Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

24 Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar Yang Terpercaya Tahun 2021

Daftar Isi [Tampil]
 bisnis-online-tanpa-modal-untuk-pelajar

Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar Yang Terpercaya Tahun 2021

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar. Sebuah bisnis dijalankan secara online tanpa modal menguntungkan dan sangat cocok untuk pelajar SMP dan SMK. Karena media online sekarang ini sangat membantu memudahkan berbisnis. Sehingga pelajar pun bisa menghasilkan uang. Bukankah sesuatu yang menyenangkan ketika kamu masih sekolah dan sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Bisa untuk keperluan jajan sehari-hari, membeli barang yang diinginkan, bahkan bisa meringankan dan membantu orang tua.

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar pun jumlahnya ada banyak sekali. Namun sebelumnya saya ingin mempertanyakan kembali, apakkah kamu benar-benar berniat memulai bisnis online? Karena bisnis online membutuhkan pashion dan ketekunan. Kalau cuma coba-coba ya pasti akan sulit untuk mendapatkan hasil. Kemudian kalau kamu ingin bisnis online, tentu tidak boleh mengganggu sekolahmu. Karena bagaimanapun sekolah adalah yang terpenting. Harus pandai membagi waktu dengan baik tentunya. Baiklah, kali ini bisnisan.id akan menjelaskan beberapa ide peluang bisnis online tanpa modal buat kamu yang masih sekolah.

Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

1. Bisnis untuk pelajar dengan menjadi reseller dan dropshiper online

Yang pertama kamu bisa menjadi seorang reseller atau dropshiper online. Ini bisa kamu lakukan tanpa modal karena kamu hanya perlu menjualkan produk orang lain. Dan ini cocok buat kamu yang masih sekolah karena bisa dijalankan sebagai usaha sampingan.

Caranya cukup gampang, kamu hanya perlu mencari seller kemudian menjalin kerjasama dengan mereka. Lalu menjualkan produknya melalui online dengan melakukan display gambar. Kemudian kalau barang tersebut sudah laku, maka akan mendapatkan komisi atau keuntungan.

2. Bisnis untuk pelajar dengan berjualan pulsa dan paket data

Bisnis online untuk pelajar yang kedua adalah berjualan pulsa atau paket data. Ini bisa dilakukan tanpa modal, namun kamu harus menjalin kerjasama dengan agen pulsa besar dan mengajukan sistem setoran jika sudah laku.

Tentu saja ini ide usaha yang bagus untuk seorang pelajar. Dengan memanfaatkan perangkat handphone yang dimiliki saja sudah mulai bisa berjualan dan mendapatkan hasil keuntungan dari setiap pulsa dan paket data yang dijual.

Apalagi jika seorang anak sekolah sudah dikenal teman-temannya berjualan pulsa atau paket data, pasti akan menjadi lebih mudah menjual setiap hari.

3. Bisnis untuk pelajar dengan menjadi youtuber

Seorang pelajar juga bisa menjadi seorang youtuber. Jangankan untuk pelajar SMK, untuk pelajar SMP, SD dan anak-anak pun bisa menjadi seorang youtuber.

Hal itu terbukti dengan ada banyak youtuber cilik yang sudah sukses dan menghasilkan banyak uang.

Ini bisa dilakukan seorang pelajar bahkan tanpa modal dan tanpa mengganggu aktifitas sekolah, karena bisa dilakukan dirumah masing-masing sepulang sekolah.

4. Bisnis untuk pelajar dengan menjadi seorang blogger

Bisnis online selanjutnya untuk pelajar yang cocok adalah menjadi seorang blogger. Ini juga bisa dilakukan tanpa modal asalkan sudah memiliki perangkat dan juga internet.

Menjadi blogger cocok untuk pelajar karena hanya pelu menulis dan upload di blog secara rutin. Ini cocok bagi pelajar yang hobi atau mau belajar menulis dan mengembangkan bakat penulisan.

Kemudian dari segi penghasilan, blogger termasuk bisnis online tanpa modal dan terbukti membayar

5. Bisnis untuk pelajar dengan menjadi editor video

Apakah kamu orang yang hobi editing video? Atau hobi berkreasi membuat video-video yang unik dan kratif? Maka menjadi editor video cocok untuk jadi pilihan bisnis buat kamu.

Pelajar juga bisa melakukan ini karena tidak harus mengeluarkan banyak modal. Kemudian editing video bisa menghasilkan uang dari beberapa cara. Menjual jasa editing, atau membuat video sendiri di upload ke youtube, tiktok atau facebook.

