Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner

Daftar Isi [Tampil]

 

tips sukses menjalankan bisnis kuliner

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner - Salah satu bisnis yang masih cukup menjanjikan saat ini adalah bisnis kuliner. Hal ini karena memang setiap hari masyarakat selalu memburu makanan-makanan. Selain karena masyarakat membutuhkan makanan setiap hari, masyarakat juga sangat antusias jika mendapati kuliner-kuliner baru di sekitarnya.

Hal ini tentu menjadi kabar yang sangat bagus bagi kamu yang bingung hendak memulai bisnis apa. Atau, jika ternyata kamu sudah menjalankan bisnis kuliner ini, tapi ternyata tidak ada perkembangan. Mungkin ada yang salah dengan sistem bisnis kuliner yang kamu jalankan. Maka untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini kami sajikan beberapa tips sukses menjalankan bisnis kuliner.

Tips sukses menjalankan bisnis kuliner ini juga bisa banget dipraktikkan kamu yang baru akan memulai bisnis ini.

Tips sukses menjalankan bisnis kuliner

Berjualan, pada hakikatnya sama seperti kita sedang berperang loh. Yakni sama-sama membutuhkan strategi yang tepat. Bagaimanapun, yang namanya bisnis memang membutuhkan berbagai persiapkan yang sangat matang. Dan salah satu persiapan yang harus kamu siapkan adalah strategi yang jitu. Jika kamu hanya sekedar berjualan tanpa strategi, maka usaha yang kamu jalankan akan sangat sulit berkembang.

Maka, salah satu strategi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetahui tips sukses menjalankan bisnis kuliner. Berikut adalah tips sukses menjalankan bisnis kuliner yang bisa kamu coba.

Memilih Jenis Kuliner

Tips menjalankan bisnis kuliner yang pertama adalah memilih kuliner yang tepat. Saat ini, ada banyak sekali jenis kuliner yang beredar di pasaran. Mulai dari kuliner tradisional, kuliner modern, kuliner dari berbagai Negara, kuliner gurih, manis, pedas, hingga kuliner yang awalnya sudah jadul kemudian diinovasi kembali agar tetap bisa laku di pasaran.

Kamu bisa memilih jenis kulinernya terlebih dahulu. Kira-kira, bisnis kuliner apa nih yang akan kamu jalankan, jangan asal main jual saja tanpa ada pertimbangan yang matang. Nah, untuk memilih kuliner yang tepat, maka kamu harus menentukan terlebih dahulu target pasarnya siapa. Jika target pasar kamu adalah orang tua, tentu makanan yang kamu jual harus bisa disukai oleh orang tua.

Dan orang tua biasanya hanya memperhatikan kualitas makanan, bagaimana rasanya, dan seperti apa penyajiannya, bersih tidak, dan lain sebagainya. Contohnya adalah jajanan pasar ataupun lauk-paku. Hal ini karena memang orang tua biasanya tidak terlalu membutuhkan kuliner yang diolah secara berlebihan. Tentu sangat berbeda dengan anak muda masa kini.

Maka, apabila kamu ingin menjalankan bisnis kuliner yang biasa-biasa saja, kamu akan kalah saing dengan pebisnis kuliner lainnya. Nah, kita ambil contoh lagi, misalnya kamu akan memulai bisnis seblak. Saat ini kan pedagang seblak rasanya sudah hampir tidak bisa lagi kita hitung.

Terutama jika kamu tinggal di daerah Jawa. Kalau untuk Sumatera atau daerah lain mungkin, jika kamu menjual seblak yang biasa saja masih worth it dan masih banyak yang mau mencobanya. Namun, jika kamu menjualnya di daerah Jawa, khususnya Jogja, tentu menyajikan seblak yang B aja atau yang biasa saja akan sangat sulit mendapatkan pasar.

tips sukses menjalankan bisnis kuliner


Tak heran jika kemudian, para pedagang seblak di daerah Jawa disibukkan dengan bagaimana caranya menyajikan seblak mereka berbeda dengan seblak yang lain. Untuk memulai bisnis seblak ini, kamu harus bisa memberikan hal yang berbeda dengan produk lain.

