Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Agar Bisnis Kuliner Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Daftar Isi [Tampil]

Strategi Agar Bisnis Kuliner Tetap Bertahan - Pandemi covid-19 memberikan dampak buruk bagi sebagian besar pelaku bisnis. Menurunnya omset pendapatan akhirnya membuat beberapa bisnis akhirnya gulung tikar. Salah satunya yang paling terlihat pada bisnis kuliner. Banyak dari mereka yang tidak bisa bertahan dikarenakan omsetnya yang terus menurun, bahkan rugi.

Strategi Agar Bisnis Kuliner Tetap Bertahan di Masa Pandemi


Bagi Anda yang juga menjalankan bisnis kuliner, ada beberapa tips agar usaha kuliner tersebut bisa tetap bertahan walaupun di masa sulit. Mengingat bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Berikut ini strategi agar bisnis kuliner tetap bertahan di masa pandemi covid-19 selengkapnya. Simak ulasannya di bawah ini!

5 Strategi Agar Bisnis Kuliner Tetap Bertahan di Masa Pandemi

1. Menjaga Arus Kas

Keuangan menjadi hal paling penting dalam sebuah bisnis, begitu pun juga pada bisnis kuliner. Arus kas atau cashflow harus dikelola dengan baik dan menjaganya agar tetap stabil. Salah satu caranya dengan menekan biaya produksi sehingga pengeluaran lebih sedikit.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam hal menekan biaya produksi tersebut, seperti membeli bahan baku yang lebih murah, mengurangi karyawan, hingga menekan biaya operasional. Hal ini dilakukan agar arus kas tetap stabil dan bisnis kuliner pun bisa bertahan di masa sulit sekali pun.

2. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media diibaratkan sebagai dunia kedua bagi sebagian besar masyarakat saat ini. Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan mempromosikan bisnis kuliner milikmu ke media sosial. Cara ini akan menjangkau lebih banyak orang sehingga pembeli pun akan terus berdatangan.

Berbagai platform media sosial bisa Anda manfaatkan, seperti TikTok, Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengadakan promo bagi para pelanggan setia ataupun calon pelanggan baru. Misalnya saja memberikan diskon, promo gratis dan lain sebagainya.

3. Pertimbangkan untuk Memberikan Variasi Produk

Strategi lainnya yang bisa Anda pertimbangkan untuk dilakukan agar kelangsungan bisnis kuliner tetap terjaga yakni dengan menambahkan variasi produk. Namun, perlu diingat varian produk yang dihadirkan harus relevan dengan menu kuliner yang Anda sediakan. Jangan sampai produk baru keluar dari jalur, karena ini akan merusak identitas bisnis kuliner yang sudah Anda bangun.

Salah satunya dengan menyediakan produk berupa bahan baku yang siap untuk diolah sendiri oleh pelanggan. Bahan baku yang ready to cook tersebut pastikan sesuai dengan menu kuliner yang ada di gerai kuliner milikmu.

4. Menghadirkan Layanan Delivery Order

Layanan delivery order sekarang ini sedang menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Pelanggan tidak perlu keluar rumah untuk memesan makanan, cukup melalui smartphone maka makanan akan langsung diantar ke rumah.

Pikirkan untuk menerapkan sistem layanan delivery order ini pada bisnis kuliner yang Anda jalankan. Anda bisa memilih untuk merekrut karyawan yang ditugaskan khusus untuk mengantar makanan atau bisa juga dengan menjalin mitra dengan ojek online.

5. Penerapan Protokol Kesehatan yang Lengkap

Selain merupakan anjuran dari pemerintah, penerapan protokol kesehatan pada gerai makanan juga akan memberikan rasa aman bagi para pengunjung yang datang. Menurut mereka penerapan protokol kesehatan ini akan menekan risiko pengunjung tertular virus covid-19 dari pengunjung lain yang terinveksi.

Beberapa contoh penerapan protokol kesehatan di warung makan tersebut seperti, menerapkan transaksi non-tunai, mengantar makanan tanpa kontak fisik dengan pelanggan, menerapkan physical distancing, pemeriksaan suhu tubuh, dan lain sebagainya.

Itu tadi beberapa strategi agar bisnis kuliner tetap bertahan meskipun di masa pandemi yang sulit seperti sekarang ini. Semoga informasi di atas bermanfaat. Sukses selalu untuk Anda (bisnisan.id). 

Posting Komentar untuk "Strategi Agar Bisnis Kuliner Tetap Bertahan di Masa Pandemi"