Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Agar Cepat Sukses

Daftar Isi [Tampil]
cara-memulai-bisnis-online-dari-nol

Cara Jitu Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

Cara memulai bisnis online dari nol. Yakni sebuah langkah bagaimana memulai bisnis online dari nol dengan cara benar untuk pemula agar cepat sukses. Karena yang namanya bisnis, bagaimana memulainya dari awal akan sangat menentukan bagaimana sebuah bisnis itu berjalan. Apalagi bisnis online, bisnis yang sangat diminati di mata masyarakat kali ini. Karena kemudahannya yang bisa dimulai bahkan tanpa modal. Padahal pada kenyataannya bisnis online tidak semudah itu, karena tingkat persaingannya yang sangat tinggi.

Lalu apa saja yang harus dilakukan dalam memulai bisnis online? Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat memulai bisnis online. Dan kali ini bisnisan.id akan mencoba menjelaskan hal-hal tersebut bagi Anda. 

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

1. Kuatkan niat dan minat untuk memulai bisnis online

Yang pertama adalah yakinkan dirimu dan minat kamu kalau benar-benar ingin menjalankan bisnis online. Karena bisnis online membutuhkan pashion yang sesuai didalam menjalankannya. Misalkan saja kamu adalah orang yang suka otak atik internet, suka browsing, googling, kemudian suka bermedia sosial, kemungkinan kamu memiliki pashion yang cocok untuk memulai bisnis online.

Kuatkan niat dan motivasimu untuk memulai bisnis online terlebih dahulu. Karena bisnis online butuh semangat yang tinggi dan tidak mudah menyerah dalam menjalankannya. Meskipun terkesan mudah untuk dimulai, namun menjalani bisnis online membutuhkan kesabaran untuk bisa terus berkembang dan menjadi sukses.

2. Tentukan jenis bisnis online yang tepat

Langkah selanjutnya adalah tentukan jenis bisnis online yang tepat. Ini juga hal yang sangat penting, karena kalau kamu salah memilih jenis bisnis, akibatnya tidak akan maksimal dalam menjalankannya. Mungkin kamu bakalan butuh beberapa tips mengenali potensi diri sebelum berbisnis. Hal ini bertujuan untuk memilih bisnis yang paling sesuai dengan potensi kamu yang sebenarnya.

Sebuah fakta para pebisnis yang gagal, mereka sebagian telah salah memilih bisnis. Yakni tanpa melihat kemampuan diri mereka yang sebenarnya. Terkadang cuma karena ikut-ikutan orang lain. Jadi pastikan bisnis yang kamu pilih benar-benar sesuai dengan potensi, kemampuan atau keahlian yang kamu miliki.

Baca juga : Bisnis online tanpa modal sepeserpun

3. Pelajari lebih dalam bisnis online yang sudah dipilih

Ketika sudah menemukan jenis bisnis online yang Anda pilih. Langkah selanjutnya pelajari bisnis tersebut lebih dalam lagi. Jangan buru-buru untuk memulai bisnis, tapi pelajari dulu jenis bisnis yang ingin Anda jalankan tersebut. Misalkan saja mencari buku panduan, melihat tutorial di internet, atau kamu bisa juga mencari orang yang sudah sukses dalam bidang tersebut. Sehingga kamu bisa banyak belajar terlebih dahulu sebelum memulai bisnis tersebut.

4. Persiapkan rancangan yang matang untuk memulai bisnis online

Jika kamu sudah cukup memiliki wawasan mengenai bisnis yang akan dijalankan. Langkah selanjutnya adalah mulai merancang persiapan bisnis online Anda tersebut. Rancangan tersebut meliputi beberapa hal. Baik itu dari segi metode maupun dari segi alat. Kemudian dalam rancangan bisnis online Anda, buatlah juga sebuah jadwal. Jadwal bagaimana nanti Anda menjalankan bisnis tersebut. 

Memulai bisnis online dengan rancangan yang matang akan jauh lebih bagus daripada asal-asalan. Dan rancangan awal yang Anda tulis inilah yang Anda jadikan sebuah patokan menjalankan bisnis kedepan.

5. Persiapkan modal memulai bisnis online

Kalau mau berbisnis tentu membutuhkan modal. Termasuk untuk memulai bisnis online. Apalagi jenis berjualan online shop atau jual produk lainnya. Nah, disini Anda perlu mempersiapkan modal dengan baik tentu saja. Perhatikan apakah modal Anda benar-benar cukup untuk bisnis yang Anda pilih? Kalau iya berarti bisa dijalankan. Namun kalau tidak cukup berarti Anda perlu memikirkan strategi lainnya. Saran saya jangan memaksakan diri untuk meminjam modal di awal memulai bisnis. Karena itu adalah sebuah tindakan yang beresiko.

