Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Peluang Usaha Di Desa Yang Menguntungkan Di Tahun 2021

Daftar Isi [Tampil]

Kehidupan di desa semakin maju saja sehingga memunculkan banyak peluang usaha di desa yang menguntungkan di tahun 2021 ini. Tentu saja hal ini kabar baik bagi Anda yang tinggal di daerah pedesaan. Sehingga Anda tidak perlu lagi merantau ke kota untuk mendapatkan pasar usaha yang tinggi. Pasalnya sekarang ini masyarakat di desa juga sudah semakin maju dalam taraf kehidupan dan kebutuhan sehari-hari. 

Mungkin diantara sobat ada yang sedang memikirkan hal ini.. Tinggal di desa tanah kelahiran sendiri bingung kira-kira mau usaha apa. Tenang saja sobat, selama ada niat dan mau berpikir dan berusaha disitulah pasti akan ada jalan. Banyak kok di tahun 2021 ini perantau di kota yang justru memilih pulang kampung dan merintis usaha di desanya sendiri.

Keuntungan yang lain jika sobat menjalankan usaha di desa adalah biaya hidup yang lebih murah dibandingkan di kota. Padahal kalau dari itung-itungan keuntungan menjalankan usaha pendapatan hampir sama dengan di kota. Jadi secara garis besarnya membuka usaha di desa saat ini memiliki prospek yang cerah untuk masa depan Anda.

Peluang Usaha Di Desa Tahun 2021 

peluang usaha di desa

Untuk membantu sobat menemukan ide dan gagasan untuk memulai usaha di desa. Kali ini bisnisan.id bakalan kasih beberapa pilihan buat kamu. Yang paling penting adalah mengetahui potensi diri sendiri, sehingga sobat bisa memilih jenis bisnis yang tepat. Baiklah beberapa peluang usaha di desa yang menguntungkan di tahun 2021 ini antara lain : 

1. Usaha budidaya tanaman

Yang pertama adalah usaha budidaya tanaman. Suasana di desa jelas cocok banget untuk usaha yang satu ini. Dengan udara yang masih asri dan kebanyakan pada memiliki lahan yang masih kosong, baik itu pekarangan, kebun maupun sawah. 

Namun buat sobat yang memiliki lahan sempit pun sekarang sudah banyak sistem budidaya tanaman menggunakan polibeg. Jadi lebih praktis lagi, sobat bisa memanfaatkan lahan sempit dekat rumah untuk budidaya tanaman.

Budidaya tanaman sendiri ada banyak jenis pilihannya, antara lain :

  • Budidaya tanaman buah
  • Budidaya tanaman sayur
  • Budidaya tanaman hias
  • Budidaya tanaman obat 
  • Budidaya tanaman rempah-rempah
  • Dan beberapa jenis lainnya

2. Usaha budidaya hewan ternak

Peluang usaha di desa yang kedua adalah dengan budidaya hewan ternak. Kenapa di desa jauh lebih bagus untuk budidaya ternak? Karena untuk mencari pakan ternak biasanya jauh lebih mudah dibandingkan di kota.

Usaha bidang peternakan lumayan bagus hloh prospeknya. Harga jual ternak sendiri bisa mencapai 2 sampai 3 kali lipat bahkan berlipat-lipat. Dengan catatan bisa mengelola budidaya tersebut tentu saja.

Saya mau bididaya ternak di desa, tapi gak ada modal bagaimana solusinya?

Usaha ternak itu banyak jenisnya. Dan beberapa diantaranya bahkan bisa dimulai dengan modal kecil ratusan ribu. Jadi gak perlu bingung soal itu. Beli itik ayam aja bisa jadi budidaya ternak kok, bahkan cuma butuh modal puluhan ribu rupiah saja.

Baca juga : Belajar budidaya ternak

3. Usaha jualan pupuk pertanian

Di desa pastinya akan lebih dekat dengan yang namanya petani. Dari situlah memunculkan peluang usaha di desa yaitu jualan pupuk pertanian. 

Petani pasti butuh beragam jenis pupuk. Yang paling penting adalah bagaimana Anda mencari spplier pupuk yang bagus dan terpercaya. 

Dengan berjualan pupuk di desa, selain sobat bisa menghasilkan keuntungan. Secara otomatis sobat membantu para petani untuk lebih mudah mendapatkan pupuk. 

Tipsnya biar sukses usaha jualan pupuk didesa adalah bergabung dengan banyak kelompok tani. Dengan begitu sobat akan lebih mudah untuk memasarkan dan menjual dagangan.

4. Usaha buka konter di desa

Usaha konter di desa juga prospeknya bagus untuk tahun 2021 ini dan beberapa tahun ke depan. Karena sekarang ini sudah merata hampir setiap orang mempunyai handphone. Dan mereka pasti butuh yang namanya pulsa dan paket data.

Mas, saya mau buka usaha konter di desa tapi gak ada modal?

Buka konter di rumah aja, mulai dari berjualan pulsa dan paket data. Sekarang sudah semakin banyak kok downline pulsa yang bisa dibayar setelah laku. Jadi sobat cari kerja sama dengan juragan pulsa kalau memang tidak ada modal.

5. Usaha kuliner di desa

Salah satu jenis usaha yang gak ada matinya dan bisa dijalankan dimana saja adalah usaha kuliner. Dan usaha ini juga bisa dijalankan di desa. 

