Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek

Daftar Isi [Tampil]

Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek - Aneka produk kesehatan seperti obat atau suplemen sangat dicari pada era pandemi ini. Masyarakat berbondong-bondong mencarinya sebagai upaya terhindar dari resiko terpapar virus Corona. Bahkan tak jarang ditemukan antrean di apotek hingga stok produk menjadi habis.

Jika dilihat dari segi bisnis membuka usaha apotek ditengah Pandemi tentu menguntungkan, permintaan pasar cenderung meningkat karena masyarakat sangat butuh obat-obatan.

Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek


Lalu bagaimana caranya memulai bisnis apotek ? Silahkan simak artikel Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek berikut ini:

 

Pemilihan lokasi

Lokasi akan menjadi poin strategis kemajuan usaha. Lokasi yang pas adalah lokasi yang bisa mempertemukan apotek dengan pelanggan. Survei diperlukan untuk mendapatkan lokasi terbaik. Spot-spot seperti pinggir jalan raya atau dekat rumah sakit bisa dipertimbangkan. Karena aksesnya yang selalu ramai dilalui orang-orang.

Lokasi strategis juga akan memperluas jejaring usaha apotek yang kita miliki.

 

Tentukan Sistem Usaha

Usaha apotek umumnya dibangun secara mandiri, namun dalam beberapa tahun belakangan usaha apotek juga bisa dilakukan dalam bentuk franchise yang bekerjasama dengan wiralaba dibidang Kesehatan.

Tentu untuk pemula ini jadi pilihan lebih mudah karena sistem franchise umumnya mudah dijalankan. Yang penting kita memiliki modal yang cukup untuk menjalankannya.

 

Lakukan Pelayanan yang memuaskan Pelanggan

Tentunya untuk membentuk branding apotek perlu dilakukan sejumlah strategi. Perbaiki sistem pelayanan untuk membuat pelanggan betah. Dimulai dari pemilihan SDM berkualitas. Cari apoteker yang benar-benar kompeten pada bidangnya. Tahu cara meracik obat dan prosedur-prosedur medis lainnya.

Kemudian perbaiki bidang pelayanan. Berikan senyum dan ramah terhadap keluhan pelanggan. Jadilah apotek yang menjadi solusi akan kebutuhan produk medis masyarakat. Keramahan juga bisa dilakukan saat menghadapi komplain pelanggan. Berikan solusi yang sebaik mungkin.

 

Lakukan Kerjasama

Point terakhir dalam menjalankan usaha apotek adalah kerjasama. Jika baru merintis kita perlu berhubungan dengan pihak lain seperti apotek distributor yang nantinya akan memberi supplai obat-obatan pada apotek kita. Kerjasama bisa juga dilakukan dengan dokter, rumah sakit, dan institusi kesehatan lain.

Kerjasama akan membuat nama apotek kita lebih terangkat, jejaring target pasar juga akan lebih bervariasi.

 

Kesimpulannya

Membuka bisnis apotek menjadi salah satu peluang yang bisa ditekuni. Ditengah-tengah Pandemi yang belum usai ini, kebutuhan obat, suplemen, masker dan produk medis lainnya sangat laris dipasaran. Bisnis apotek juga dikenal memiliki tingkat kestabilan yang tinggi dan selalu dibutuhkan dari tahun ke tahun.

 

Pemilihan lokasi strategis perlu dilakukan agar mudah diketahui pelanggan, memperbaiki kualitas SDM dan pelayanan adalah kunci pelanggan agar betah dan terakhir jalin kerjasama dengan berbagai pihak agar jejaring Koneksi bisnis semakin luas dan nama apotek kita bisa dipercaya.

 

Demikian semoga beberapa Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek di atas bisa membantu dalam merintis usaha apotek. Salam sukses berbisnis dari bisnisan.id.

Posting Komentar untuk "Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek"