Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Cara Meningkatkan Brand Awareness Dalam Merintis Usaha

Daftar Isi [Tampil]
cara-meningkatkan-brand-awareness

Cara Meningkatkan Brand Awareness Dalam Merintis Usaha Baru

Cara meningkatkan brand awareness. Yakni sebuah cara rasa, citra, pandangan, popularitas dan penilaian masyarakat terhadap nama brand usaha milik Anda. Dan ketika nama usaha Anda sudah akrab ditengah masyarakat pastinya usaha Anda akan menjadi cepat berkembang. Tentu saja untuk Anda yang baru membangun usaha baru penting untuk memikirkan masalah yang satu ini. Yakni bagaimana caranya agar nama usaha Anda bisa dikenal baik dan dihafal oleh publik. Bukan sesuatu hal yang mudah memang, tapi juga bukan hal yang tidak mungkin. Selama Anda rajin dalam mengenalkan usaha Anda dengan baik kepada publik.

Cara meningkatkan brand awareness sendiri ada banyak sekali macamnya. Dimulai dari segi promosi, dan juga diimbangi dari kualitas usaha yang Anda jalankan. Jadi promosi saja tidak akan cukup, karena nanti masyarakat dan juga publik, akan menilainya dari bukti yang Ada. Salah satu contoh brand awareness yang sudah berhasil di tengah masyarakat ada banyak sekali. Yakni perusahaan-perusahaan besar yang namanya sudah melekat di ingatan masyarakat. Misalkan google, masyarakat saat ini sampai berfikir kalau ada pertanyaan sedikit "cari di google", kemudian ada istilah lain "googling", itu adalah bentuk kesuksesan perusahaan google dalam menciptakan brand awareness.

Lalu bagaimana cara meningkatkan brand awareness untuk seorang pemula? Kali ini bisnisan.id akan mencoba memberikan beberapa tips untuk Anda. Semoga saja dengan tips dari kami bisa membantu Anda mengatasi permasalahan kali ini. Silahkan disimak baik-baik beberapa tips menigkatkan brang awareness berikut ini.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

1. Meningkatkan brand awareness dari segi pembuatan nama usaha

Cara yang pertama adalah dari segi pembuatan nama usaha atau perusahaan yang Anda dirikan. Nama menjadi hal yang sangat penting. Misalkan saja Anda membuat nama unik, aneh dan mudah diingat pasti akan lebih mudah meningkatkan brand Anda. Berbeda jika Anda membuat sebuah nama usaha yang sangat panjang, sulit dieja dan sulit diingat, pastinya akan susah untuk meningkatkan brand awareness.

Cobalah buat nama yang sekiranya unik dan mudah di eja dan diingat masyarkat. Usahakan maksimal menggunakan 2 kata atau 1 kata lebih bagus. Coba perhatikan beberapa nama perusahaan seperti google, apple, asus, nokia. samsung, nama-nama tersebut sangat mudah di eja. Saya sendiri membuat blog ini dengan nama yang cukup mudah diingat menurut saya yakni "bisnisan". Coba tilik kembali nama usaha Anda apakah mudah diingat bagi yang sudah melihat atau mampir, kalau masih sulit diingat berarti menjadi PR penting bagi Anda untuk merubah nama tersebut.

2. Dari tampilan logo yang unik dan menarik

Pembuatan logo juga menjadi sangat penting untuk meningkatkan brand awareness. Coba buatlah logo yang unik, simple dan juga mudah diingat. Pastikan logo itu berbeda dengan logo-logo usaha lain yang sudah ada. Dengan begitu ketika ada pelanggan Anda yang mampir sekali saja sudah terkesan melihat logo usaha Anda tersebut. 

Jangan ragu untuk menggunakan jasa desain logo yang profesional. Biasanya mereka akan mampu membuat sebuah ilustrasi dari usaha Anda menjadi sebuah gambar yang menarik. Kecuali kalau Anda ahli di bidang desain ya bikin sendiri saja. Lagi pula logo ini akan menjadi sebuah citra seberapa bagus usaha Anda, jadi jangan coba-coba untuk menggunakan logo asal-asalan jika Anda ingin usaha menjadi besar.