Ini juga sangat cocok untuk anak SMK jurusan multimedia. Karena di sekolah, mereka sudah diajarkan dasar-dasar cara pembuatan video itu sendiri.

6. Bisnis untuk pelajar di bidang komputer

Buat anak SMK TKJ atau IT, pastinya cocok menjalankan bisnis online di bidang komputer. Tentu lebih bagus jika memilih bisnis yang tidak perlu modal. Seperti menjadi reseller accesoris komputer, mengadakan les privat komputer dan sejenisnya.

Kalau sudah biasanya otak atik komputer, saya yakin akan menyenangkan buat kamu menjalankan bisnis di bidang komputer.

Baca juga : Ide bisnis di bidang TKJ

7. Bisnis untuk pelajar dengan menjadi freelancer online

Menjadi freelancer online juga sangat cocok dijalankan seorang pelajar. Yakni dengan mencari job yang sesuai dengan kompetensi diri di situs freelancer. Kemudian mengerjakan job tersebut lalu menghasilkan uang.

Kamu tidak perlu modal apapun, cukup modal keahlian saja. Biasanya di situs freelancer akan ada ribuan job, mulai dari penulisan, penerjemah, desain, pembuatan aplikasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Selama kamu ahli di bidang tersebut, maka tidak ada yang perlu kamu kuatirkan.

Baca juga : Daftar situs freelancer

8. Bisnis untuk pelajar dengan menjadi penulis artikel online

Apakah kamu mempunyai hobi atau keahlian dalam menulis artikel? Kalau iya sudah pasti menjadi penjadi penulis artikel online merupakan solusi bisnis yang tepat buat kamu.

Sekarang ini banyak developer website dan blog membutuhkan artikel dan jasa penulis artikel. Kamu bisa membuka penjualan jasa artikel kepada mereka.

Selain itu jika kamu hobi menulis, juga bisa menjadi seorang blogger dan juga freelancer sebagai ide bisnis yang lain.

Baca juga : Cara menghasilkan uang dari hobi menulis artikel online

9. Bisnis untuk pelajar dengan menjual foto online

Bagi kamu yang memiliki hobi di dunia fotografi, saya kira cocok untuk menjalankan bisnis penjualan foto secara online.

Kamu bisa menjual foto online melalui situs penjual foto. Atau bisa juga melalui marketplace atau bahkan membuat website penjualan foto sendiri.

Ini bisa dilakukan kamu sebagai usaha sampingan selain menjalani aktifitas sekolah sehari-hari. Dan tidak perlu modal besar, yang penting mempunyai kamera dan paket data saja.

10. Bisnis untuk pelajar dengan memberikan les privat

Kalau kamu ahli di bidang mata pelajaran tertentu, kamu juga membuka usaha les privat. Mungkin les privat untuk tingkatan pelajar di bawahmu. Misalkan saja kamu siswa SMK dan memberikan les privat pada pelajar SMP atau SD.

Ini bisa kamu jalankan bahkan tanpa modal. Kamu bisa beriklan via online, kemudian melayani privat panggilan kerumah atau mereka yang datang kerumahmu.

Les privat juga bisa kamu adakan untuk pelajaran ekstra kulikuler, seperti keahlian komputer, pramuka atau bela diri.

11. Bisnis untuk pelajar dengan menjual kebutuhan peralatan sekolah

Buat seorang pelajar, pastinya akrab dengan peralatan-peralatan sekolah. Hal ini membuka peluang bisnis untuk menjual peralatan sekolah.

Kamu bisa menjualnya via online peralatan sekolah tersebut. Agar tidak mengeluarkan modal, kamu perlu bekerja sama dengan seller di bidang alat tulis sekolah. 

Selama kamu tekun, bisa jadi ini solusi terbaik menghasilkan uang sambil menempuh jenjang pendidikan. Bisa untuk keperluan sekolah kamu, atau bahkan bisa untuk membantu meringankan beban orang tua.

12. Bisnis menjadi selebgram

Selebgram juga merupakan salah satu profesi yang cukup terkenal di kalangan pelajar. Ini juga bisa menjadi ide bagus untuk para pelajar SMK.

Caranya mudah, yakni rajin upload foto dan video ke instagram. Kemudian dapatkan followers sebanyak mungkin.

Ketika followers kamu sudah banyak, kamu bisa mendapatkan uang dari iklan dan juga endorsmen.

13. Bisnis dengan menjalankan affiliate marketing online

Seorang pelajar juga bisa menjalankan sebuah bisnis affiliate marketing. Yakni dengan mencari referral atas jaringan affiliate yang ini dikembangkan.

