Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menentukan Target Pasar Agar Jualan Laris

Daftar Isi [Tampil]

 

Tips Menentukan Target Pasar Agar Jualan Laris

Tips Menentukan Target Pasar Agar Jualan Laris - Sebuah pencapaian tersendiri bila bisnis yang kamu buka diterima masyarakat dan laris terjual. Ya memang ini juga yang menjadi sumber pendapatan utama hampir di semua bisnis. Baik itu jualan barang atau jasa.

Salah satu langkah untuk mencapainya adalah melakukan riset pasar, bahkan ini adalah aspek utama dalam penjualan sesuai dengan konsep marketing. Dengan melakukannya, kamu akan mendapatkan gambaran tentang produk apa yang sedang dibutuhkan oleh calon pelanggan, siapa saja yang mencari produk kamu, berapa estimasi volumenya dan sebagainya.

Riset pasar adalah faktor utama yang sangat berpengaruh pada larisnya jumlah penjualan. Tidak hanya di awal peluncuran produk, tapi setiap saat sesuai dengan siklus hidup produk. Jangan asal-asalan dalam menentukan target pasar yang malah berakibat pada usaha yang rugi.

Juga jangan terlena dengan penjualan yang sudah stabil dan besar. Sebab siapa saja bisa datang menjadi pesaing yang mengancam pasar potensial kita.

Nah bagaimana langkah awal dalam melakukan riset pasar? Berikut ini adalah beberapa Tips Menentukan Target Pasar Agar Jualan Laris:

 

Cari Tahu lebih dalam dengan target yang ingin disasar

Untuk menjalankan usaha yang laku di pasaran tentu kamu harus mengetahui siapa target yang diincar. Kamu bisa memetakan usia, jenis kelamin, status pekerjaan, tingkat pendidikan dan yang lainnya. Pahamilah target sespesifik mungkin. Agar kamu lebih menentukan produk yang ingin dijual.

 

Jika kamu menyasar target ibu rumah tangga, kamu bisa menyediakan produk-produk yang berhubungan dengan dapur, kebersihan rumah atau kosmetik. Atau kamu targetkan pelajaran, jualah barang untuk keperluan sekolah seperti alat tulis, seragam dan sebagainya.

Memahami target pasar akan mempengaruhi tingkat penjualan barang.

 

Perhatikan Trend Masa kini

Cara mudah untuk riset pasar adalah mencari tahu trend apa yang sedang ada dimasyarakat. Trend bisa digali lewat konten-konten media sosial, bergabung dengan forum-forum jual beli dan sebagainya. Mengetahui trend membuat kamu tahu apa yang dibutuhkan orang, barang apa yang dicari orang.

Trend juga membantu kamu menghindari persaingan dengan kompetitor. Cari tahu barang yang belum digarap oleh pesaing tapi sangat dibutuhkan orang.

Trend juga bisa dimanfaatkan untuk menggali informasi dari produk kompetitor. Cari tahu lebih dan kurangnya. Lalu aplikasikan ke produk kamu , buatlah produk yang memiliki kelebihan dibandingkan produk lain.

 

Kenali perilaku target pasar

Langkah terakhir yang perlu dicoba saat riset pasar adalah mengenali perilaku target pasar. Konsumen punya karakternya tersendiri seperti cara mereka membayar, barang apa yang mereka pilih, hal apa yang mereka cari dalam sebuah produk dan hal lainnya. 

Yang paling adalah membedakan karakteristik orang yang suka membeli barang secara offline dan online. Dengan menggali perilaku konsumen, kamu akan lebih tahu caranya memilih konsep bisnis yang ingin dijalankan.

Bila kamu berjualan secara online ada baiknya untuk mempelajari analisis data perilaku online atau bisa menggunakan Google Analitycs. Data ini sangat bermanfaat karena bisa merekam perilaku pembelian konsumen dengan cepat dan akurat.

 

Demikianlah beberapa tips menentukan target pasar agar jualan laris manis. Semoga bermanfaat, salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Tips Menentukan Target Pasar Agar Jualan Laris"

Berlangganan via Email