Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Membangun Relasi Bisnis Yang Kuat Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]
cara-membangun-relasi-bisnis

Cara Membangun Relasi Bisnis Yang Kuat Untuk Pemula

Cara membangun relasi bisnis. Yakni sebuah cara untuk membangun hubungan dengan orang lain yang bisa bermanfaat untuk bisnis yang saling menguntungkan. Yang mana sebuah bisnis kalau ingin menjadi besar sudah pasti tidak bisa dijalankan sendirian. Lebih baik jika bekerja sama dengan banyak pihak. Ada banyak sekali manfaat yang akan di dapatkan pebisnis apabila mempunyai relasi yang kuat. Misalkan saja pebisnis tersebut ingin meningkatkan penjualan, bisa saling kerjasama. Pebisnis ingin menambah modal, bisa saling kerjasama. Dan juga pada saat sebuah usaha mengalami masalah bisa saling tolong menolong.

Cara membangun relasi bisnis yang kuat tentu saja tidak bisa diciptakan dengan instan. Seperti halnya hubungan antar manusia tidak bisa baru kenal langsung saling memahami satu sama lain. Butuh proses, butuh waktu untuk saling mengerti dan akhirnya mau saling bekerja sama. Apalagi untuk seorang pebisnis pemula, ini adalah hal yang sangat penting untuk Anda fikirkan. Bagaimana seharusnya Anda memulai membangun relasi yang baik untuk mengembangkan usaha Anda. Kali ini bisnisan.id akan memberikan beberapa tips dan cara membangun relasi bisnis yang kuat, antara lain sebagai berikut.

11 Cara Membangun Relasi Bisnis

1. Percaya diri dalam membangun relasi

Tahukah Anda bahwa percaya diri yang tinggi bisa memudahkan Anda dalam pergaulan. Termasuk dalam bergaul dengan orang yang nantinya akan menjadi relasi bisnis bagi Anda. Jadi langkah awal adalah berusa untuk terus percaya diri ketika bertemu orang-orang baru. Kalau Anda bisa percaya diri, pasti Anda akan terkesan baik diawal bertemu dengan mereka. 

Percaya diri dalam membangun relasi juga bisa memunculkan image bahwa diri Anda profesional dalam berbisnis. Yang disini juga akan membantu meningkatkan personal branding diri Anda sendiri. Selain itu kepercayaan diri Anda tersebut bisa menjadi sebuah magnet yang menarik untuk orang lain mau berinteraksi dengan Anda. Yang akhirnya Anda akan lebih mudah untuk membangun relasi bisnis.

2. Memperbanyak pergaulan untuk membangun relasi

Kalau Anda ingin mendapatkan relasi bisnis yang kuat, berarti Anda harus memperbanyak pergaulan. Karena dengan itu Anda akan bertemu banyak orang yang salah satunya akan cocok menjadi relasi bisnis Anda. 

Kalau seorang pebisnis sering menutup diri dan tidak mau bergaul, bisa memberikan dampak yang buruk. Apalagi untuk seorang pemula, bisnisnya tentu tidak akan cepat dikenal banyak orang. Apalagi untuk mendapatkan relasi, pastinya akan lebih sulit.

3. Menargetkan orang yang tepat dalam membangun relasi

Kemudian dalam bergaul pun harus bisa memilih, mana yang menjadi teman untuk sosial, mana yang untuk menjadi relasi bisnis. Maka Anda juga perlu melakukan penargetan pertemanan yang tepat. Caranya adalah coba bergabung dengan komunitas bisnis sesuai dengan bisnis Anda. Kemudian bergabung juga dengan orang-orang yang biasa melakukan investasi. Dari pertemanan yang tertarget tersebut, Anda akan lebih cepat menemukan orang yang tepat untuk menjadi relasi bisnis bagi Anda.

4. Berikan kesan pertemuan yang baik untuk calon relasi bisnis

Kita masuk pada teknis sekarang, berikan kesan pertama yang baik untuk calon relasi bisnis Anda. Ini penting sekali karena kesan pertama bisa menentukan apakah Anda diterima oleh mereka atau tidak. Tentu dalam hal ini Anda harus pandai dalam berbicara dan bersikap. Tetap sopan, ramah dan bersikaplah yang menyenangkan untuk calon relasi bisnis Anda. Kalau dari awal mereka sudah menyukai Anda, pastinya mereka akan lebih terbuka untuk menjadi relasi bisnis yang nantinya bisa bekerja sama dengan Anda.

