Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Omset Penjualan: 9 Strategi Paling Jitu ?

Daftar Isi [Tampil]

Cara Meningkatkan Omset Penjualan: 9 Strategi Paling Jitu ? Omset penjualan Anda stagnan dan tidak kunjung meningkat? Padahal Anda sudah merasa optimal dalam menerapkan berbagai strategi. Tapi, mungkin saja Anda belum mengoptimalkan strategi-strategi jitu di bawah ini untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan adalah strategi pengembangan produk. Produk tak dipungkiri menjadi salah satu bagian penting dalam bisnis yang bisa membantu Anda meningkatkan penjualan. Produk yang berkualitas baik tentunya adalah sebuah kepastian, tanpa itu Anda tidak akan bisa mengoptimalkan penjualan Anda.

Cara Meningkatkan Omset Penjualan: 9 Strategi Paling Jitu ?


Nah, Strategi apa saja yang bisa kita lakukan sebagai cara meningkatkan omset penjualan dengan mengembangkan produk? Silakan simak baik-baik ya....

 

1. Product Trial

Hilangkan keraguan calon konsumen terhadap produk Anda. Berikanlah mereka “pengalaman” terhadap produk Anda untuk meningkatkan keyakinan mereka dalam membeli produk Anda.  Berikan sampel produk dalam ukuran kecil dalam bentuk tester, dll. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya konsumen sudah dipetakan dengan baik secara potensial dan tidak perlu pakai acara “memaksa” untuk mencoba produk.

 

2. Detail Fitur Unggulan

Untuk membuat calon konsumen yang ragu menjadi yakin, Anda perlu menjelaskan kelebihan Anda dibanding pesaing. Jelaskan detail info produk Anda, kenapa mereka harus membeli produk Anda.

Fokuslah pada kelebihan produk Anda, bukan kekurangan produk lain. Dengan fokus pada kelebihan maka konsumen akan yakin bahwa penjual benar-benar memahami produk. Tidak perlu membahas kekurangan produk lain, karena akan mengurangi simpati konsumen dan membuat image yang tidak fair.

 

3. Memberikan Hadiah

Gimmick atau hadiah membantu Anda meningkatkan nilai tambah dan menciptakan penawaran yang menarik. Hadiah bisa sesuatu yang masih terkait atau tidak terkait. Cari tahu hadiah apa yang dapat menarik konsumen dan tentunya punya nilai bagi mereka. Tidak hanya sekedar hadiah yang asal.

 

4. Paket Produk

Cara ini umum digunakan sebagai cara meningkatkan omset penjualan. Cara yang digunakan adalah membuat produk dalam bentuk paket. Paket yang dibuat bisa berdasarkan momen (hari raya, tahun baru). Fungsi (paket pemutih, peninggi badan), dll. 

 

5. Detail Manfaat

Ketika sebelumnya Anda menceritakan kelebihan produk. Di strategi ini Anda diharuskan menceritakan solusi apa yang bisa Anda berikan kepada konsumen Anda. Juga bagaimana menggunakan produk dengan baik agar bekerja secara optimal (best practice)

 

6. Produk Terbatas

Konsumen umumnya menyukai sesuatu yang sifatnya terbatas, karena ada kesan eksklusif di dalamnya. Ciptakan ini dengan buat penawaran edisi terbatas. Bisa dengan produk yang dibuat dalam jumlah tertentu atau produk yang memiliki value added dalam jumlah tertentu, atau bisa jumlah tertentu mendapatkan harga tertentu.

 

7. Demo Produk

Untuk Anda yang memiliki produk-produk tertentu yang mengharuskan Anda menunjukkan fungsi-fungsinya. Buatlah konsumen yakin dengan produk Anda dengan memperagakan fungsi kegunaan produk. Dalam memperagakan produk, buatlah presentasi yang baik dan menampilkan kelebihan produk Anda dengan maksimal.

 

8. Perbandingan Hasil

Untuk produk-produk bidang kecantikan atau kesehatan (peninggi, penghilang lemak, mempercantik, dll) Anda perlu meyakinkan konsumen dengan membuat perbandingan hasil dari pemakaian produk Anda. Tonjolkanlah visualisasi yang signifikan sehingga konsumen yakin, jujurlah dalam menampilkan visualisasi.

 

9. Pencapaian Produk

Jika Anda mengikuti kejuaraan, sayembara atau perlombaan. Jangan ragu untuk menampilkan piagam atau bukti kejuaraan Anda kepada calon konsumen Anda. Pencapaian produk juga bisa menunjukkan banyaknya konsumen yang di handle atau rekor-rekor lain yang tercipta.

Juga tak ada salahnya untuk menampilkan capaian kinerja penjualan terbaik produk Anda. Atau bisa juga bagaimana kinerja produk Anda di mata konsumen.

 

Demikianlah 9 jurus ampuh yang bisa Anda pertimbangkan sebagai cara meningkatkan omset penjualan produk Anda. Selamat mencoba dan sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Omset Penjualan: 9 Strategi Paling Jitu ?"