Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatur Keuangan Bagi Pelajar

Daftar Isi [Tampil]

 5 Cara Mengatur Keuangan Bagi Pelajar


Banyak orang bertanya apakah seorang pelajar bisa mengatur keuangan ? Mengingat kondisinya yang kebanyakan belum bisa menghasilkan uangnya sendiri. Terlebih untuk pelajar yang berasal dari menengah ke bawah, pasti tidak bisa hanya mengandalkan uang saku pemberian orang tua.


Lantas jika sudah seperti ini, pelajar akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan belajarnya seperti membela buku atau sepatu. Namun jangan putus asa, karena sejatinya setiap hambatan pasti ada jalannya.


Berikut ini adalah cara mengatur uang untuk pelajar:


Menghemat konsumsi Makanan


Langkah efektif yang bisa dilakukan pelajar untuk menjaga keuangannya adalah menghemat konsumsi makanan. Seperti saat di sekolah, lebih baik membawa bekal sendiri dari pada jajan diluar. Jajan kadang tanpa terasa membawa keborosan, belum lagi dengan ancaman makanan cepat saji yang berdampak buruk untuk kesehatan.



Coba sarankan ini kepada orang tua, agar mereka bisa menyiapkan bekal sesuai favorit kita.


Menabung


Bila kita masih sering boros, harusnya sekarang ini mulai di stop karena akan membuat keuangan semakin menipis. Bila merasa berat, kumpulkan uang dari nominal kecil dulu. 1.000 perhari saja kalau dikumpulin setahun juga akan banyak.


Agar lebih termotivasi menabung, buatlah sebuah list goals yang berisi tujuan apa yang ingin dicapai dari uang yang terkumpul tersebut. Misalnya untuk biaya kuliah, beli laptop dan sejenisnya. Taruhlah uang pada tempat yang aman, bila diperlukan bukalah rekening bank, agar niat kita lebih serius menabung.


List Barang Yang ingin dibeli


Ini berlaku buat seseorang yang suka beli barang. Harus dicatat nih barang-barang apa saja yang dijadikan prioritas untuk dibeli, jangan sampai nafsu belanja menguasai. Menentukan Skala prioritas barang dalam kurun waktu sebulan misalnya. Beli alat tulis, sepatu atau kuota internet harus di catat berapa besar dana yang diperlukan. Kalau kita konsisten melakukan hal tersebut. Uang yang dimiliki akan terjaga dan bisa ditabung.


Hanya Keluar uang untuk sesuatu yang dibutuhkan


Tips ini masih berkaitan dengan tips yang diatas. Setelah membuat daftar skala prioritas, aplikasikanlah hal tersebut pada kehidupan sehari-hari. Jangan mudah ikut trend membeli handphone baru setiap bulan, terlalu boros top up game online dan sejenisnya. Pasalnya banyak pelajar yang boros karena ikut-ikutan temannya. Padahal kondisi keuangan tidak mencukupi. Hanya mengeluarkan uang saat momen yang tepat. Membuat list skala prioritas ini efektif untuk mengingatkan kita soal penghematan.


Lakukan prinsip akuntansi


Prinsip akuntansi adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran, dan pastikan antara kedua berada pada neraca keseimbangan. Terdengar rumit namun akan lebih mudah untuk dipraktekkan. Cukup sediakan buku tulis dan bolpoin. Lalu tulis pemasukan dan pengeluaran kita selama seminggu/sebulan.


Dari pencatatan ini akan terlihat nih total kondisi keuangan kita. Bisa analisa lebih lanjut untuk menentukan skala prioritas. Bukan hanya untuk pelajar saja, prinsip pencatatan keuangan ini juy bisa dilakukan oleh mahasiswa/pekerja.






Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatur Keuangan Bagi Pelajar"