Target Sebagai Motivasi Bagi Marketing
Target Sebagai Motivasi Bagi Marketing - Setiap usaha Marketing pasti memiliki target yang hendak dicapai. Target merupakan faktor yang sangat penting yang akan menentukan keberhasilan dalam bermarketing. Tentu saja sering kali target ini bukanlah hal yang mudah untuk dicapai tetapi bagaimana seseorang memandang sebuah target akan sangat mempengaruhi bagaimana dia bermarketing.
Seseorang dapat memandang sebuah target
sebagai suatu tuntutan, beban yang ditanggungkan kepadanya. Kalau bicara
tentang beban atau tuntutan tentulah ini menjadi sesuatu yang sulit. Ketika
seorang sales marketing memandang sebuah target sebagai suatu beban maka ia
akan melihat betapa sulitnya untuk meraih target yang diberikan. Tentu saja ini
akan mempengaruhi caranya bermarketing untuk memasarkan produk dan jasanya.
Sebaliknya, target juga dapat dilihat sebagai
sebuah tantangan bagi seorang marketing. Hal ini akan memotivasi untuk
melakukan banyak hal, mencari ide-ide baru dan strategi yang jitu dalam
mencapai target yang diberikan. Dengan adanya target seseorang akan terus berusaha
untuk mencapai target tersebut, ia akan mengusahakan segala cara untuk
mencapainya.
Seorang marketing eksekutif yang berhasil
adalah seorang yang dapat memandang sebuah target adalah sesuatu yang
memberikan motivasi untuk dia melakukan sesuatu yang lebih baik dan lebih
banyak untuk meningkatkan penjualan. Hal ini tidak hanya meliputi kualitas dari
produk yang dijual tetapi juga meliputi kualitas dari cara menjualnya. Target
akan memotivasi seorang marketing untuk melakukan sesuatu yang tidak pernah
dilakukan sebelumnya, dia akan mencoba ratusan bahkan ribuan cara yang lain
lagi untuk mencapai keberhasilan.
Dengan kata lain, target yang diberikan secara
tidak langsung akan menimbulkan banyak ide-ide baru dan motivasi yang baik
untuk dapat berhasil. Dengan adanya target kegiatan seorang marketing akan
lebih terarah, fokus, tahu apa yang harus dicapai , tahu apa yang harus dikejar
dan ia tidak akan berhenti sebelum dapat mencapainya. Sebuah target akan mampu
mengeluarkan semua potensi seorang marketing dan mendorongnya untuk melakukan
suatu peningkatan.
Seorang praktisi marketing dikatakan berhasil
ketika dia dapat mencapai target yang diberikan kepadanya. Setelah mengetahui
target yang harus dicapai, seorang marketing harus menyusun strategi praktis
apa saja yang akan ia lakukan secara terperinci untuk menangkap peluang
bisnis yang ada. Hal ini tentu saja termasuk memasukkan jadwal kegiatan
secara terarah mengingat batas waktu pencapaian target yang juga telah
ditentukan. Dalam menyusun strategi praktis ini faktor yang sangat perlu diperhatikan
adalah faktor efektivitas dan efisiensi.
Keadaan pasar yang selalu dapat berubah setiap
hari membuat anda juga harus dapat menyiapkan strategi cadangan ketikan
strategi yang pertama tidak dapat dijalankan. Jika Plan A gagal , maka anda
sudah menyiapkan Plan B, Plan C dan seterusnya untuk dikerjakan dan tentu saja
tujuan baik Plan A maupun Plan B adalah mencapai target yang telah ditentukan.
Target akan mendorong seorang marketing untuk berprestasi. Setelah berhasil
mencapai target maka hal yang lebih lagi yang dapat dicapai adalah sebuah
prestasi. Prestasi berbicara sesuatu yang tidak pernah dicapai sebelumnya atau
sesuatu pencapaian yang di luar kebiasaan yang ada.
Kunci dari keberhasilan mencapai target adalah
dengan belajar, yaitu mempelajari segala sesuatu terkait dengan target. Kita
bisa belajar dari kegagalan dari strategi-strategi sebelumnya maupun keberhasilan-keberhasilan
yang telah dicapai. Belajar bisa juga dari pesaing, bagaimana pesaing mampu
memenangkan persaingan dan bagaimana kelemahan kita saat ini.
Setelah belajar, langkah selanjutnya adalah
konsistensi dalam membangun kekuatan. Kekuatan bersaing tidak bisa diciptakan
secara instan, harus dibangun secara bertahap dan konsisten.
Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan
terkait dengan target bagi
marketing. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain
bahasan. Selamat mencoba (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Target Sebagai Motivasi Bagi Marketing"