Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Target Sebagai Motivasi Bagi Marketing

Daftar Isi [Tampil]

Target Sebagai Motivasi Bagi Marketing - Setiap usaha Marketing pasti memiliki target yang hendak dicapai. Target merupakan faktor yang sangat penting yang akan menentukan keberhasilan dalam bermarketing. Tentu saja sering kali target ini bukanlah hal yang mudah untuk dicapai tetapi bagaimana seseorang memandang sebuah target akan sangat mempengaruhi bagaimana dia bermarketing.

Target Sebagai Motivasi Bagi Marketing

Seseorang dapat memandang sebuah target sebagai suatu tuntutan, beban yang ditanggungkan kepadanya. Kalau bicara tentang beban atau tuntutan tentulah ini menjadi sesuatu yang sulit. Ketika seorang sales marketing memandang sebuah target sebagai suatu beban maka ia akan melihat betapa sulitnya untuk meraih target yang diberikan. Tentu saja ini akan mempengaruhi caranya bermarketing untuk memasarkan produk dan jasanya.    

Sebaliknya, target juga dapat dilihat sebagai sebuah tantangan bagi seorang marketing. Hal ini akan memotivasi untuk melakukan banyak hal, mencari ide-ide baru dan strategi yang jitu dalam mencapai target yang diberikan. Dengan adanya target seseorang akan terus berusaha untuk mencapai target tersebut, ia akan mengusahakan segala cara untuk mencapainya.

Seorang marketing eksekutif yang berhasil adalah seorang yang dapat memandang sebuah target adalah sesuatu yang memberikan motivasi untuk dia melakukan sesuatu yang lebih baik dan lebih banyak untuk meningkatkan penjualan. Hal ini tidak hanya meliputi kualitas dari produk yang dijual tetapi juga meliputi kualitas dari cara menjualnya. Target akan memotivasi seorang marketing untuk melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, dia akan mencoba ratusan bahkan ribuan cara yang lain lagi untuk mencapai keberhasilan.

Dengan kata lain, target yang diberikan secara tidak langsung akan menimbulkan banyak ide-ide baru dan motivasi yang baik untuk dapat berhasil. Dengan adanya target kegiatan seorang marketing akan lebih terarah, fokus, tahu apa yang harus dicapai , tahu apa yang harus dikejar dan ia tidak akan berhenti sebelum dapat mencapainya. Sebuah target akan mampu mengeluarkan semua potensi seorang marketing dan mendorongnya untuk melakukan suatu peningkatan.

Seorang praktisi marketing dikatakan berhasil ketika dia dapat mencapai target yang diberikan kepadanya. Setelah mengetahui target yang harus dicapai, seorang marketing harus menyusun strategi praktis apa saja yang akan ia lakukan secara terperinci untuk menangkap peluang bisnis yang ada. Hal ini tentu saja termasuk memasukkan jadwal kegiatan secara terarah mengingat batas waktu pencapaian target yang juga telah ditentukan. Dalam menyusun strategi praktis ini faktor yang sangat perlu diperhatikan adalah faktor efektivitas dan efisiensi.

Keadaan pasar yang selalu dapat berubah setiap hari membuat anda juga harus dapat menyiapkan strategi cadangan ketikan strategi yang pertama tidak dapat dijalankan. Jika Plan A gagal , maka anda sudah menyiapkan Plan B, Plan C dan seterusnya untuk dikerjakan dan tentu saja tujuan baik Plan A maupun Plan B adalah mencapai target yang telah ditentukan. Target akan mendorong seorang marketing untuk berprestasi. Setelah berhasil mencapai target maka hal yang lebih lagi yang dapat dicapai adalah sebuah prestasi. Prestasi berbicara sesuatu yang tidak pernah dicapai sebelumnya atau sesuatu pencapaian yang di luar kebiasaan yang ada.

Kunci dari keberhasilan mencapai target adalah dengan belajar, yaitu mempelajari segala sesuatu terkait dengan target. Kita bisa belajar dari kegagalan dari strategi-strategi sebelumnya maupun keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai. Belajar bisa juga dari pesaing, bagaimana pesaing mampu memenangkan persaingan dan bagaimana kelemahan kita saat ini.

Setelah belajar, langkah selanjutnya adalah konsistensi dalam membangun kekuatan. Kekuatan bersaing tidak bisa diciptakan secara instan, harus dibangun secara bertahap dan konsisten.

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan terkait dengan target bagi marketing. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain bahasan. Selamat mencoba (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Target Sebagai Motivasi Bagi Marketing"