Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Konten Kreatif Untuk Promosi Usaha UMKM

Daftar Isi [Tampil]

 Cara Membuat Konten Kreatif Untuk Promosi Usaha UMKM


Ekonomi 4.0 merupakan era yang menjunjung tinggi digitalisasi. Menerapkan kecanggihan teknologi seperti internet untuk mempercepat arus transaksi ekonomi. Hal ini berdampak positif bukan hanya untuk pemilik bisnis besar melainkan juga UMKM. Dengan sekali klik, pelaku usaha bisa memperkenalkan bisnis hingga ke seluruh dunia.


Salah satu cara yang paling efektif untuk mempromosikan sesuatu di internet adalah dengan membuat konten. Konten yang bernilai entertaint, informasi dan edukasi. 


Lalu seperti apa kiat-kiat membuat konten promosi yang baik untuk UMKM ? Silahkan simak artikel berikut ini:


Merancang Sebuah Produk Sebagai Solusi 


Bisnis ada karena masyarakat punya masalah yang harus diselesaikan. Misalnya Skincare, rangkaian produk skincare diciptakan untuk mengatasi masalah kecantikan seperti menghilangkan jerawat, mengatasi kerutan dan sebagainya. 


Seorang pebisnis harus peka dan kreatif mengenali produknya dan apa kebutuhan yang terjadi di masyarakat hal ini disebut sebagai sweet spot. 


Buatlah konten berdasarkan sudut pandang pembeli. Konten yang menjawab pertanyaan mereka. Apa manfaat produk, bagaimana cara menggunakannya, masalah-masalah apa yang bisa diatasi oleh produk dan lainnya. Konten yang mengandung unsur di atas akan lebih mudah mendatang insight.


Membuat Konten Yang Mengejutkan


Untuk berpromosi di bidang internet memang di tuntut kreativitas. Ide-ide "Out Of the Box" berpeluang besar menjadi inovasi brilian yang membuat sebuah konten menjadi bermakna. Jangan takut untuk menjadi beda, karena sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik.



Mengkombinasikan sebuah konten dengan pesan promosi, memang memerlukan teknik-teknik khusus, jangan sampai follower merasa ilfeel atau tertipu. Buatlah konten yang membuat penonton penasaran, seakan mereka memang butuh untuk menyimak keseluruhan konten. Dan di bagian terakhir berikan sesuatu yang mengejutkan, yang tidak di ekpektasi oleh audience.


Maksimalkan Aplikasi Edit video


Siapa bilang membuat edit video ciamik harus menggunakan langka yang sulit. Di era sekarang ini, kita dipermudah dengan adanya tiktok, Instagram, atau kinemaster. Aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis dan mudah digunakan bahkan untuk pemula. 


Dengan tiktok kita mengedit video serasa profesional dengan memanfaatkan filter, font, pengubah suara, musik dan masih banyak lagi. 


Dengan tools-tools yang disediakan hendaknya bisa memicu kreativitas dari pelaku usaha untuk membuat konten promosi secara menarik dan profesional.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Konten Kreatif Untuk Promosi Usaha UMKM"