Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Tim Dalam Bisnis yang Solid

Daftar Isi [Tampil]

Cara Membangun Tim Dalam Bisnis yang Solid - Banyak pengusaha yang gagal dalam mengembangkan bisnisnya karena mereka tidak membangun tim yang membantu mereka mengembangkan bisnis. Dalam bisnis, peran Anda sebagai seorang owner berfokus menentukan arah bisnis ke depannya. Mungkin ketika awal memulai bisnis, seorang owner biasanya akan mengatur semua hal teknis, mulai dari keuangan, SDM, karyawan, marketing dan penjualan sampai produksi.

Cara Membangun Tim Dalam Bisnis yang Solid

Seiring perkembangan bisnis, peran owner harus sudah mulai berpindah dari level teknis ke level manajerial sampai akhirnya ke level strategis dan berpikir lebih jauh tentang visi bisnis serta pengembangan produk.

Lantas bagaimana cara membangun tim dalam bisnis yang baik. Simak beberapa tips diantaranya :

1. Rekrutlah Orang-orang Terbaik.

Untuk merekrut orang-orang yang tepat mulailah dengan proses seleksi yang baik dan benar. Jangan hanya percaya CV yang diberikan, jika memungkinkan lakukan tes secara langsung ketika Anda melakukan interview. Akan lebih baik jika kandidat yang Anda cari sudah mempunyai pengalaman di bidang yang sama.

2. Penting untuk Memiliki Visi yang Sama.

Jika Anda adalah owner yang sedang mengembangkan bisnis. Carilah orang-orang yang tidak menjadikan uang sebagai satu-satunya parameter dalam bekerja. Carilah kandidat yang mau diajak bertumbuh melalui bisnis dan mempunyai visi yang sama dengan Anda.

3. Sesuaikan Tugas dan Kemampuan.

Ketika merekrut tenaga baru, terapkan masa percobaan ( biasanya 3 bulan ) untuk menguji kemampuan kandidat yang ada. Evaluasilah hasil dan proses yang telah berjalan. Tempatkan tim Anda sesuai dengan kemampuan mereka, agar tugas yang dikerjakan jadi optimal dan efisien.

4. Jadilah Pemimpin yang Jadi Teladan.

Biarpun Anda adalah pemilik bisnis, bukan berarti Anda bebas melakukan apa saja dan berbuat salah tanpa aturan. Peran besar menjadi seorang owner adalah untuk menggerakkan orang lain agar melaksanakan visi yang Anda buat, itu semua dimulai dari teladan yang Anda bangun

5. Buat Job desk yang Jelas.

Ketika membangun tim, buatlah job desk dan pembagian tanggung jawab yang jelas. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengatur beban kerja yang ada.

6. Buat Jenjang karier yang jelas.

Setiap karyawan yang bekerja pada satu instansi atau perusahaan pasti menginginkan jenjang karier yang jelas. Buatlah jenjang karier yang sederhana seiring

 

3 Hal Penting Yang Dibutuhkan Ketika Membangun Tim Bisnis

Anda mungkin memiliki ide yang bagus, tapi ketangguhan bisnis tergantung kepada tim yang Anda miliki. Para perusahaan besar berpendapat bahwa karakter, keahlian tambahan dan gaya kerja  ( value ) adalah beberapa faktor yang paling penting dalam memilih perusahaan yang akan mereka investasikan.

Menurut Naeem Zafar, yang merupakan dosen kewirausahaan di University of California, Berkeley. Ada beberapa langkah dalam membangun sebuah tim dalam bisnis agar mencapai kesuksesan, diantaranya sebagai berikut :

 

1. Founder

Yang pertama dan yang paling sulit adalah memilih partner dalam bisnis Anda. “ Kualitas seseorang pada fase ini akan menentukan DNA usaha kita nantinya, jadi kita harus benar-benar kritis memilihnya”. Menurut Zafar.

Jika kita memilih orang yang salah, hal tersebut akan menghancurkan bisnis Anda. “Akan sangat sulit menemukan pemain A jika Anda hanya memiliki pasangan untuk pemain B, dan hal tersebut akan menjadikan bisnis kita biasa-biasa saja”

Kuncinya jika Anda mencari partner adalah, Tanya diri Anda, apakah memang orang tersebut orang terbaik yang bisa bekerja sama dengan Anda? Jika jawabanya  YA, saatnya Anda mendesain peraturan dan berbagi tanggung jawab dengannya.

Ketika memulai sebuah bisnis maka Anda dan partner Anda akan membuat keputusan, maka bicarakan semua hal secara mendetail sehingga tidak timbul perdebatan di kemudian hari. Tentukan dan ukur ekuitas bisnis Anda, hal tersebut akan membantu menghindarkan Anda dari masalah hukum yang terjadi nantinya.

 

2. Advisors, Pekerja Part-time dan Karyawan Kontrak

Ada 5 kriteria advisor dalam sebuah perusahaan start up :

a.       Orang yang ahli dalam penjualan

b.       Seorang konektor (orang yang bersedia melakukan perkenalan)

c.       Selebritis industri (selalu membawa nama orang tapi tidak mau terlibat di dalamnya)

d.       Personal coach

e.       Orang yang ahli dalam hal-hal teknis

 

Hadirilah berbagai macam event dan baca-bacalah hal-hal yang bisa membantu Anda menemukan orang yang mau bekerja dengan Anda. Lihatlah siapa yang memiliki chemistry dengan Anda, siapa yang tertarik dengan ide Anda dan siapa yang bisa Anda andalkan.

 

Jika bisnis Anda sedang berkembang, dan banyak pekerjaan yang tidak terselesaikan karena masalah waktu, ini waktunya untuk mendatangkan personil tambahan. Tentukan keterampilan apa yang Anda butuhkan dan carilah pekerja paruh waktu untuk mengisi kekosongan tersebut. Salah satunya bisa menggunakan situs pencarian tanaga kerja seperti linkedin.

 

3. Pegawai Full Time

Kapan seharusnya Anda mempekerjakan karyawan yang bekerja full time? Seringkali, keuangan akan menentukan Anda mengambil langkah ini. Ketika Anda mulai mendapatkan kembali modal bisnis Anda, baik itu melalui bootstrap, keuntungan bisnis ataupun pinjaman bank, itulah saat yang tepat Anda menambah karyawan dan mengangkat perusahaan Anda ke jenjang yang lebih tinggi.

Ketika mempertimbangkan kandidat untuk di hire, apakah mereka memiliki karakter yang diperlukan dalam sebuah perusahaan startup. Di sebuah bisnis UKM yang memerlukan proses bisnis serta pekerjaan yang dilakukan berubah-ubah, maka diperlukan fleksibilitas dari karyawan tersebut.

Pada akhirnya Anda harus mencari orang-orang yang bekerja keras yang dapat memberikan yang terbaik bagi bisnis Anda.  Anda harus memutuskan apakah mempekerjakan orang yang memiliki kekuatan besar atau orang yang tidak mempunyai kelemahan.

 

Demikianlah Cara Membangun Tim Dalam Bisnis yang Solid dari kami. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Cara Membangun Tim Dalam Bisnis yang Solid"