Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Mengenali Potensi Diri Sendiri Sebelum Mulai Berbisnis

Daftar Isi [Tampil]

Tips mengenali potensi diri sendiri. Halo sahabat bisnisan.id, sebelum Anda terjun ke dunia bisnis alangkah baiknya jika Anda mengenali potensi diri Anda terlebih dahulu. Ini sangat penting karena akan menjadi senjata Andalan bagi Anda dalam memenangkan persaingan bisnis.

Tidak sedikit orang diluaran sana yang menjalankan sebuah bisnis asal-asalan. Sebagian hanya ikut trend, sebagian lagi tidak menjalankan sesuai potensi. Yang akhirnya dia tidak berbisnis sesuai kemampuannya yang sebenarnya. Padahal jika berbisnis sesuai dengan kemampuan diri sendiri, otomatis hasilnya akan menjadi lebih maksimal. 

Bahkan tidak jarang orang yang merasa dirinya tidak punya potensi atau bakat. Itu adalah sebuah pemikiran yang salah. Percayalah bahwa kita setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selama kita mau berusaha, pastinya kita akan mampu ahli dalam satu bidang tertentu yang disitu benar-benar menggunakan potensi diri kita yang sebenarnya.

10 Tips Untuk Mengenali Potensi Diri


tips-mengenali-potensi-diri-sendiri

1. Mengenali potensi diri dengan melihat prestasi yang pernah diraih

Yang pertama adalah dari segi prestasi. Ketika seseorang meraih prestasi, maka bisa diartikan dia unggul dari orang lain. Artinya disitu ada sebuah potensi yang kuat dari seseorang yang meraih prestasi tersebut. 

Sobat juga bisa menggunakan cara yang satu ini untuk mengenali potensi diri sendiri. Coba ingat kembali selama ini pernah berprestasi di bidang apa saja. Dan biasanya disitu Anda akan menemukan potensi diri terkuat dari diri Anda.

Atau mungkin di zaman sekolah dulu sobat pernah berprestasi di lomba tertentu. Bisa jadi itu adalah potensi diri Anda yang sebenarnya. Dengan mengetahui potensi tersebut, Anda bisa menentukan bisnis atau jenis usaha yang paling cocok untuk diri Anda.

2. Mencoba banyak hal baru, kemudian mencari yang mana hasil paling maksimal

Cara yang lain bisa juga dilakukan dengan mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan. Barangkali disitu bakat dan potensi diri Anda akan segera muncul. Carilah refrensi beberapa hal baru yang bisa Anda lakukan. Mulai dari hal-hal yang sekiranya mudah, hingga hal yang sulit. 

Dalam tahapan ini sama halnya dengan mencari jati diri sendiri. Dengan mencoba beberapa hal baru, coba nikmati mana yang paling menyenangkan. Selain itu lihat juga mana hal baru yang paling bisa Anda lakukan dengan maksimal. Biasanya disitu juga mengandung potensi Anda yang sebenarnya.

Sebagai sebuah contoh, misalkan Anda belum pernah membuat kerajinan atau mebel. Coba saja pelajari lalu cobat buat kerajinan atau mebel tersebut. Biasanya Anda belum pernah membuat video, coba buatlah sebuah video. Dari beberapa percobaan tersebut, InsyaAllah Anda segera menemukan bakat atau potensi diri Anda yang sebenarnya.

3. Mengenali potensi diri dari hobi yang dimiliki

Selanjutnya adalah mencari potensi diri sendiri dari hobi yang dimiliki. Dari hobi yang Anda lakukan, bisa jadi didalamnya ada sebuah potensi yang luar biasa. Karena yang namanya hobi, biasanya akan dilakukan tanpa beban, dengan senang hati dan membuah hasil yang maksimal.

Hubungannya dengan sebuah bisnis adalah cocokkan dengan hobi Anda. Coba Anda nilai dari beberapa jenis hobi Anda dan pilih salah satunya sebagai sebuah bisnis. Disini biasanya cukup efektif untuk memunculkan potensi diri yang sebenarnya.

4. Mengenali potensi diri dari pengalaman kerja selama ini

Selanjutnya juga bisa mencari potensi diri dengan melihat pengalaman kerja yang selama ini dilalui. Dari beberapa pengalaman kerja Anda, coba cari pekerjaan yang terbaik. Dimana Anda bekerja bisa sangat sukses dan berhasil. Biasanya disitu juga akan terdapat beberapa potensi diri Anda yang cukup tinggi.

Dunia pengalaman kerja yang selama ini Anda lalui juga tanpa sadar sudah melatih Anda banyak hal. Bisa jadi didalamnya terdapat beberapa potensi diri Anda yang sudah muncul dan bisa Anda kembangkan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Ini juga banyak orang tidak sadar karena justru mereka saking asiknya bekerja untuk perusahaan. Padahal kalau mereka melakukan hal tersebut di dalam usaha yang mereka jalani sendiri, siapa tahu bisa lebih sukses daripada menjadi seorang karyawan.

5. Mengenali potensi diri dengan mengikuti sebuah tes atau kompetisi

Cara yang kelima untuk mencari tahu potensi yang ada dalam diri kita adalah dengan mengikuti sebuah tes atau perlombaan. Ini juga banyak di lakukan dalam ilmu psikologi, yakni tes potensial dan kepribadian. Dengan mengerjakan soal-soal yang dibuat secara khusus untuk mengenali bakat seseorang.