Lalu bagaimana jika tidak punya modal? Anda bisa menjalankan pilihan bisnis tanpa modal. Ada banyak sekali kok jumlahnya, dan saya bahas juga di artikel lainnya. Intinya mulailah sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan begitu usaha Anda akan berjalan dengan resiko yang lebih rendah.

Baca juga : Cara mengelola keuangan usaha

6. Persiapkan sarana dan prasana memulai bisnis online

Untuk memulai bisnis online, Anda juga perlu mempersiapkan alat atau sarana dan prasana yang dibutuhkan. Alat dan sarana ini tentu sesuaikan saja dengan bisnis online yang Anda pilih tadi. Sebenarnya syarat utama untuk bisa menjalankan bisnis online, minimal ada perangkat misal hp, laptop atau komputer dan internet saja sudah cukup. Simple kalau masalah alat, kecuali Anda mau jualan sebuah produk via online, maka Anda butuh beberapa alat lain untuk mengelola produk tersebut.

7. Mulai menjalani rutinitas bisnis online

Setelah semuanya sudah siap, silahkan kamu bisa memulai bisnis online tersebut. Tidak ada salahnya kalau kamu mengadakan peresmian atas dimulai bisnis Anda. Meskipun bisnis kecil-kecilan juga penting untuk meresmikan dimulainya bisnis Anda. Karena momentum ini bisa sangat berharga di kemudian hari nanti. Selain itu jika Anda meresmikan pendirian usaha online, di kemudian hari bisa lebih mudah mengevaluasi usaha dari segi waktu karena Anda bisa mengingatnya dengan baik.

Siapa tahu saja di masa depan bisnis Anda akan menjadi besar seperti halnya perusahaan google dan yang lainnya. Maka dari itu penting untuk Anda meresmikan mulainya bisnis. Meskipun kecil-kecilan ya di resmikan sendiri atau mengajak teman atau keluarga.

8. Melakukan promosi bisnis online

Setelah bisnis online Anda dimulai, ada tahapan awal yang sangat penting, yakni melakukan promosi. Promosi sendiri Anda bisa menempuhnya dengan berbagai macam cara. Mulai dari promosi yang gratis dan ada juga promosi berbayar. Manfaatkanlah semua strategi promosi online yang Anda kuasai. Mulai dari facebook, twitter, istagram, kaskus, membuat faspage, membuat website, pasang iklan di situs-situs periklanan, ecommerce dan masih banyak lagi yang lainnya. Kemudian kalau Anda punya anggaran dana untuk promosi, maka Anda bisa melakukan promosi berbayar. Mulai dari menggunakan google adwords, facebook ads, membayar iklan di situs besar, backlink dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga : Macam-macam strategi promosi

9. Berusaha memenangkan persaingan pemasaran online

Dalam aktifitas promosi, atau pemasaran bisnis online, Anda harus bisa memengkan persaingan pasar. Ini adalah tantangan utama dalam Anda menjalankan bisnis online. Yakni bagaimana caranya Anda bisa tampil lebih unggul dibandingkan pebisnis lain atau kompetitor Anda. Dalam beberapa hal Anda harus unggul. Mulai dari kualitas yang lebih baik, pelayanan yang lebih baik, memberikan penawaran program yang lebih menarik, memberikan harga yang bersaing dan dalam beberapa hal lainnya. Selama Anda bisa memenangkan persaingan, maka kemungkinan usaha Anda akan menjadi cepat berkembang.

Baca juga : Kunci sukses seorang pengusaha dalam memenangkan pasar

10. Meningkatkan branding secara online

Dalam berbisnis Anda harus mampu meningkatkan branding Anda. Yakni sebuah citra usaha Anda di mata publik. Jadi di awal-awal Anda harus berusaha untuk terus meningkatkan branding bisnis online Anda. Mulai branding tampilan, bagaimana Anda mendesain logo, mendesain website atau blog, mendesain fanspage, menggunakan gambar-gambar yang menarik di media sosial. Ini menjadi sangat penting untuk mendapatkan penilaian positif dari orang-orang. 

Kemudian meningkatkan branding juga bisa dilihat dari kualitas usaha Anda. Baik itu kualitas produk maupun kualitas pelayanan. Karena dengan produk dan pelayanan yang baik, maka branding usaha Anda menjadi lebih terpercaya.

