Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperluas Networking Untuk Fresh Graduate

Daftar Isi [Tampil]

 Cara Memperluas Networking Untuk Fresh Graduate




Jika kamu masih fresh graduate, langkah yang tepat untuk mempercepat jenjang karir adalah membangun networking. Masih baru di dunia kerja, pengalaman yang belum cukup adalah hal yang sering dialami fresh graduate saat lulus kuliah. Dan untuk mempermudah proses tersebut maka dari itulah kita perlu membangun relasi seluas-luasnya dengan orang lain. Keuntungan lain dari memiliki relasi antara lain: lebih mudah mendapatkan solusi ketika menghadapi masalah kerja, mudah mendapatkan peluang-peluang baru hingga reputasi yang meningkat.


Meskipun membangun networking tidak semudah membalikkan ibu jari, namun dengan niat-niat sungguh dan mau berproses, hal tersebut akan terwujud.


Berikut ini adalah tips-nya :


Perbaiki Skill Komunikasi


Bagaimana cara kita berbicara dengan orang lain, berapa banyak orang-orang yang kita ajak bersosialisasi. Dari indikator inilah , membangun relasi bisa dimulai.  Pada awalnya fresh graduate mengalami sekelumit pikiran negatif sehingga menghambat keinginan diri untuk mengenal orang lain. Ini adalah hal wajar yang bahkan dialami orang-orang terkaya di dunia sekalipun.


Baca juga: Kenali Lebih Jauh Mengenai Pembiayaan P2P Lending


Namun kita punya kendali pilihan, yang pertama menyetujui perasaan negatif tersebut dan tidak melakukan apapun atau yang kedua, berani menghadapi ketakutan untuk berkembang. Untuk membangun relasi luas, skill komunikasi wajib dikuasai oleh fresh graduate, karena dari situlah kepribadian seseorang bisa dinilai.


Jaga Hubungan dengan teman


Sebenarnya mencari relasi bagi fresh graduate bukanlah hal sulit, memiliki tan semasa sekolah/kuliah juga termasuk sebagai aset networking yang perlu dijaga. Meskipun lulus, hubungan dengan mereka harus tetap dijaga.


Apa yang bisa didapatkan dari membangun relasi dari teman ? Tentunya banyak. Karena masih seumuran dan sama-sama baru lulus. Keresahan yang dialami pun bisa dikatakan hampir sama. Jika misalnya kesulitan mendapatkan lowongan kerja, siapa tahu dari teman kuliah terdapat pintu rezeki yang cocok dengan kriteria kita.


Cari tahu daftar alumni


Sebuah previllage, jika kita lulus dari perguruan tinggi mumpuni. Karena kita bisa membangun networking dari mencari tahu daftar alumni. Bila kita sudah Menjaga hubungan dengan teman kemudian mencari informasi alumni, ini akan membantu dalam meningkatkan reputasi kita.


Cari tahu alumni kampus kita kebanyakan Bekerja dimana, apa proses-proses yang mereka lalui dan jangan malu bertanya soal tips dunia kerja dari mereka. Karena alumni memiliki pengalaman yang penting untuk kita ambil ilmunya.


Gabung dengan komunitas


Alternatif lain untuk membangun networking adalah mencari tahu hobi kita dan bergabung dengan komunitas yang mewadahi kegiatan tersebut. Jika hobi dengan belajar bahasa Inggris, kita bisa mencari UKM kebahasaan di kampus, jika kita hobi fotografi, kita bisa gabung Komunitas fotografi di kota kita. 


Jangan meremehkan pengaruh hobi terhadap relasi. Karena kita bisa dipertemukan dengan orang yang menyukai hal yang sama dengan kita. Dari sini, kemungkinan untuk berkenalan lebih jauh akan terbuka lebar.  Dan mungkin akan berlanjut dalam perbincangan lebih serius ? Misalnya merencanakan membangun bisnis dari hobi ?. Ini bisa terjadi bila kita bergabung dengan komunitas.


Posting Komentar untuk "Cara Memperluas Networking Untuk Fresh Graduate"