Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potensi Usaha Bonsai Kelapa, Melejit Di Masa Pandemi

Daftar Isi [Tampil]

 Potensi Usaha Bonsai Kelapa, Melejit Di Masa Pandemi


Peluang Bisnis Potensial Untuk Milenial

Bonsai adalah karya seni yang memanfaatkan pepohonan, kemudian di buat dikecilkan yang seakan seperti bentuk pohon pada ukuran aslinya. Bonsai bisa dikatakan sebagai miniatur sebuah pohon, yang ditaruh pada pot berukuran kecil. Siapa sangka hobi yang satu ini bisa mendatangkan cuan di masa Pandemi.


Menggeluti usaha bonsai kelapa menjadi trend ditengah masyarakat. Karena unik banyak pemburunya bahkan hingga luar negeri. Bonsai kelapa dengan keunikan tertentu bisa dibanderol harga jutaan rupiah. 


Tertarik mencoba bisnis usaha bonsai kelapa ? Silakan simak artikel dibawah ini:


Usaha bonsai kelapa cocok dilakukan di iklim Indonesia yang tropis, banyak daerah yang menjadi penghasil pohon kelapa. Secara modal tentu lebih murah, karena banyak Sumber daya alamnya.


Kriteria Pohon Kelapa yang Bagus Untuk Di Jadikan Bonsai


  • Pastikan pohon punya daya tahan kuat dan adaptif karena media bonsai di taruh pada pot


  • Diharapkan memiliki usia yang panjang. Karena akan meningkatkan harga bonsai itu sendiri


  • Ukuran pohon proporsional untuk dijadikan bonsai


  • Kondisi daun, batang, bunga dan buahnya indah untuk dilihat.


Modal awal usaha bonsai kelapa ini bisa dialihkan untuk membeli bakalan bonsai yang bisa didapatkan di pasar tanaman hias. 


Selanjutnya adalah masuk dalam tahap membuat bonsai kelapa:


Memilih bibit bonsai kelapa yang bagus


Ada beberapa jenis kelapa yang bisa dijadikan bonsai yaitu kelapa gading merah, susu dan albino. Ketiga jenis ini dikenal mudah untuk di bentuk, adaptif dan berestetika tinggi. Yang perlu dicatat, setiap jenis kelapa punya karakter tersendiri. Misalnya kelapa gading merah, sifatnya sangat perlu pupuk agar warnanya tetap terjaga. 


Umur Bibit Bonsai


Idealnya kita memilih bibit yang sudah matang karena cepat berkembang, tidak perlu waktu lama untuk tumbuh tunas baru. Untuk fisiknya perhatikan ukuran batok dan akarnya. Yang bagus adalah batoknya berukuran kecil, agar lebih mudah untuk dimodifikasi. Sementara akar paling bagus adalah yang lebat dan besar karena berpengaruh pada daya tahan bonsai. 



Posisi batok kelapa


Membuat bonsai itu tidak asal memotong dan meletakkan ada teknik-tekniknya. Posisi batok yang bagus yaitu relatif. Bisa vertikal atau horizontal tergantung membuat bentuk bonsai seperti apa. Bila ingin membuat menonjolkan akar cocoknya adalah vertikal. Kalau ingin berbentuk seperti rumah kelomang cocoknya horizontal.


Cara memperlakukan batang bonsai


Kita perlu menjaga bonsai dalam keadaan mini. Bila ada bagian yang mulai panjang, bisa di potong/sayat utamanya pada tunas paling tua.  Pada ukuran 20 cm, penyayatan bisa dilakukan pada tunas paling bawah. Hindari terlalu sering menyayat karena akan menganggu perkembangan bonsai bahkan bisa menyebabkan kematian. 


Perawatan harian bonsai kelapa


Sebenarnya bonsai kelapa tidak perlu istimewa. Asalkan kebutuhan seperti penyiraman, pupuk dilakukan secara berkala. Cukup disirami pada sore hari, bonsai akan berkembang dengan sendirinya.


Masa panen bonsai kelapa


Bonsai bisa dijual saat umurnya 6 tahun. Di mana ukuran dan keindahannya bisa dilihat secara maksimal. Untuk harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Tergantung jenis kelapa dan kerumitan bentuknya. Peminat usaha ini bahkan mencapai pasar internasional.












Posting Komentar untuk "Potensi Usaha Bonsai Kelapa, Melejit Di Masa Pandemi "