5. Berikan keuntungan untuk calon relasi bisnis anda

Berikan keuntungan kepada orang-orang yang akan menjadi calon relasi bisnis Anda tersebut. Zaman sekarang ini mana ada orang yang mau bekerja sama kalau mereka tidak diuntungkan. Jadi sebelumnya Anda harus mempersiapkan tawaran yang bagus untuk mereka, sehingga mereka akan lebih cepat setuju untuk menjadi relasi bisnis bagi Anda. 

6. Mulai mengajak kerjasama

Setelah mereka benar-benar sudah wellcome, maka Anda bisa mulai mengajak bekerja sama. Disinilah Anda baru benar-benar membicarakan soal bisnis Anda dan bisnis mereka. Jadi jangan langsung mengajak kerjasama sebelum melakukan beberapa hal diatas. Di dalam mengajak bekerja sama pun harus saling menguntungkan diantara keduanya, sehingga bisa memberikan manfaat dan hubungan pun terjalin dengan baik.

7. Menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis yang terjalin

Sering-seringlah berkomunikasi untuk menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis Anda. Jangan cuma menghubungi mereka saat Anda butuh saja. Silaturahmi dengan relasi bisnis sangat diperlukan untuk terus disambung dengan baik. Terutama saat Anda sedang mendapatkan keuntungan yang cukup besar, untuk menjaga hubungan baik Anda bisa mentraktir mereka untuk makan bersama dan sejenisnya. Meskipun bukan nilai yang besar, tapi kalau perhatian seperti ini Anda berikan bisa memperkuat hubungan relasi bisnis Anda.

8. Perhatian diluar bisnis juga diperlukan

Perhatian-perhatian lain diluar bisnis juga sangat diperlukan. Misalkan saja menjenguk mereka kala sedang sakit. Menghadiri undangan mereka kala mempunyai hajat, dan beberapa perhatian lainnya. Karena kita hidup sebagai makhluk sosial. Dengan saling memperhatikan seperti diatas, hubungan akan semakin kuat antara Anda dan relasi bisnis Anda.

9. Jangan pernah mengecewakan relasi bisnis

Hal yang sangat penting adalah jangan pernah mengecewakan relasi bisnis Anda. Misalkan Anda punya kesepakatan atau janji ya harus Anda tepati. Ini penting sekali karena yang namanya kepercayaan itu sangat mahal harganya. Jangan sampai Anda mengecewakan, karena seseorang yang sudah dikecewakan tidak akan peduli lagi di kemudian hari.  

10. Bersedia menolong relasi bisnis yang kesulitan

Kalau relasi bisnis Anda sedang membutuhkan bantuan, maka jangan segan-segan untuk menolong mereka. Selama Anda bisa dan mampu kenapa tidak. Ini sangat penting sekali, siapa tahu di kemudian hari Anda juga membutuhkan bantuan mereka saat menemui sebuah kesulitan. Kalau kedua pihak sudah mau saling tolong menolong, bahkan sering. Maka hubungan relasi bisnis pun akan tejalin dengan sangat kuat.

11. Terus mempertahankan relasi bisnis yang ada

Langkah terakhir adalah terus pertahankan relasi bisnis Anda. Karena mereka bisa jadi akan sangat bermanfaat untuk Anda di kemudian hari. Begitu juga dengan Anda, di kemudian hari juga akan bermanfaat untuk mereka. Yang namanya hubungan baik kalau terus dijaga, di kemudian hari pasti akan menimbulkan dampak yang baik. 

Dengan melakukan beberapa cara membangun relasi bisnis yang sudah saya tuliskan diatas, InsyaAllah kedepan Anda akan mempunyai sebuah jaringan relasi bisnis yang kuat. Dengan catatan Anda mau berusaha secara maksimal untuk mendapatkannya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda, sukses selalu dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "11 Cara Membangun Relasi Bisnis Yang Kuat Untuk Pemula"

Berlangganan via Email