Cara ini bisa juga Anda melakukannya sendiri. Ketika ada sebuah kompetisi, cobalah untuk ikut. Lalu berjuanglah untuk memenangkan kompetisi tersebut. Kalau sampai Anda bisa berhasil menang atau minimal bisa mendapatkan sebuah peringkat atas, disitulah sebenarnya potensi Anda muncul.

Contoh, Anda ikut kompetisi lomba lukis, dan Anda mendapatkan peringkat 10 besar diantara 100 peserta, berarti Anda ada basic kemampuan di bidang tersebut. Karena dengan mengikuti lomba lukis tersebut Anda diukur dengan rata-rata kemampuan orang lain atau peserta lain.

6. Mengenali potensi diri dari penilaian orang lain

Cara lain untuk mengenali potensi diri kita adalah dengan penilaian dari orang lain. Tanpa sadar bahwa orang-orang di dekat kita kadang menjadi lebih paham mengenai diri kita ketimbang kita sendiri. Terutama memahami kelebihan dan kekurangan kita.

Kita bisa bertanya kepada orang tua, atau kepada orang yang kita percayai tentang pendapat mereka kepada kita. 

Contoh kita ajukan saja pertanyaan "Kira-kira kalau saya cocoknya bisnis apa ya, apa ya kelebihanku sebenarnya ?" Dari pertanyaan tersebut kepada orang terdekat kita, kita akan mendapatkan jawaban dan nasihat yang bisa saja membuka dan memberitahu kita mengenai potensi diri kita yang sebenarnya.

7. Mengenali potensi diri dari hal atau benda yang paling disukai

Cara yang ketujuh ini juga bisa Anda gunakan untuk mengenali potensi diri sendiri. Yakni dengan melihat hal atau benda yang kita sukai. Dari kesukaan kita tersebut akan menjadikan diri kita melakukan sesuatu dengan senang hati dan tanpa beban.

Atau bisa juga dari benda yang kita sukai. Benda yang kita sukai bisa memunculkan minat kita untuk mengelolanya. Dan dari minat kita terhadap benda tersebut juga bisa memunculkan sebuah potensi khusus dari dalam diri kita.

Contoh misalkan kita menyukai burung kicau. Dari situ kita bisa memperlakukan burung kicau tersebut dengan sangat baik. Dan dari situ bisa melahirkan keahlian kita untuk menjadi peternak atau pembudidaya burung kicau. Jadi, cobalah perhatikan benda atau hal yang kamu sukai, siapa tahu potensimu ada disitu.

8. Mengenali potensi diri dengan memperbanyak belajar pengetahuan

Banyak membaca dan belajar ilmu-ilmu baru seputar pengetahuan juga bisa memancing potensi diri kita yang sebenarnya. Biasanya dengan kita banyak membaca dan belajar ilmu baru, akan timbul sebuah penasaran. Dari sebuah penasaran tersebut, akan timbul sebuah ketertarikan dan juga minat. Nah, dari situ biasanya seseorang juga bisa menemukan potensi diri mereka yang sebenarnya.

Caranya tentu saja sobat harus memperluas wawasan dengan membaca-baca ilmu baru. Lakukan dengan senang hati dengan niat menambah ilmu dan menggali potensi diri. Semakin banyak membaca, maka semakin cepat pula Anda menemukan potensi Anda tersebut.

9. Mengenali potensi diri dengan memperbanyak skill atau keahlian

Sudah sampai pada cara yang ke 9 ternyata. Ada cara lain lagi yakni dengan memperbanyak latihan skill atau keahlian. Yang namanya skill, kalau dicoba kita gak akan pernah tahu hasilnya. Maka dari itu cobalah untuk belajar beberapa keahlian baru. Siapa tahu cocok dan bisa memunculkan potensi diri Anda yang sebenarnya.

Belajar beberapa keahlian baru bisa dengan mengikuti sebuah kursus atau juga bisa dengan latihan autodidak dengan panduan tutorial dari video atau internet. Cobalah latih beberapa skill atau keahlian baru, lalu pilih satu keahlian yang menjadi senjata andalan bagi Anda. Dari keahlian yang Anda kuasai tersebutlah potensi Anda digunakan dengan baik.

10. Melakukan introspeksi diri 

Sampai pada point ke 10 ini yakni jangan lupa introspeksi diri. Banyak orang yang terlalu berfokus dengan kekurangan sehingga mereka lupa kalau sebenarnya dalam diri mereka terdapat sebuah kelebihan yang luar biasa.

Cobalah untuk introspeksi diri kita dengan lebih objektif, percayalah setiap orang memiliki kelebihan. Semakin Anda percaya diri dalam melakukan sesuatu, disitu semakin besar peluang potensi diri Anda akan keluar. Namun jika seseorang sudah pesimis, maka justru menutup potensi diri mereka sehingga jadi terpendam.

Penjelasan saya yang lumayan panjang ini sebenarnya bertujuan untuk melakukan sinkronisasi. Yakni antara potensi dan bisnis yang Anda jalankan harusnya sejalan. Atau bisa dikatakan ketika sudah mengetahui potensi diri akan bisa memilih jenis bisnis yang tepat. Sangat disayangkan misalkan potensi Anda tidak digunakan dengan maksimal. Padahal itu bisa menjadi sebuah modal yang luar biasa untuk sukses dalam hidup.

Tips mengenali potensi diri sendiri diatas sudah saya jelaskan sebanyak 10 point. Silahkan Anda coba lakukan satu persatu. Selama Anda maksimal dalam mencoba, pasti akan segera membuahkan hasil. Demikian penjelasan dari saya, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "10 Tips Mengenali Potensi Diri Sendiri Sebelum Mulai Berbisnis"

Berlangganan via Email