Ada banyak sekali perusahaan yang membuka affiliate via online buat kamu. Sebagai contoh adalah affiliate shopee, affiliate amazon, affiliate niagahoster dan masih banyak yang lainnya.

Jangan kuatir soal modal, karena ini bisa kamu lakukan bahkan tanpa modal sama sekali. Selama kamu memiliki handphone dan paket data, maka kamu bisa menjalankan affiliate marketing.

14. Bisnis online dengan menjual jasa pembuatan blog

Kalau kamu mahir dalam membuat sebuah blog. Kamu juga bisa menjual jasa pembuatan blog secara online. 

Ini merupakan ide bisnis bagus untuk pelajar karena bisa sambil mengembangkan potensi dan kratifitas. Apalagi jika kamu sudah bisa mendesain template sendiri, maka peluang penghasilanmu lumayan besar.

Jasa pembuatan blog bisa dilakukan oleh pelajar bahkan tanpa modal. Yakni dengan memanfaatkan fasilitas hosting dan domain gratis seperti blogspot.

15. Bisnis online pelajar dengan menjadi jasa penerjemah online

Kalau kamu ahli dalam bahasa asing tertentu, misalkan bahasa inggir atau jepang. Maka kamu bisa menjual jasa penerjemah via online.

Bisnis ini cocok untuk pelajar karena tidak perlu mengeluarkan modal. Kamu hanya perlu bergabung dengan situs penerjemah atau mencari job penerjemah online melalui situs freelancer.

Meskipun masih sekolah, kalau kamu bisa menjual jasa penerjemah online, bisa jadi kamu akan mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. 

16. Bisnis online dengan menjual jasa desain grafis

Kalau kamu ahli di bidang desain grafis, seperti desain gambar atau logo, maka menjual jasa desain grafis bisa jadi pilihan bisnis buat kamu. Ini juga bisa kamu pasarkan via online tanpa modal.

Kamu bisa membuat sebuah blog yang mempromosikan hasil desain kamu dan sekaligus membuka pelayanan bagi yang ingin melakukan desain grafis.

Asah terus kratifitasmu dalam desain, karena harga desain yang bagus bisa bernilai sangat mahal. Ini memungkinkan bagi kamu yang masih pelajar, berpenghasilan puluhan juta rupiah setiap bulannya.

17. Bisnis untuk pelajar dengan menjadi fotografer

Kalau kamu hobi di dunia fotografi, kamu juga bisa menjalankan bisnis menjadi seorang fotografer. Ini juga sebuah ide bagus untuk pelajar karena bisa dilakukan di luar jam sekolah.

Menjadi fotografer cocok buat kamu yang memiliki kemampuan seni mengambil foto yang bagus. Selama hasil foto kamu bagus, kamu pasti akan sering dimintai jasa orang-orang di acara-acara penting.

Selain itu kamu juga bisa menjual foto tersebut via online untuk menambah penghasilan kamu.

18. Bisnis untuk pelajar dengan menjadi seorang vlogger

Menjadi vlogger juga bisa jadi pilihan seorang pelajar untuk menghasilkan uang. Yakni dengan kamu membuat sebuah video vlog aktifitas keseharian kamu atau untuk mengulas tempat-tempat tertentu.

Bisnis online dengan menjadi vlogger bisa menghasilkan uang dari berbagai cara. Menjual video hasil vlog itu sendiri, kemudian menjadi blogger, menjadi youtuber dan juga mendapatkan iklan dan endorsmen dari sponsor.

Yang paling penting kamu bisa membuat video yang menarik, kreatif, unik atau menghibur. Selama video kamu bisa menarik perhatian banyak orang via online. Maka penghasilan kamu pun akan semakin besar.

19. Bisnis untuk pelajar dengan memberikan edukasi berbayar via online

Peluang bisnis yang lain yakni dengan mengadakan edukasi berbayar via online. Ini juga bisa dilakukan oleh seorang pelajar selama bisa memberikan materi khusus.

Edukasi berbayar video online bisa kamu lakukan dalam bentuk private online. Atau bisa juga dengan mengadakan webinar berbayar untuk para member yang mendaftar.

20. Bisnis untuk pelajar dengan mengadakan podcaster

Peluang bisnis sebagai podcaster sekarang ini juga makin banyak diminati. Sebagai contoh adalah youtuber ternama deddy corbuzier, yakni dengan cara mengundang bintang tamu atau narasumber yang akan kamu ajak ngobrol dalam podcast yang kamu adakan.

