Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu USP (Unique Selling Proposition) ?

Daftar Isi [Tampil]

Apa itu USP (Unique Selling Proposition) ? - Setiap bisnis harus memiliki "USP": a Unique Selling Proposition. USP adalah hal yang membedakan produk atau jasa anda dari para pesaing lainnya, hal ini menjadikan anda spesial. Tanpa suatu  Unique Value Proposition ( UVP ) maka perusahaan Anda ada dalam satu bahaya dimana perusahaan Anda akan tenggelam di tengah-tengah lautan persaingan bisnis yang ketat di masa ini.

Apa itu USP (Unique Selling Proposition) ?



Dengan memiliki USP perusahaan anda akan meningkatkan positioning dan pangsa pasar karena:

1.         Unique – hal ini membuat anda berbeda dengan yang lain

2.         Selling – membujuk pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan

3.         Proposition – adalah proposal atau usulan untuk diterima

 
Bagaimana mengembangkan USP

Unique Value Proposition / USP adalah apa yang anda tawarkan kepada pelanggan anda. USP harus menarik sehingga dapat digunakan untuk menjual produk atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengembangkan apa itu USP (Unique Value Proposition):
 
1.      Kenali pelanggan Anda

Untuk membuat USP yang efektif, anda harus mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan anda. Anda harus mengenali customer Anda, sehingga Anda dapat memahami hambatan atau kendala  yang menghalangi pelanggan membeli produk Anda dan apa saja yang membuat produk Anda menjadi pilihan  utama dari pelanggan.

Penjualan jasa dan produk anda ditentukan oleh apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan anda. Anda tidak akan menghasilkan apa apa dengan menjual sesuatu yang tidak diinginkan atau dibutuhkan oleh orang lain. Selain itu, menjual sesuatu yang dibutuhkan tetapi tidak diinginkan seseorang atau sebaliknya jugalah tidak berguna. Oleh karena itu penting bagi USP anda untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan anda.

Anda dapat menemukan apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan anda dengan melakukan wawancara, diskusi, ataupun melakukan survei terhadap pelanggan anda.
 
2.      Manfaatkan keunggulan anda untuk membedakan anda dari pesaing Anda

Anda harus mengenali apa kelebihan jasa atau produk yang anda tawarkan. Apa yang diinginkan oleh pelanggan adalah keuntungan apa yang mereka dapatkan dari jasa atau produk anda. Bagaimana produk atau jasa yang anda tawarkan dapat mengatasi masalah atau memperbaiki hasil yang didapatkan oleh pelanggan anda. Kunci utama untuk mendorong pelanggan anda membeli jasa atau produk yang anda tawarkan adalah dengan menawarkan keuntungan melebihi apa yang ditawarkan oleh pesaing anda. USP anda harus fokus terhadap hal hal berikut:

·        Keuntungan apa yang paling penting yang dapat ditawarkan bagi pelanggan Anda

·        Keuntungan apa yang hanya dapat ditawarkan oleh anda bukan pesaing Anda

·        Cantumkan dalam kalimat yang mudah dimengerti, pendek dan unik

 

Melalui USP, anda harus menunjukkan kepada pelanggan  bahwa produk Anda berbeda dan unik sehingga pelanggan akan memilih produk Anda.

3.      Deliver (penuhi / berikan) USP yang anda tawarkan

Anda boleh berlebihan ketika mengembangkan USP tetapi anda harus memastikan bahwa anda dapat memenuhi semuanya. USP yang unik / menarik/ kuat dapat membuat bisnis anda menjadi sukses, tetapi jika anda tidak memenuhi apa yang anda tawarkan hal ini dapat merusak reputasi anda.


Itulah penjelasan sederhana kami mengenai Apa itu USP (Unique Selling Proposition) dan bagaimana cara mengembangkannya. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Apa itu USP (Unique Selling Proposition) ?"