Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ide Usaha Ternak Burung Kicau Berpotensi Tinggi

Daftar Isi [Tampil]

 5 Ide Usaha Ternak Burung Kicau Berpotensi Tinggi


Bisnis Perawatan Burung Kicau Banyak Penghobinya


Berbicara tentang eksistensi peminat burung kicau, utamanya di tanah air. Geliatnya mulai terasa di era 90an. Trend permintaan burung kicau bisa dikatakan stabil dari tahun ke tahun. Memelihara burung bahkan menjadi fenomena yang menyentuh masyarakat dengan berbagai lapis sosial. Ada kesenangan tersendiri, ketika burung rajin berkicau, berkembang biak hingga memenangkan penghargaan.


Memelihara burung terus berkembang, bukan hanya sekedar hobi namun bisa di ubah menjadi media bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan bahkan sampai ratusan juta rupiah. 


Ada jenis-jenis burung yang sekarang ini sangat di minati, lalu apa saja burung yang direkomendasikan untuk dijadikan peluang usaha ? Silakan simak artikel berikut:


Lovebird


Lovebird adalah salah satu burung hias yang popular di pasaran Indonesia. Nilai jual burung ini terletak pada warna bulu yang beragam. Ada banyak jenis-jenis Lovebird yang perlu diketahui seperti pale fellow, olive, albino, merah dan lokal. Bagi yang pemula, ide usaha burung kicau Lovebird ini bisa jadi pilihan. Dari sisi harga indukannya juga bervariatif mulai dari 100.000 Rupiah mendapatkan sepasang Lovebird lokal.


Lovebird yang dicari orang-orang adalah yang memiliki corak bulu yang menarik dan juga memiliki suara yang bagus. Lovebird anakan juga bisa dijual kembali pada sesama peternak.


Murai batu


Burung murai batu merupakan jenis burung yang memiliki nilai prestisius tinggi, banyak penghobinya berasal dari golongan atas, dan rela membeli burung ini dengan harga ratusan juta rupiah. Beternak murai batu merupakan salah satu ide usaha burung kicau dengan peluang omzet tinggi. Pasalnya 1 ekor saja bisa dihargai 3 juta rupiah.


Baca juga: Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Terjun Ke Dunia Bisnis

Untuk memulai ternak murai batu, memang perlu modal dan ilmu yang cukup. Pasalnya betina murai batu maksimal menghasilkan 4 telur dalam 1 periode persaingan. Pemilihan indukan juga jangan dikesampingkan. Pastikan penjanta usianya minimal 2 tahun dan betina berusia 1 tahun. Satukan burung murai batu pada tempat yang kondusif dan berukuran 90 cm × 90 cm × 180 cm. 


Burung Ciblek


Ide bisnis burung kicau tidak melulu menternakkan burung mahal, bagi yang ingin menyasar kelas menengah kebawah, bisa memilih ternak burung ciblek. Secara modal pun jauh lebih kecil dibandingkan jenis burung lainnya. Jenis ciblek di Indonesia ada bermacam-macam ada ciblek sawah, ciblek gunung, ciblek rawa dan sebagainya.


Modal yang diperlukan untuk membeli bakalan ciblek berkisar antara 60.000 - 150.000. nah untuk indukan antara 250.000 - 400.000. si mungil ini menarik banyak kalangan karena memiliki suara unik " Ciblekk, ciblekkk". Untuk pakannya, bisa menggunakan ulat Hongkong, Ulat kandang, Voer dan kroto. 


Jalak Suren


Omzet puluhan bahkan jutaan rupiah hanya dari usaha burung kicau/hias bukanlah mustahil. Nyatanya hobi ini memang bisa disulap menjadi prospek yang menjanjikan. Berternak jalak suren bisa jadi pilihan, apalagi ditengah pandemi ini, dimana banyak orang memiliki waktu senggang.


Hampir sama dengan anggota spesies burung jalak lainnya. Jalak suren dikenal memiliki kecerdasan tinggi, ia bisa menutup berbagai macam suara termasuk suara manusia. Harga jual burung ini bisa dikatakan mahal, anakannya saja dihargai 500.000 rupiah dan dewasanya mencapai puluhan juta.


Burung kenari


Siapa yang tak kenal burung mungil yang satu ini ? Kenari yang pertama kali ditemukan di pulau canary ini menjadi salah satu burung kicau paling banyak dipelihara di belahan dunia. Suaranya yang lantang dengan sentuhan akrobatik sangat disukai untuk meramaikan rumah. 


Istimewanya, usaha ternak kenari tidak memerlukan banyak modal. Bahkan dengan modal 50.000 saja, kita bisa mendapatkan 1 ekor. 




Posting Komentar untuk "5 Ide Usaha Ternak Burung Kicau Berpotensi Tinggi"