Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Pengertian Budidaya Tanaman Beserta Jenis Budidaya Tanaman

Daftar Isi [Tampil]

Belajar Pengertian Budidaya Tanaman - Budidaya tanaman adalah sebuah tindakan membudidayakan atau memelihara jenis tanaman tertentu. Mungkin Anda sering mendengar istilah yang namanya budidaya tanaman. Dan sekarang berniat hal tersebut. Baiklah sobat, Bisnisan.id kali ini akan memberikan meterinya lengkap untuk Anda. 

Budidaya tanaman sekarang ini merupakan sebuah peluang usaha yang cukup banyak diminati. Karena dalam beberapa jenis tanaman memberikan keuntungan yang cukup besar. Selain itu juga bisa dimulai dengan modal yang cukup rendah. Meskipun demikian juga tidak mudah untuk sukses menjadi budidaya tanaman. Jadi harus banyak belajar dari memulai, mengolah hingga panen. 

Selain sebagai peluang usaha, sebagian orang melakukan budidaya tanaman sebagai sebuah hobi. Hal ini banyak terjadi pada para pembudidaya tanaman hias. Karena memang tanaman hias cukup menyenangkan untuk dipelihara dan dibudidayakan. 

Pengertian Budidaya Tanaman Beserta Jenis Budidaya Tanaman

pengertian budidaya tanaman


Sampai disini saya kira Anda sudah mulai paham mengenai pengertian budidaya tanaman. Intinya adalah memilihara tanaman tertentu untuk tujuan tertentu. Entah itu untuk usaha, untuk hobi atau memang melestarikan jenis tanaman tertentu. Setelah mari kita pelajari jenis atau macam-macam kategori dari budidaya tanaman, antara lain sebagai berikut : 

1. Budidaya Tanaman Sayur-Sayuran 

Yang pertama jenis budidaya tanaman adalah budidaya tanaman sayur-sayuran. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jenis sayuran di Indonesia sendiri banyak sekali jumlahnya. 

Hal inilah yang menjadikan bisnis budidaya tanaman termasuk budidaya yang sangat menguntungkan. Karena memang kebuthan sayur di tengah masyarakat akan ada setiap hari dengan banyak jenis tersebut. Mulai dari bayam, kangkung, terong, buncis dan puluhan lainnya.

Hal lain yang menyebabkan budidaya tanaman sayur menguntungkan adalah lahan atau tanah di Indonesia sangat subur dan mudah untuk mengembangbiakkan sayur-sayuran.

2. Budidaya Tanaman Buah 

Sama dengan point pertama tanaman ini juga untuk dikonsumsi, namun bagian buahnya. Makanya disebut sebagai budidaya tanaman buah.

Ini juga banyak sekali di Indonesia untuk contoh-contohnya. Mulai dari budidaya tanaman buah mangga, apel, jeruk, pisang, strawberry dan puluhan jenis tanaman buah lainnya. 

Dan dengan kanekaragaman buah yang ada tersebut menjadikan bisnis perdagangan buah terus menguntungkan dari hari ke hari. 

3. Budidaya Tanaman Bunga 

Jenis budidaya tanaman selanjutnya adalah budidaya tanaman bunga. Hal ini tentu saja bisa diartikan sebagai memelihara tanaman bunga. Sebagian pembudidaya menjadikan bunga untuk dijual namun sebagian pula menjadikannya sebagai upaya pelestarian.

Bisnis budidaya tanaman bunga sendiri bisa menjadi bisnis yang cukup mahal. Apalagi untuk jenis-jenis bunga tertentu yang mencapai puluhan juta rupiah.

4. Budidaya Tanaman Hias 

Jenis yang selanjutnya ini hampir mirip dengan jenis yang ketiga yakni budidaya tanaman hias. Bedanya tanaman hias bisa diartikan lebih luas lagi ketimbang khusus tanaman bunga. Seperti tanaman bonsai contohnya. 

Lalu untuk bisnis budidaya tanaman hias pun juga termasuk dalam kategori bisnis budidaya tanaman yang menguntungkan. Karena biasanya akan menghadirkan jenis-jenis tanaman hias yang unik dan langka. 

5. Budidaya Tanaman Obat 

Apakah sobat kenal dengan yang namanya obat herbal? Nah biasanya dihasilkan dari jenis budidaya tanaman obat. Yakni budidaya yang mengembangbiakkan tanaman-tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat-obatan.

Biasanya juga dijadikan sebagai jamu-jamu tradisional. Seperti kunyit, kencur, suruh dan puluhan jenis tanaman obat lainnya.

Jika bicara masalah bisnis termasuk juga jenis budidaya tanaman yang menguntungkan. Namun selain itu juga dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat ada dalam misi budidaya yang satu ini.

6. Budidaya Tanaman Rempah-Rempah 

Indonesia dikenal dengan tanaman rempah-rempah. Karena memang jenis rempah-rempah ada banyak sekali jumlahnya. 

Tanaman yang satu ini termasuk dalam kategori bumbu masakan atau bisa juga sebagian dijadikan sebagai tanaman obat.

Buat sobat yang membudidayakan tanaman ini juga berprospek bagus. Karena setiap hari yang namanya rempah-rempah akan terus dibutuhkan ditengah masyarakat kita. 

7. Budidaya Tanaman Pangan

Point yang ketujuh adalah budidaya tanaman pangan, yakni sebuah budidaya tanaman yang terdapat bagian yang bisa dimakan atau dikonsumsi. 

Dalam hal ini termasuk juga tanaman sayur, buah, rempah-rempah dan juga obat. Namun lebih luas lagi berbagai tanaman pangan lain seperti halnya padi, jagung, gandum dan segala macam tanaman untuk dikonsumsi. 

Kalau bicara masalah bisnis termasuk juga dalam kategori bisnis tanaman yang menguntungkan. Bagaimana tidak yang namanya kebutuhan pangan akan terus terjadi setiap harinya.

Sampai disini saya yakin sobat sudah paham mengenai pengertian budidaya tanaman dan juga jenis-jenis budidaya tanaman itu sendiri. Dengan jumlah yang sangat banyak sudah seharusnya kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Belajar Pengertian Budidaya Tanaman Beserta Jenis Budidaya Tanaman"