Baca juga : Cara meningkatkan brand awareness

11. Pelajari dan perdalam ilmu SEO

Di dalam bisnis online Anda tentu membutuhkan strategi pemasaran yang jitu, salah satunya menggunakan SEO untuk meningkatkan pengunjung website atau blog milik Anda. SEO sendiri adalah sebuah strategi menyesuaikan isi website Anda dengan pencarian tertarget di search engine, google contohnya. Dengan menggunakan strategi SEO yang maksimal dan website Anda bisa tampil di halaman pertama pencarian google, maka kemungkinan website Anda akan dibanjiri pengunjung. Dengan begitu kemungkinan bisnisa Anda cepat laku juga semakin tinggi.

12. Jangan lupa membangun relasi bisnis online

Di dalam menjalankan bisnis jangan lupa membangun relasi bisnis yang baik. Termasuk juga menjalankan bisnis online. Karena dengan kamu memiliki relasi, maka bisnis kamu akan mudah berkembang. Relasi bisnis bisa menjadi jalan kerjasama, jalan bertukar pikiran, saling mendukung dan yang lainnya. Dan semakin banyak relasi bisnis, biasanya sebuah usaha akan lebih cepat maju.

Cara membangun relasi bisnis harus Anda pelajari dengan baik. Bergabunglah dengan komunitas bisnis yang sejenis atau yang masih berhubungan. Dapatkan teman yang nantinya bisa diajak kerjasama yang saling menguntungkan.

13. Responsive dalam menanggapi dan memberikan pelayanan online

Selanjutnya jika Anda sudah bisa menemukan calon pembeli atau calon pelanggan, maka layanilah dengan baik. Selalu merespon setiap chat atau pertanyaan dari mereka. Kemudian sabar dalam menghadapi pelanggan yang sedikit rewel. Dan jangan sekali-kali mengecewakan pelanggan Anda.

Sebuah pelayanan yang cepat dan tepat akan sangat penting untuk bisnis Anda. Karena kalau pembeli puas dengan pelayanan Anda, di kemudian hari mereka akan terus membeli pada Anda lagi.

14. Mulai melakukan penjualan online dengan cepat

Lakukan penjualan secepat dan sesegera mungkin. Hal ini bertujuan untuk mempercepat perputaran uang dalam bisnis Anda. Dan juga untuk segera menutup pengeluaran modal yang sudah Anda keluarkan. Semakin cepat Anda memutarkan uang, maka semakin cepat pula bisnis online Anda akan cepat berkembang. 

Makanya penting bagi Anda untuk gerak cepat dalam menangkap setiap peluang. Ketika ada calon pembeli menghubungi Anda, bagaimana cara nya jangan sampai lolos dan segera melakukan penjualan.

15. Harus pandai mengatur keuangan dalam menjalankan bisnis online

Hal yang tidak kalah penting dalam bahasan kali ini adalah cara mengelola keuangan usaha. Yang namanya bisnis, kalau Anda tidak pandari mengelola keuangan usaha, pasti bisnis cepat rugi bahkan bisa bangkrut. Terutama saat Anda melakukan pengeluaran, perhitungkan dengan baik agar bisa tepat sasaran. Terus berhemat selama Anda menjalankan bisnis juga sangat diperlukan. Apalagi bisnis online baru dimulai, harus pintar menyisihkan keuangan dengan baik.

16. Terus berusaha mengembangkan bisnis online

Selanjutnya adalah berusaha terus mengembangkan bisnis online Anda. Jangan buru-buru untuk hidup bermewah-mewahan. Tapi usahakan setiap keuntungan yang Anda dapat, gunakan untuk pengembangan usaha terlebih dahulu. Sebagai contoh, setiap mendapat untuk Anda gunakan untuk penambahan unit produk yang dijual, setiap untung Anda gunakan untuk upgrade tampilan website dan setiap untung fokuskan bagaimana memperbaiki dan membesarkan usaha Anda. Dengan begitu bisnis online Anda akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Kesimpulan materi cara memulai bisnis online

Cara memulai bisnis online dari nol sebenarnya bukan hal yang sulit. Selama Anda mau teliti dan disiplin. Berusaha memilih bisnis yang tepat, melakukan persiapan dengan baik. Kemudian terus tekun dan konsisten dalam membangun bisnis Anda. InsyaAllah kalau kamu sabar dan konsisten, di kemudian hari nanti bisa sukses dalam bisnis online yang dijalankan. Demikian panduan dari saya kali ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda dan terima kasih.
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "16 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Agar Cepat Sukses"

Berlangganan via Email