Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Rahasia Berjualan Motor Bekas Agar Laris Manis

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Rahasia Berjualan Motor Bekas Agar Laris Manis


Bidang Otomotif merupakan potensi yang bisa digali oleh pelaku usaha. Contohnya dengan membuka usaha jual-beli motor bekas. Motor merupakan alat transportasi vital yang meningkatkan mobilitas masyarakat untuk liburan, sekolah, hingga bekerja. Menurut data dari Badan Pusat Statistik menyatakan jumlah motor di Indonesia meningkat tahun ke tahun mencapai 133 Juta pada 2020.


Maka tak heran bila pengendara motor disebut sebagai " Penguasa Jalanan". Usaha jual motor bekas bisa di coba, karena permintaannya tinggi dan alternatif yang lebih ekonomis untuk masyarakat dalam mempunyai motor.


Lalu seperti apa, spesifikasinya berjualan Motor bekas Agar laris manis ? Silakan E artikel dibawah ini:


Survei Tipe/Jenis Motor


Seorang penjual motor bekas harus tahu seluk beluk dunia otomotif, karena trend akan berubah, perilaku konsumen juga berubah. Termasuk untuk mengetahui jenis/tipe motor yang digemari masyarakat. Kalau kita tahu betul hal ini, akan lebih mudah menjaring pembeli. 


Untuk mensurvei kita bisa langsung melihat kondisi pasar di toko-toko motor, menanyakan langsung pada penghobi, atau melihat trend di media sosial.


Media Sosial Untuk Jualan Motor Bekas


Selain menggunakan promosi tradisional, untuk ekspansi konsumen sekaligus meningkatkan awareness penting juga beriklan di media sosial. Ada banyak platform dengan banyak pengguna seperti Facebook, Instagram dan tiktok. Beriklan di media sosial berbeda dengan cara konvensional, pelaku harus bisa mengkomunikasikannya dengan kreativitas salah satunya membuat konten.



Konten seperti cara memilih motor bekas, cara memelihara motor bekas. Lengkapi data-data toko seperti akun sosmed, emaii, no hp, dan alamat agar pembeli mudah menghubungi.


Buat Toko Fisik


Membuat Toko fisik memiliki manfaat salah satunya meningkatkan kredibilitas usaha jual motor bekas, juga menunjukkan keseriusan dari pelaku usaha. Calon pembeli yang ingin cross check bisa melihat langsung keadaan motor bekas di toko. Bisa lebih jelas bertanya dan kepercayaan dari pembeli akan meningkat.


Toko fisik paling bagus, spotnya di pinggir jalan/area industri karena banyak dilalui orang. Bisa membangun sendiri/menyewa ruko.


Pengetahuan akan motor


Alangkah lebih baik sebelum berbisnis jualan motor bekas, memiliki pengetahuan atau berangkat dari latar belakang hobi otomotif. Orang yang suka akan otomatis mendalami dan tidak sulit untuk upgrade skill. 


Punya pengetahuan yang cukup juga meningkatkan kepercayaan diri, saat calon konsumen butuh masukan atau mengajukan pertanyaan. Kita bisa memberi advice yang sesuai dengan kebutuhan si pembeli. 


Meskipun motor yang dijual dalam kondisi bekas, penjual harus kompeten dalam memilih motor yang masih layak, agar tidak merugikan pembeli.


Patok Tarif yang tepat


Jual motor bekas dengan harga yang kompetitif, di sesuaikan dengan kondisi motor, Jangan membohongi membeli, motor harus di deskripsikan secara apa adanya. Harga motor bekas sifatnya fluktuatif, bisa berubah sewaktu-waktu. Pelaku usaha harus rajin mengikuti harga pasar. 


Usaha motor bekas termasuk usaja yang tahan banting dengan tingkat pencarian stabil, apalagi untuk pensiunan ini bidan usaha yang cocok ditekuni.




Posting Komentar untuk "Tips Rahasia Berjualan Motor Bekas Agar Laris Manis"