Seorang pelajar pun bisa melakukan ini asalkan kamu pandai dalam mengolah pembicaraan dalam sebuah podcast. Kemudian peluang penghasilannya akan kamu dapatkan dari pengiklan.

21. Bisnis untuk pelajar dengan menjual kaos dan fashion anak muda

Yang namanya pelajar pasti identik dengan fashion anak muda. Ini juga bisa kamu jadikan salah satu ide bisnis sampingan selain kamu sekolah.

Menjual baju, kaos atau fashion anak muda akan lebih mudah jika semua teman sekolahmu sudah tahu. Selain itu kamu juga bisa mempromosikannya melalui situs-situs jual beli via online.

Lalu bagaimana dengan modal? Kalau kamu tidak punya modal, tentu kamu harus bekerja sama dengan sebuah distro atau seller yang menjual kaos dan fashion anak muda untuk bisa kamu jual kembali dan mendapatkan keuntungan.

22. Mengikuti survey online berbayar bagi pelajar

Selanjutnya kamu juga bisa berbisnis online dengan mengikuti survey berbayar. Banyak kok situs yang mengadakan event survey, lalu bagi siapa saja yang mengkutinya, nanti akan mendapatkan bayaran dari hasil survey kalian tersebut.

Tentu saja ini bisnis sampingan yang bahkan tidak membutuhkan modal. Selama kamu memiliki handphone dan internet, maka kamu bisa menjalankan bisnis yang satu ini.

Dan juga termasuk bisnis sampingan yang cukup mudah, karena hanya perlu menjawab pertanyaan survey terhadap sebuah objek dan nanti sudah bisa mendapatkan bayaran.

23. Bisnis online untuk pelajar dengan menjadi admin sosial media

Bisnis online yang lain yang bisa dilakukan seorang pelajar adalah menjadi admin sosial media. Selama kamu ahli untuk mengolah komunikasi via online, pastinya akan mudah dilakukan.

Kemudian kamu juga bisa menghubungi seorang tokoh atau perusahaan. Lalu kamu menawarkan jasa admin pembuatan sosial media sekaligus moderator untuk mereka.

Banyak kok perusahaan atau artis yang membayar admin untuk mengurus akun mereka. Dari situ kamu bisa menawarkan diri.

24. Bisnis online untuk pelajar dengan melakukan jual beli barang bekas

Yang namanya jual beli barang bekas bisa dilakukan siapa saja, termasuk oleh pelajar. Kamu juga bisa menjual barang tersebut via online.

Kamu bisa bekerja sama dengan toko-toko barang bekas untuk menjualkan barang mereka. Atau kamu bisa mencari barang bekas yang murah lalu kamu jual kembali untuk mendapatkan keuntungan.

Selama kamu paham dan bisa memainkan harga, saya yakin kamu bisa mendapatkan banyak uang.

Kesimpulan

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar memang banyak sekali jumlahnya. Kamu bisa memilih yang bisnis yang paling cocok untuk kamu jalankan. Selama kamu tekun, maka di kemudian hari kamu akan menghasilkan banyak uang meskipun kamu masih seorang pelajar. Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat, tetap semangat dan terima kasih.

6 komentar untuk "24 Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar Yang Terpercaya Tahun 2021"

  1. Kalau menurutku paling cocok buat pelajar ya blogger gan bisnisnya. Sekalian berbagi ilmu, sekalian juga mendapatkan penghasilan.

    Lagipula blogger bisa dijalanin sepulang sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, kalau blogger bagus buat anak sekolah dan pelajar. Khususnya yang hobi nulis.Tapi sekarang ini kebanyakan pada malas buat nulis,hehe. malah lebih banyak yang minat youtuber sama instagram

      Hapus
  2. Ide bisnis banyak emang. Yang sulit itu menjalaninya, kadang sudah mulai tapi ditengah jalan nyerah karena gak cepat dapat hasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kk benar sekali, yang susah itu konsistensinya

      Hapus
  3. Bagus om banyak sekali ide bisnisnya. Btw yang paling rendah resiko dan paling bagus bisnis apa sekarang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua bisnis mengandung resiko om, tergantung bagaimana kita menyikapinya saja. Terutama memikirkan cara untuk meminimalisir resiko tersebut.

      Kalau bicara bisnis apa yang bagus buat saat ini, kalau menurutku sesuaikan dengan keadaan diri sendiri saja om, kecuali kalau mau ikut trend ya sesuaikan dengan trend sekarang

      Hapus