbagai macam daerah dengan jumlah besar.

10. Promosi melalui seorang selebgram

Selain promosi melalui seorang youtuber Anda juga bisa melakukan promosi melalui seorang selebgram. Untuk sekarang ini juga sudah banyak sekali selebgram dengan jumlah follower yang besar hingga puluhan juta.

Caranya Anda tinggal menghubungi selebgram tersebut dan melakukan kerjasama promosi bisnis Anda. Entah itu dalam bentuk endorsmen atau membayar mereka untuk promosi juga bisa.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa memilih selebgram baru yang banyak followersnya. Namun jika dana Anda cukup besar Anda bisa melakukan endors pada instagram artis-artis, tentu akan lebih maksimal jika promosi pada seorang artis karena branding mereka sangat kuat.

11. Promosi dengan menggunakan jasa SEO

Untuk memaksimalkan promosi Anda di website, Anda juga bisa menggunakan jasa SEO. Tujuannya adalah membuat website Anda tampil di halaman pertama pencarian google. Karena kalau bisnis Anda bisa tampil di halaman pertama google Anda akan mendapatkan banyak sekali pengunjung yang menjadi calon pembeli potensial untuk bisnis Anda. 

Keunggulan menggunakan jasa SEO meskipun cukup mahal namun bisa melakukan pembayaran sekali saja. Dan otomatis website Anda akan bekerja secara otomatis dan melakukan promosi terus menerus di search engine.

12. Bergabung dengan komunitas bisnis yang relevan

Biar makin cepat perkembangan bisnis Anda jangan lupa untuk bergabung dengan komunitas-komunitas yang relevan dengan bisnis Anda. Misalkan saja bergabung di forum-forum perkumpulan yang sesuai dengan jualan produk atau jasa milik Anda.

Dengan bergabung dengan komunitas Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari bisa melakukan promosi hingga bisa melakukan sharing ilmu dan juga pengalaman.

13. Hal-hal yang harus dilakukan saat dan sebelum melakukan promosi

Namun sebelum melakukan promosi Anda harus mempersiapkan benar bisnis Anda tersebut dengan baik. Karena yang namanya promosi jika tidak didukung dengan kualitas produk dan jasa juga tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Maka dari itu persiapkan produk dan jasa Anda terlebih dahulu untuk tampil menarik, dengan begitu bisa memaksimalkan proses promosi Anda. 

Selain itu juga perhatikan anggaran Anda untuk melakukan promosi. Jika belum cukup dana Anda bisa melakukan dengan cara gratisan terlebih dahulu. Karena yang namanya promosi berbayar kalau tidak pintar ngaturnya bisa tidak tepat sasaran dan bahkan merugi di awal bisnis.

Oke sobat demikian sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai macam-macam strategi promosi yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Dan semoga apa yang saya sampaikan kali ini bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "13 Macam Strategi Promosi Untuk Membesarkan Bisnis Anda"

Berlangganan via Email