Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Bisnis Cemilan Ala Pandji Pragiwaksono

Daftar Isi [Tampil]

 Strategi Bisnis Cemilan Ala Pandji Pragiwaksono


Tips Usaha Cemilan Laris Ala Pandji Pragiwaksono



Pandji Pragiwaksono yang kita tahu adalah seorang stand up comedian. Namanya melambung setelah menjadi pendiri komunitas Stand Up Indonesia. Sebelumnya beliau juga wara-wiri jadi presenter TV dan penyiar radio.


Baru-baru ini Pandji Pragiwaksono merambah dunia bisnis seperti mendirikan platform comika.id. pengalamannya didunia bisnis, ia bagi di channel Youtubenya. Hingga suatu hari ada seseorang yang meminta saran kepada Pandji terhadap bisnis cemilan yang baru saja ia buka.


Isi pertanyaannya tersebut adalah bagaimana caranya mengembangkan bisnis cemilan, karena sejauh ini yang beli hanya dari kalangan kerabat saja padahal rasanya enak. Lantas Pandji mengemukakan pendapatnya


Minta pendapat objektif dari orang lain


Terkadang kalau minta penilaian ke keluarga atau kerabat kebanyakan akan subjektif. Mungkin saja produk yang kita ciptakan itu belum benar-benar enak. Tapi karena rasa tidak enak dari kerabat akhirnya mereka memberi komentar sebaliknya.


Oleh karenanya itu, kalau kita usaha cemilan harus minta pendapat objektif yang jujur. Bisa didapat bahkan dari orang-orang yang tidak dikenal. Dari sini, kalau cemilannya rasanya tidak enak sekalipun kita masih bisa memperbaikinya.


Satu patokan yang biasanya menandakan sebuah produk kuliner itu enak adalah adanya repeat order. Kalau produk cemilan kita banyak yang cari, itu adalah Point produk cemilan kita memang enak.


Berani beda


Pandji Pragiwaksono memegang prinsip Lebih beda itu lebih baik daripada Lebih baik. Pandji menekankan keunikan dari sebuah produk. Enak aja tidak cukup, karena semua cemilan sekarang ini rata-rata enak. Keunikan produk cemilan bisa dicari dari rasanya. Buat rasa yang berbeda misalnya cemilan Keripik rasa wasabi, keripik rasa buah-buahan dan yang lainnya. 


Baca juga : Kisah Perjuangan Pengusaha Memulai Bisnis Dari Nol


Keunikan juga bisa digali dari cara promosi. Misalnya memberi level terhadap pembelinya, tergantung banyaknya keripik yang dibeli. Kalau beli 1 levelnya rakyat jelata, kalau beli banyak levelnya sultan. Cara promosi yang seperti ini bisa jadi trigger agar order terus berdatangan.


Perbaiki cara promosi


Tips terakhir dari Pandji Pragiwaksono dalam bisnis cemilan adalah perbaiki cara komunikasi. Jangan sampai rasa cemilannya sudah enak, penjualannya belum laris karena salah strategi promosi. Pastikan produk punya nama yang gampang diingat, cantumkan juga kontak seperti no telp dan media sosial, agar mudah dihubungi pelanggan.



Posting Komentar untuk "Strategi Bisnis Cemilan Ala Pandji Pragiwaksono"