Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Riset Untuk Ide Jualan Online

Daftar Isi [Tampil]

5 Cara Riset Untuk Ide Jualan Online - Untuk memulai bisnis online, alangkah baiknya mengenal medan perangnya terlebih dahulu. Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah melakukan riset produk. Dengan melakukan riset produk, kita akan lebih tahu trend tentang suatu barang. Apakah barang tersebut laku ? Apakah barang tersebut banyak yang jual ? Dan pertanyaan sejenis bisa terjawab dengan melakukan riset.

5 Cara Riset Untuk Ide Jualan Online

Lalu bagaimana caranya menemukan ide jualan dengan riset ? Silakan simak ulasan 5 cara riset untuk ide jualan online berikut ini.

 

Via Google Trends

Kita pasti semua pernah menggunakan google. Ternyata mesin pencari ini juga menyediakan sebuah tools untuk mengetahui sebuah trend. Mulai dari topik terkini, jumlah pencarian, lokasi dan tema berkaitan bisa dicari via google trend. Segala fitur ini tentu akan memudahkan kita untuk meriset sebuah produk.

Cara pakainya cukup gampang cukup masukkan keyword yang di inginkan. Nanti tools akan menunjukkan grafik yang menunjukkan tingkat pencarian dari keyword yang kita masukkan. Tenang saja Google Trend bisa diakses dengan gratis

 

Survei Via Marketplace

Cara berikut ini juga bisa digunakan untuk riset produk untuk bisnis online. Lakukanlah survei dengan melihat barang terlaris pada market place tersebut. Tokopedia, Bukalapak atau lazada adalah market place yang bisa coba untuk mempraktikkan cara ini. Terlebih bila ingin cepat mendapatkan keuntungan.

Bila trend menunjukkan produk terlaris adalah baju gamis, kita bisa menjual produk ini, agar cepat dilirik konsumen. Namun perlu diketahui trend bisa berubah sewaktu-waktu dan tidak bisa diprediksi. Untuk riset yang lebih spesifik bisa menggunakan fitur filter.

 

Via Google Keyword Planner

Tak cuma Google Trend, Tool keyword planner juga bisa dijadikan alat untuk riset produk. Tool ini juga tidak akan memunculkan biaya saat pemakaian. Untuk cara pakainya tinggal masukan keyword yang diinginkan dan nantinya akan terlihat sejumlah data seperti : Ide Keyword Potensial, Jumlah Frekuensi pencarian keyword, dan perkiraan performa keyword.

Data-data tersebut bisa jadi pertimbangan dalam memilih barang yang ingin dijual via online. Untuk data yang lebih spesifik, gunakan fitur Refine Keyword. Kita juga bisa menemukan keyword terkait untuk menambah ide menjual produk.

 

 

Via Testimoni Pelanggan

Di marketplace sering ditemui barang yang laris akan memiliki banyak testimoni. Testimoni ini bisa dimanfaatkan untuk meriset sebuah produk. Lihat bagaimana pelanggan mengomentari produk tersebut dan cari tahu kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.

Cara ini cocok untuk dijalankan, bila ingin menjadi reseller. Karena lebih tepat sasaran dan mudah dipelajari.

 

Membuat Kuesioner

Setelah langkah-langkah di atas ada juga langkah lain untuk Riset Produk Jualan Online caranya dengan membuat kuesioner. Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang disusun untuk berbagai keperluan seperti survei.

Berikan kuesioner ini pada calon pelanggan potensial. Pastikan pertanyaan kuesioner berhubungan dengan produk yang ingin kita riset. Cara Memiliki kelebihan karena memiliki keakuratan tinggi.

 

Nah, itu tadi 5 cara riset untuk ide jualan online yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu. Ayo berbisnis dan berwirausaha (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "5 Cara Riset Untuk Ide Jualan Online"