Usaha kuliner sendiri ada banyak jenisnya. Mulai modal kecil sampai modal besar. Mulai makanan ringan sampai makanan berat. Sekarang tinggal Anda pilih saja usaha kuliner jenis apa yang Anda mampu jalankan.

Dan kalau kuliner sih cukup penting untuk memilih tempat yang strategis. 

Pengen usaha kuliner di desa tapi gak punya tempat strategis gimana solusi mas?

Gampang, jualan kuliner dari rumah dan diantar ke rumah. Atau sistemnya COD, jadi iklan aja di facebook atau media online lainnya. 

Sekarang ini sudah banyak di desa yang mulai usaha kuliner dengan sistem online. Jadi jangan sampai ketinggalan ya.

6. Usaha menjalankan bisnis online

Selanjutnya untuk menjalankan bisnis di desa sekarang juga lebih mudah dengan adanya internet yang mulai merata. Jadi sobat juga bisa menjalankan bisnis online dari rumah. 

Berbisnis online dari rumah di desa pastinya lumayan menyenangkan. Karena bisa sambil berkumpul bersama keluarga setiap hari.

Untuk jenisnya pun ada banyak sekali, silahkan simak beberapa materi bisnis online berikut untuk kamu jalankan di desa, antara lain  :

7. Usaha penyewaan alat pertanian

Kalau diatas tadi ada yang namanya jual pupuk pertanian di desa, sobat juga bisa menjalankan sewa alat pertanian. Yang namanya petani pasti butuh alat-alat untuk memperlancar mereka mengolah lahan, mengolah hasil tani atau untuk panen.

Beberapa alat tersebut seperti traktor, mesin panen padi atau bisa juga mesin penggiling padi. Biasanya sih dalam 1 desa itu ada beberapa yang punya. Dan ini peluang juga buat sobat untuk ambil bagian dalam usaha sewa alat pertanian seperti ini. 

8. Usaha wedding organizer

Sudah sampai di point ke 8 sekarang ya. Peluang usaha di desa yang selanjutnya yakni menjalankan bisnis wedding organizer. Atau sebuah team eo yang mengelola sebuah pesta pernikahan. 

Sekarang ini sudah semakin maju di desa. Jadi masyarakatnya dalam mengadakan pesta pernikahan juga dengan cara yang beragam.

Sobat bisa membuka sebuah usaha wedding organizer lalu mempromosikannya di tengah masyarakat. Mulai dari rias pengantin, pengaturan acara resepsi, bahkan bisa juga dalam sewa sound system dan juga tenda pernikahan di desa.

9. Usaha rental mobil

Meskipun sudah mulai banyak yang punya mobil sendiri untuk masyarakat di desa. Namun ada juga yang belum pastinya. Dan yang namanya usaha rental mobil memang terus dibutuhkan dari waktu ke waktu. 

Usaha rental mobil di desa juga termasuk dalam kategori bisnis yang menguntungkan. Karena modal cukup sekali setelah itu tinggal untungnya. 

Lebih bagus lagi jika punya armada yang banyak bisa untuk travel dari desa ke kota, bisa untuk pribadi atau keperluan lainnya. Lalu jangan lupa buat kerjama dengan pihak perusahaan travel seperti traveloka untuk meningkatkan orderan sewa mobil tersebut.

10. Usaha bengkel dan tambal ban

Selanjutnya adalah usaha bengkel dan tambal ban di desa. Sekarang ini volume kendaraan terus meningkat di desa. Dan inilah yang membuat bengkel selalu saja ramai setiap harinya. 

Dan sobat juga bisa mengambil peluang usaha tersebut. Caranya sobat cari celah yang sekiranya belum banyak bengkel dalam satu desa itu. Biasanya masyarakat pasti akan lebih suka ke bengkel terdekat. 

Pengen usaha bengkel di desa tapi tidak punya modal, gimana dong?

Usaha bengkel tidak harus selalu modal besar hloh. Asalkan sobat punya keahlian, yang penting beli alat seadanya sambil tambal ban juga sudah bisa dimulai kok.

11. Usaha cuci steam motor dan mobil

Selain bengkel juga bisa menjalankan usaha cuci steam. Ini juga usaha yang memiliki prospek bagus karena volume kendaraan yang makin meningkat tadi. Dan ini juga bisa sobat jalankan dari rumah dan dengan modal kecil.

Kalau bisa menjalankan usaha steam di desa. Yang paling penting adalah pelayanan Anda bisa memuaskan pelanggan. Dengan memiliki banyak pelanggan, maka sobat bisa mendapatkan pemasukan secara terus menerus. 

12. Usaha barber shop di desa

Tidak semua desa ada usaha barber shop atau potong rambut. Padahal semua orang pasti butuh jasa yang satu ini. Maka dari itu ini adalah kesempatan sobat buat yang ingin memulai usaha di desa.

Mendirikan usaha barber shop di desa juga merupakan jenis usaha yang menguntungkan. Karena memang cukup modal sekali saja sudah bisa jalan terus.

Caranya sobat perlu cari lapak yang strategis di jalan raya. Dengan begitu masyarakat sekitar bisa lebih cepat tahu kalau sobat menjalankan usaha tersebut. 

Kesimpulannya ada banyak sekali jenis usaha di desa yang bisa sobat jalankan di tahun 2021 ini. Yang paling penting adalah bagaimana kreatifitas Anda dan bagaimana mengembangkan potensi Anda untuk usaha tersebut. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "12 Peluang Usaha Di Desa Yang Menguntungkan Di Tahun 2021"

Berlangganan via Email