Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjadi Makelar Mobil Sukses, Bisnis Minim Modal

Daftar Isi [Tampil]

 Cars Memulai Usaha Makelar Mobil


Tips Menjadi Makelar Mobil Sukses, Bisnis Minim Modal

Bisnis jual beli mobil mewah hingga bekas bisa dilakukan bahkan tanpa modal. Menjadi makelar mobil adalah profesi di dunia otomotif yang memungkinkan seseorang punya pendapatan banyak walau bermodal sedikit. 


Tugas makelar adalah menjadi perantara, menjualkan mobil seseorang kepada peminatnya. Jika berhasil, seorang makelar akan dibayar sejumlah uang oleh penjual mobil sesuai dengan kesepakatan. Biasanya 2 - 5 % dari harga mobil. Profesi ini juga fleksibel dan bisa dilakukan siapa saja, asal mau belajar.


Lalu seperti apa caranya jadi makelar mobil jitu ? Silahkan simak artikel berikut ini:


Tahu Seluk Beluk Mobil


Modal wajib yang perlu diketahui seorang makelar adalah mengetahui seluk beluk mobil. Mulai dari spesifikasi, berita otomotif terkini, harga pasaran, hingga mengetahui kondisi sparepart mobil. Coba bayangkan bahwa hal-hal tersebut tidak dikuasai makelar, pasti akan menimbulkan keraguan pada calon konsumen.


Makelar mobil yang bagus juga dinilai dari cara menghadapi pertanyaan client hingga bisa memberi masukan tentang mobil yang sesuai kebutuhan client.


Memiliki Relasi Luas


Jika kita punya banyak relasi, ini akan jadi modal bagus untuk memulai usaha makelar mobil. Punya banyak kenalan akan mempermudah kita dalam menjualkan mobil. Siapa tahu ada dari relasi kita, ada yang menawarkan sebuah kerjasama. Mereka ingin menjual mobilnya / membeli mobil dari client kita yang lain.



Lalu bagaimana caranya memperluas relasi ? Bisa dengan belajar lebih terbuka dengan orang dan rajin bersosialisasi. Modal relasi di momen tertentu bisa lebih berharga dari pada modal uang.


Kuasai Perkembangan Media Sosial


Seorang makelar mobil dituntut untuk update perkembangan teknologi termasuk menguatkan media sosial. Facebook, Instagram dan WhattApps adalah platform yang bisa membantu penjualan mobil. Platform tersebut tak hanya membantu menciptakan relasi juga memiliki fitur ads yang bisa digunakan untuk menjangkau pembeli mobil.


Ada juga marketplace seperti Tokopedia, OlX, dan Shopee, yang bisa digunakan secara gratis. Promosi yang menarik perhatian akan memperbesar terjadinya deal. Menjadi makelar mobil memungkinkan pelakunya dapat untung besar meskipun bermodal sedikit.


Cara Berpromosi makelar mobil


Seperti yang dijelaskan diatas, menjual mobil dari client bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Seperti bergabung di media sosial, market place, atau forum jual beli. Buatlah akun media sosial yang membahas tentang mobil lalu disisipkan iklan mobil yang ingin dijual. Cantumkan foto yang jelas yang bisa menggambarkan kondisi mobil secara utuh. Jangan lupa beri deskripsi mobil secara jujur mencakup tipe, merk, spesifikasi, tahun terbit dan yang lainnya.


Pastikan mobil dijual dengan keadaan surat lengkap


Untuk meminimalisir terjadinya kriminalitas, pastikan mobil yang dijual sudah memiliki dokumen yang lengkap. Makelar bisa meminta BPKB, STNK, Form A, Fotokopi Pemilik mobil,dan  kuitansi. Pasalnya banyak mobil bodong diperjualbelikan, padahal asal-usulnya belum jelas. Dan kebanyakan adalah hasil tindak kejahatan.


Mempunyai dokumen mobil yang lengkap akan memberikan nilai tambah kepada calon pembeli. Mereka akan lebih percaya dengan mobil yang kita jual.