3. Meningkatkan brand awareness dengan cara membukan slogan dan tag line unik

Setelah pembuatan logo, ada lagi yang namanya pembuatan sebuah tag line atau slogan dari usaha Anda. Beberapa perusahaan besar bisa Anda ambil sebagi contoh, misalkan persuhaan LG, mereka memakai "life good", perusahaan samsung memakai "digital yours", perusahaan indomie memakai "seleraku". Dari kesuksesan perusahaan-perusahaan besar tersebut kita bisa mencontohnya dalam usaha yang dibangun untuk menciptakan slogan dan tag line menarik yang mudah diingat orang-orang. Dengan begitu akan membantu meningkatkan brand awareness usaha Anda.

4. Membuat tampilan website yang keren dan unik untuk meningkatkan brand awareness

Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness dari usaha Anda, usahakan untuk membuat tampilan website yang menarik. Apalagi untuk jenis usaha penjualan produk dan jasa, jangan sampai produk dan jasa Anda diletakkan dalam website yang tampilannya kurang meyakinkan. Ini penting karena akan menimbulkan kesan pertama orang-orang dalam menilai usaha Anda.

Jangan ragu untuk membeli template website premium, kalau bisa beli yang custom dan tidak ada template lain yang sama dengan website Anda. Kemudian jangan lupa menggunakan domain unik dan juga hosting premium. Ini juga penting untuk menunjukkan seberapa kualitasnya usaha yang Anda jalankan.

Baca juga : Cara memulai bisnis online dari nol

5. Menyajikan kualitas produk yang unggul 

Setelah Anda memaksimalkan beberapa hal diatas, Anda juga harus memikirkan kualitas produk Anda. Sekuat apapun Anda melakukan promosi, kalau kualitasnya jelek pasti semua jadi sia-sia. Jadi imbangi juga dengan memberikan kualitas produk atau jasa yang unggul dari usaha Anda. Kualitas yang unggul akan membantu memberi tahu para pembeli Anda bahwa usaha Anda layak untuk diingat. 

Untuk menyajikan kualitas yang unggul, Anda tidak bisa menilainya dari dalam saja. Anda perlu melakukan riset pasar. Disana Anda bisa melihat bagaimana kualitas barang-barang kompetitor yang berada di pasaran, dan Anda harus menyajikan yang lebih baik dari mereka.

6. Meningkatkan brand awareness dengan memberikan sample produk

Jika sebuah usaha baru, bagaimana biar orang-orang mencoba produk Anda? Tentu Anda harus mengeluarkan sedikit modal lagi untuk memberikan sample produk. Ini penting untuk meningkatkan brand awareness usaha Anda. Dengan memberikan sample gratis, mereka akan mecoba dan memberikan penilaian. Dari sinilah Anda akan mengetahui produk Anda bisa diterima baik oleh masyarakat atau belum.

7. Memberikan pelayanan terbaik juga mampu meningkatkan brand awareness

Pelayanan yang diberikan oleh usaha atau perusahaan Anda juga menentukan peningkatan brand awareness. Misalkan saja perusahaan Anda terus memberikan pelayanan yang terbaik, pasti masyarakat akan terkesan. Kemudian mereka akan teringat pada bagusnya usaha Anda tersebut.  Dari sinilah citra brand dari usaha Anda bisa meningkat. 

Untuk memberikan pelayanan terbaik, coba perhatikan sikap Anda dan karyawan Anda. Pastikan penampilan dan sikap mereka dalam melayani pelanggan selalu menyenangkan dan nyaman.

8. Mendapatkan testimoni dan memperhatikan keluhan pelanggan

Testimoni adalah hal yang sangat penting. Karena testimoni, sebuah usaha atau perusahaan bisa dilihat seberapa besar respon dan kepuasan para pelanggan mereka. Begitu juga dengan usaha Anda. Pastikan usaha Anda mendapatkan banyak testimoni yang baik dan jujur. Ini penting karena dari situ Anda bisa melakukan sebuah evaluasi mengenai usaha yang dijalankan. 

