Pentingnya Perilaku yang Baik dari Seorang Sales
Pentingnya Perilaku yang Baik dari Seorang Sales - Keberhasilan seorang sales/ marketing sangat ditentukan oleh perilaku atau attitude-nya. Tanpa attitude yang baik, mustahil seorang sales/marketing dapat menjalankan pekerjaannya dengan lancar.
Seorang sales/marketing tentunya punya target yang harus dicapai sebagai ketentuan yang berlaku di perusahaannya. Seringkali karena didasari hal ini maka seorang sales/marketing menjual demi pencapaian targetnya semata sehingga ia pun menjual secara 'paksa', dan kurang care terhadap needs kliennya.Bahkan jika seorang sales/marketing
orientasinya hanya bagaimana mendapatkan uang yang banyak melalui penjualannya
maka seorang sales tidak akan pernah memberikan suatu penawaran yang terbaik
bagi kliennya karena goal yang ingin dicapainya hanya closing dan money.
Hal ini tentunya merugikan banyak pihak. Yang
pertama adalah pihak klien, karena mungkin dengan iming-iming janji maka klien
yang kurang memahami produk/jasa yang ditawarkan bisa langsung tertarik dan
membeli. Pihak lain yang dirugikan adalah perusahaan, dimana sales atau tenaga marketing
memberikan keterangan yang kurang tepat atau terlampau muluk-muluk sehingga
bisa membuat masalah bagi perusahaan di kemudian hari.
Seorang sales/marketing yang baik haruslah
memiliki perilaku
dan attitude yang baik,
yaitu kepuasan memberikan yang terbaik bagi klien dan juga bagi dirinya sendiri
dengan mendapatkan closing atau istilahnya win win solution. Tidak ada pihak
yang tidak untung baik bagi pihak klien maupun pihak sales/marketingnya.
Jika terjadi penjualan seperti ini maka
sales/marketing akan mendapat banyak keuntungan juga yaitu bisa terjadi repeat
order dan referensi. Nama baik perusahaan & keuntungannya pun akan semakin
besar melalui para sales/marketing yang baik.
Tahap awal sebelum menjual adalah penting bagi
sales/marketing untuk mengenal siapa klien/customer nya. Misalnya dengan
mempelajari lebih dulu company profile perusahaannya atau
mencari informasi dari internet, customer services perusahaan
tersebut, tentang siapa orang yang akan kita temui, dan sebagainya.
Dari situ paling tidak sales/marketing punya
sedikit gambaran tentang klien/customernya sehingga bisa mulai memprediksi apa
kira-kira yang dibutuhkan dan mulai bisa disiapkan apa yang akan kita tawarkan
yang cocok baginya. Pertemuan antara needs
dan produk/jasa yang sesuai itu akan menghasilkan penjualan.
Pada akhirnya, attitude yang baik dari seorang
sales/marketing akan memberikan banyak hal-hal yang positif dan keuntungan bagi
banyak pihak, baik bagi klien, sales itu sendiri maupun perusahaan. Dan sudah
tentu hasilnya akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan seorang
sales/marketing yang hanya 'jago' jualan namun tidak memiliki attitude yg baik.
Demikianlah bahasan kami mengenai pentingnya perilaku yang baik dari seorang sales dan marketing executive. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain bahasan (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Pentingnya Perilaku yang Baik dari Seorang Sales"