Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amati Tiru Modifikasi Dalam Kewirausahaan

Daftar Isi [Tampil]

Amati Tiru Modifikasi Dalam Kewirausahaan - Memulai sebuah usaha bukan perkara gampang, meski juga bukan sesuatu yang sulit-sulit amat. Terkadang setelah berhasil menemukan ( dengan susah payah ) bidang bisnis apa yang ingin kita geluti kita masih saja menemui banyak kesulitan tentang bagaimana memulainya.

Bahkan hampir bisa dipastikan, semua orang pasti menghadapi banyak kesulitan ketika hendak melangkah memulai sebuah usaha yang baru. Segudang pertanyaan tentu terbang berseliweran di atas kepala kita saat berada dalam posisi seperti itu. Bingung dan stres dengan mudah akan menyerang kita. Celakanya, tidak sedikit orang yang kemudian memilih “mundur” dan kalah sebelum bertanding. Mereka mengurungkan dan membatalkan niat untuk membuka usaha. Sayang seribu sayang.

Amati Tiru Modifikasi Dalam Kewirausahaan


Sebenarnya kebingungan saat memulai bisnis baru adalah hal yang wajar dan bukan sesuatu yang perlu dipusingkan, apalagi jika bisnis yang hendak kita mulai bukanlah tergolong bidang bisnis yang benar-benar baru, artinya sudah ada bisnis serupa yang dijalankan oleh orang lain.

Kita bisa mengadopsi sebuah prinsip dalam dunia bisnis untuk memecahkan kesulitan tersebut. Dalam dunia bisnis prinsip tersebut dikenal sebagai “ATM” yang penjabarannya ; Amati, Tiru, Modifikasi. Amati tiru modifikasi dalam kewirausahaan merupakan sesuatu yang lumrah.

Amati tiru modifikasi merupakan prinsip bisnis yang menghasilkan ide bisnis baru dari hasil pengembangan kreativitas kita. Sebenarnya prinsip amati tiru modifikasi (ATM) adalah salah satu strategi visual thinking. Prinsip ini sah-sah saja bahkan menjadi prinsip yang paling umum digunakan dalam berbisnis.

 

Tips ATM Dalam Memulai Bisnis

Agar proses amati tiru dan modifikasi yang kita lakukan mendapatkan hasil yang maksimal, maka kita perlu memperhatikan beberapa hal penting. Berikut ini adalah tips-tips dalam tahapan proses ATM.

Amati : Melihat dan memperhatikan dengan saksama bagaimana orang lain menjalankan bisnis adalah cara paling mudah dan tentu saja murah untuk mendapatkan pengetahuan tentang step by step bagaimana kita memulai bisnis kita. Dengan cara ini kita akan mendapatkan pengetahuan tentang apa saja yang harus kita persiapkan untuk memulai bisnis tersebut.

Tiru : Setelah mengamati dan mendapatkan pengetahuan bagaimana dan persiapan apa yang harus dilakukan, kita bisa memulai “take actionmenjalankan bisnis kita. Jika tetap saja bingung, jiplak saja apa yang dilakukan pebisnis yang kita amati tersebut. Kita lakukan apa yang ia lakukan. Tujuannya agar kita segera memulai, take action. Nanti dengan berjalannya waktu kita akan menjadi semakin paham dan tahu tindakan apa yang semestinya kita ambil.

Modifikasi : Akan lebih baik jika kita juga menambahkan unsur perubahan positif atau modifikasi sebelum menjiplak bisnis orang lain. Tujuannya tentu saja untuk memberikan sentuhan yang berbeda terhadap bisnis kita. Ingat, salah satu faktor penting untuk membuat bisnis kita mudah diingat konsumen adalah “perbedaan” jika dibandingkan kompetitor kita ( Jurus Zebra ; baca Jurus-jurus Wirausaha ).

 

Nah itulah cara paling mudah bagi kita untuk memulai sebuah usaha. Jadi tidak ada alasan untuk mundur jika kita kebingungan bagaimana harus memulai bisnis yang ingin dirintis. Tentu saja prinsip amati tiru modifikasi dalam kewirausahaan ini bisa diterapkan untuk bisnis yang sudah ada pelopornya dan bukan bidang bisnis yang benar-benar baru.

Selamat berwirausaha, sukses selalu, dan sampai jumpa lagi dengan bisnisan.id.

Posting Komentar untuk "Amati Tiru Modifikasi Dalam Kewirausahaan"