Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Sebab Kenapa Analisis Keuangan Penting Dalam Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

 

4 Sebab Kenapa Analisis Keuangan Penting Dalam Bisnis

4 Sebab Kenapa Analisis Keuangan Penting Dalam Bisnis - Bisnis yang baik selain menciptakan produk-produk berkualitas dan menjawab kebutuhan pasar, juga harus dikelola dengan analisa keuangan yang baik. Laporan-laporan seperti arus kas, jumlah laba-rugi dan neraca keuangan sangatlah penting untuk dilakukan secara profesional.

Analisa keuangan akan menjadi indikator apakah, bisnis yang dijalankan sesuai dengan harapan. Lalu apa sih sebenarnya manfaat analisa keuangan dalam bisnis ?

 

Untuk Detailnya silahkan ulasan ringkas dari tim bisnisan.id d bawah ini:

 

Evaluasi

Analisis keuangan dibutuhkan pemilik usaha untuk melakukan evaluasi. Kita bisa tahu posisi bisnis. Untung atau rugi, berapa jumlah hutang atau piutang, bagaimana arus masuk dan keluar, semua informasi akan diketahui bila dilakukan analisa keuangan.

Semua pemilik bisnis pasti ingin bisnis kita lancar dan mendulang keuntungan. Dan analisis keuangan inilah kita bisa melakukan evaluasi. Menjadi indikator kelebihan dan kekurangan bisnis kita.dan menjadi acuan evaluasi.

 

Sebagai Penilaian Kerja Manajemen dan Karyawan

Bisnis besar memang wajib memiliki analisis keuangan yang bagus. Selain membantu analisa finansial juga bisa jadi acuan penilaian kerja karyawan. Kita bisa mempertahankan karyawan atau mengganti dengan yang baru. Atau memberikan hadiah kepada karyawan yang memiliki kerja yang bagus dan penting dalam meningkatkan kemajuan perusahaan.

Dengan hadiah diharapkan tumbuh semangat dari karyawan agar bekerja lebih baik lagi.

 

Menjadi penilaian investor/kreditur

Perusahaan dengan analisa keuangan yang bagus tentu akan menarik investor/kreditur berdatangan. Investor tentu akan melihat apakah keuangan perusahaan sehat/tidak, laba/rugi, rasio keuangan yang bagus, dan sebagainya. Investor juga bisa memprediksi bagaimana peluang keuntungan dimasa yang akan datang.

Investor yang tertarik tentu akan memberi suntikan dana yang akan menambah kekuatan dari perusahaan.

 

Bisa dibandingkan dengan kompetitor

Analisa keuangan juga perlu dilakukan untuk menyusun strategi bisnis. Terutama jika menghadapi persaingan kompetitor yang ketat. Jika kompetitor melakukan promosi, atau inovasi lain. Kita bisa melihat anggaran yang ada dan menyusun rencana untuk menyiasati strategi kompetitor.

Analisa keuangan membantu melihat anggaran yang tersedia untuk melakukan promosi, progam lainnya yang dimaksud untuk menarik konsumen.

 

Demikianlah ulasan singkat kami tentang 4 sebab kenapa analisis keuangan penting dalam bisnis. Semoga bermanfaat dan salam sukses berbisnis (bisnisan.id)


Posting Komentar untuk "4 Sebab Kenapa Analisis Keuangan Penting Dalam Bisnis"