Misalnya adalah dengan memberikan penawaran jenis level yang banyak sekali. Mungkin, selama ini pedagang seblak yang kamu temukan hanya menyediakan 3 pilihan level aja, seperti seperti level 1 cabe sekian, level 2 cabe sekian, dan level ketiga cabe sekian. Nah, kamu bisa memberikan penawaran level yang lebih banyak . Misalnya, ada level extra pedas pedas, menengah, biasa, dan lain sebagainya.

Dengan adanya pilihan level pedas tersebut, tentu akan menjadi daya tarik bisnis seblak yang kamu jalankan. Selain itu, kamu juga meski bisa memperhatikan masalah toping. Jangan sampai ni, kamu hanya menyajikan seblak dengan kerupuku, mie, dan juga macaroni doang. Karena alangkah baiknya jika kamu menambahkan berbagai pilihan topping. Seperti siomay, bakso, bakso goreng, sosis, ceker, dan lain sebagainya.

Memilih Tempat yang Tepat

Tipa sukses menjalankan bisnis kuliner yang berikutnya adalah dengan memilih tempat yang tepat. Sebagus apa pun bisnis yang akan kamu bangun, tetap tidak akan berkembang atau sulit berkembangnya jika dimulai atau dijalankan di tempat yang tidak strategis. Untuk menentukan tempat yang tepat, maka kamu harus menentukan lagi target pasarnya.

Jika target pasar kamu adalah mahasiswa, alangkah baiknya jika kamu memulai bisnis ini di dekat kos-kosan mahasiswa, di pinggir jalan besar, di dekat kampus, atau di area sekolahan. Jika kamu memilih target pasar orang tua, tentu langkah yang sangat tepat adalah ketika kamu memulai berjualan di daerah kompleks. So, tentukan dulu target pasar kamu. Kemudian, pilih tempat yang tepat sesuai dengan target pasar.

Memilih Media Pemasaran yang Tepat

Tips sukses menjalankan bisnis kuliner selanjutnya adalah dengan memilih media pemasaran yang tepat. Yang namanya bisnis, memang selalu erat kaitannya dengan pemasaran atau marketing. Dulu, sistem marketing masih dilakukan secara door to door atau dari mulut ke mulut. sementara saat ini, sistem marketing tersebut sudah mulai tidak digunakan lagi. Memang, masih ada kok yang menggunakan media pemasaran ini, namun tidak banyak.

Hal ini karena memang direct marketing dengan door to door atau pemasaran langsung memakan waktu yang lebih banyak, dan juga biaya yang lebih besar. Sehingga, banyak yang mulai memanfaatkan media sosial sebagai media marketing mereka. Selain lebih mudah dilakukan, jangkauan pasarnya juga pasti akan jauh lebih luas. Maka, kamu juga harus bisa memanfaatkan media sosial sebagai ajang marketing bisnis kuliner kamu. Pilih lah media sosial yang memang banyak digunakan oleh masyarakat, seperti Facebook dan juga Instagram, serta WA. Buatlah akun khusus untuk bisnis kuliner kamu, kemudian jangan lupa untuk selalu melakukan promosi seintens mungkin.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Tips sukses menjalankan bisnis kuliner yang terakhir adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan ternyata juga mempunyai pengaruh yang signifikan bagi sebuah bisnis loh, dan salah satunya adalah pebisnis kuliner. Bagaimanapun, seorang konsumen ataupun pembeli tentu ingin mendapatkan pelayanan yang maksimal, pelayanan yang sangat bagus dari seorang pelaku bisnis.

Ketika akan melayani pelanggan, kamu meski bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka. Seperti selalu tersenyum ketika ada pembeli, menyapa mereka dengan sangat ramah, dan lain sebagainya. Karena dengan memberikan pelayanan yang terbaik, mereka bisa saja merasa nyaman, dan terjalin komunikasi yang baik.  Sehingga untuk pembelian kembali (repeat buying) lebih mudah. Bahkan, mereka juga tidak akan segan-segan mempromosikan bisnis kamu ke orang lain.

Oke, sekian tips sukses menjalankan bisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan salam sukses dari tim bisnisan.id.

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner"

Berlangganan via Email