Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Perjuangan Pengusaha Memulai Bisnis Dari Nol, Wajib Di Contoh !

Daftar Isi [Tampil]

 Kisah Perjuangan Pengusaha Memulai Bisnis Dari Nol, Wajib Di Contoh !


Kisah Entrepreneur Sukses Berawal dari Nol

Banyak orang tergiur menjadi pengusaha karena punya persepsi bahwa profesi ini cepat mengundang kekayaan. Tanpa sadar mereka hanya fokus pada fase enaknya saja. Padahal menjadi pengusaha tak ubahnya sama dengan profesi lain. Ada banyak hal yang di korbankan. Mental harus sekuat baja, persiapan modal dengan strategi matang juga diperlukan, belum lagi memikirkan cara berkompetisi pada pasar yang sengit.


Banyak orang juga beranggapan bahwa menjadi pengusaha itu harus berasal dari orang kaya, dengan finansial kuat. Padahal hal ini tidak benar. Ada banyak contohnya pengusaha sukses yang memulai usahanya dari nol. Dengan segala keterbatasan yang ada, mereka tak menyerah. Dan pada akhirnya kesusksesan itu bisa di raih.


Lalu siapa saja tokoh pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol ? Silakan simak artikel berikut ini :


Chairul Tanjung


Tak perlu jauh-jauh menengok kisah jatuh bangun Pengusaha. Di Indonesia sendiri ada seseorang yang fenomenal dengan lika-liku perjalanannya, bisa memulai usaha dari nol. Nama tersebut adalah Chairul Tanjung. Pria kelahiran Jakarta, 18 Juni 1962 ini, berhasil menorehkan prestasi, beliau merupakan satu dari sedikit orang yang menyabet gelar sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Dengan nilai kekayaan mencapai 62,6 Trilliun rupiah.


Jalan yang ditempuh Chairul Tanjung tidaklah mudah. Hidup di tengah situasi politik-ekonomi Indonesia yang belum stabil, membuat masa kecil Choirul tanjung tidak berjalan ideal. Ayahnya yang merupakan wartawan terkena dampak PHK karena kantor tempatnya bekerja ditutup. 



Chairul Tanjung ingin mandiri, Berbagai peluang usaha ia lakukan dengan anggaran terbatas. Mulai dari usaha fotocopy, berjualan buku hingga kaos. Semuanya dilakukan agar bisa meringankan beban orangtuanya, sekaligus untuk membayar kuliahnya di universitas Indonesia.


Perjalanan usaha Chairul Tanjung memang dimulai dari nol. Tak selamanya mulus, karena pernah juga usahanya dibidang peralatan kedokteran tidak berjalan lancar. Namun kegagalan itu tak membuatnya menyerah. Hingga akhirnya beliau sukses mendirikan PT Pariarti Shindutama yang bergerak pada bidang ekspor sepatu anak. 


Sampai sekarang sudah berbagai macam perusahaan yang Chairul Tanjung Dirikan. Yang tergabung dalam Aliansi perusahaan CT Corp. Yang paling familiar mungkin adalah Trans TV dan Trans7 yang merupakan media yang dimiliki oleh beliau.


Di bidang pemerintahan, Chairul Anwar juga sempat menduduki kursi menteri perekonomian pada tahun 2014 lalu di masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kisah si anak singkong ini seyogyanya bisa menginspirasi para pemuda dalam merintis bisnis.


Bob Sadino


Kisah pengusaha  sukses  yang awalnya dari nol juga bisa dilihat dari Bob Sadino. Sosok nyentrik ini memang sering dijadikan panutan dalam memulai karir entrepreneurship. Kutipan-kutipan beliau banyak di jadikan qoute di internet. Contohnya : " Setinggi-tingginya jabatan, tetaplah seorang karyawan, sementara sekecil-kecilnya usaha, kita adalah bos nya ".


Ungkapan ini memang terbilang nyelekit, tapi bila dipikir lebih dalam ternyata ada benarnya. Bob Sadino ingin mendorong masyarakat Indonesia agar jangan takut jadi pengusaha. Karena dirinya sudah membuktikan. Bob Sadino sejatinya merupakan pegawai tetap dengan gaji mapan, namun memilih resign demi menjadi berdikari.


Perjuangannya dimulai dari nol, tidak mengandalkan dana dari keluarganya. Bob Sadino pernah membuka bisnis rental mobil, namun hal buruk terjadi, beliau mengalami kecelakaan saat menyopir. Sosok yang hanya tamatan SMA ini tak parah arang. Berbagai peluang ia geluti termasuk menjadi tukang bangunan. 


Hingga suatu hari, Bob Sadino disarankan temannya untuk berjualan ayam negeri. Bob berkeliling menjual telur ayamnya dari kompleks ke komplek. Siapa sangka bisnis ini mendapatkan sambutan hangat. Dari modal ayam saja beliau bisa menjadi miliarder.


Usaha Bob Sadino terus berkembang dan puncaknya berhasil menjadi pengusaha level tertinggi dengan mendirikan waralaba bernama Kemchick yang menyediakan kebutuhan seperti sayuran, daging dan sembako. Bob Sadino juga memiliki tujuan mulia, untuk membantu petani lokal dalam memasarkan hasil buminya.









Posting Komentar untuk "Kisah Perjuangan Pengusaha Memulai Bisnis Dari Nol, Wajib Di Contoh !"