Cobalah minta testimoni para pelanggan Anda. Lalu dengarkan apa kata mereka. Dari situlah Anda bisa belajar terus meningkatkan kualitas usaha. Kemudian ketika banyak testimoni bagus masuk pada usaha Anda. Disitulah citra brand awareness dari usaha Anda akan meningkat.

9. Beriklan pada publik figur juga bisa meningkatkan brand awareness

Salah satu strategi promosi yang cukup jitu dalam meningkatkan brand awareness, adalah beriklan pada publik figur. Entah itu artism selebritis, youtuber atau selebgram. Dari personal branding mereka yang sudah kuat akan mengangkat brand usaha milik Anda. Jadi usahakan sisihkan dana untuk beriklan, karena memang biayanya tidak murah pasti. 

Di dalam beriklan pada publik figur juga jangan asal-asalan. Usahakan memilih tokoh yang sesuai dengan produk dalam usaha Anda. Misalkan Anda jualan produk untuk anak-anak, ya pastilah Anda mencari artis cilik, youtuber cilik dan sejenisnya. Dengan begitu penargetan pelanggan menjadi lebih tepat.

10. Menjalin kemitraan dengan usaha lain untuk meningkatkan brand awareness

Selain beriklan, bekerja sama dengan usaha lain juga mampu meningkatkan brand awareness. Lakukan kolaborasi yang baik dengan usaha lain yang masih satu jalur, namun bukan kompetitor. Misalkan saja kerjasama promosi usaha laundry dengan penjual perusahaan pewangi pakaian, itu nyambung. Gak mungkin saling ngiklanin sama-sama usaha laundry. Carilah perusahaan lain yang kiranya sesuai dengan usaha Anda untuk kerjasama. Dari situ Anda bisa bertukar masa, saling meningkatkan citra usaha sehingga brand awareness usaha Anda cepat meningkat.

Baca juga : cara membangun relasi bisnis

11. Mengadakan diskon dan promo untuk meningkatkan brand awareness

Anda pasti tahu kan kalau masyarakat paling suka yang namanya promo atau diskon. Bahkan mereka sampai hafal toko mana saja, produk mana saja yang sering mengadakan diskon. So, Anda perlu juga memberikan promo khusus untuk produk tertentu untuk waktu-waktu tertentu. Misalkan saat hari besar, akhir bulan, atau bahkan tiap akhir pekan sediakan satu produk yang bisa Anda jual murah demi terus meningkatkan eksistensi usaha Anda tersebut.

12. Mendapatkan engagement di media sosial untuk meningkatkan brand awareness

Jangan melupakan media sosial, karena media sosial sekarang itu memberikan efek cukup besar. Termasuk membantu meningkatkan brand awareness usaha Anda. Sering beriklan di media sosial dan dapatkan sebanyak mungkin engagement. Semakin banyak engangement seperti like, share dan komen mejadikan sebuah tanda bahwa brand Anda terus eksis dan bisa berkembang.

Baca juga : Bisnis online tanpa modal sepeserpun

13. Mempertahankan kepuasan pelanggan agar brand awareness terus meningkat

Yang terakhir adalah jangan mengecewakan pelanggan, ini penting sekali. Karena sebuah brand bisa hancur karena pelanggan kecewa banyak komplain dan juga banyak testimoni yang negatif. Jadi pastikan Anda konsiten dengan promosi, janji-janji, akurasi pengiriman, terlebih lagi dalam memberikan kualitas, kalau kualitas buruk dan pelanggan kecewa, akibatnya bisa fatal.

Kesimpulan cara meningkatkan brand awareness

Cara meningkatkan brand awareness sudah saya berikan sebanyak 13 point diatas. Selama point-point tersebut bisa dimaksimalkan, InsyaAllah akan membuahkan hasil. Mulai dari nama usaha, logo, slogan dan tag line, kualitas produk dan pelayanan, kualitas tampilan usaha dan beberapa hal lain yang sudah saya sampaikan. Tapi Anda harus ingat kalau sebuah brand bisa besar selalu membutuhkan waktu. Jadi pastinya harus sabar dalam mengelola usaha Anda tersebut. Dan akhir kata semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "13 Cara Meningkatkan Brand Awareness Dalam Merintis Usaha"

Berlangganan via Email