Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu Lebih dalam tentang Money Game, dan cara menghindarinya

Daftar Isi [Tampil]

 Cari Tahu Lebih dalam tentang Money Game, dan cara menghindarinya




Salah satu modus investasi bodong yang sering menimpa banyak korban adalah money game. Banyak yang tertipu, uangnya habis karena termakan iming-iming keuntungan instans dari modus penipuan ini.


Salah satu kasus money game yang pernah heboh di Indonesia, mungkin masih ingat tentang kasus penipuan PT Amoeba Internasional yang terjadi tahun 2019 lalu. Mereka adalah perusahaan yang telah banyak merugikan orang, dengan sistem mirip MLM. Mengincar orang-orang awam untuk bergabung namun orang tersebut harus membayar sejumlah uang.


Orang-orang yang bermain dalam money game akan mendapatkan untung saat berhasil merekrut member baru. Jika mereka tidak mendapatkan member baru, komisi tidak akan turun.


Lebih dalam mengenai money game anda bisa melihat uraian dibawah ini:


Pengertian Money Game


Money game adalah praktik mengumpulkan uang dari masyarakat dengan memberikan komisi/bonus dari setiap dana yang disetorkan anggota baru. Usaha money game tidak mengeluarkan produk untuk mendapatkan uang namun dari dan anggota baru. 


Ada beberapa perusahaan money game yang memang memiliki produk tapi itu hanya dijadikan kedok untuk menipu orang-orang awam, meraka juga tidak sistem operasional usaha diketahui. Money game tak ubahnya seperti Ponzi. Anggotanya harus melakukan berbagai cara untuk mendapatkan member baru. Member lama akan mendapatkan downline, dan dari situlah mereka mendapatkan imbalan. Member baru yang ingin mendapatkan untung juga harus memiliki downline lagi, agar money game ini terus berjalan.


Tak jarang mereka melakukan berbagai cara termasuk menjual kisah sukses mereka setelah ikut money game, memamerkan barang-barang mewah, berpakaian jas untuk meyakinkan calon korban. Mereka juga mengiming-imingi komisi besar bila ada orang yang mau bergabung jadi downline-nya.


Ciri-ciri Money Game


Otoritas Jasa Keuangan, memberikan ciri-ciri tentang modus money game sebagai berikut:


  1. Menjual barang hanya untuk kedok. Biasanya memiliki harga jauh berbeda dari pasaran

  2. Anggota mendapatkan keuntungan dari perekrutan member baru

  3. Pembayaran komisi yang tidak profesional. Contohnya seminggu pertama hanya diberikan 10 % dari total komisi, dan seterusnya

  4. Diperbolehkan mendaftar berkali-kali 

  5. Perusahaan tidak dibekali izin dan legalitas, termasuk tanpa disertai surat izin penjualan langsung


Cara menghindari Money Game


Jangan pernah tergiur money game, apapun bayangan sukses yang mereka tawarkan adalah hal yang fana. Mobil, motor atau rumah yang sering mereka pamerkan bukanlah milik mereka sendiri, ada yang memang diberikan oleh perusahaan untuk keperluan "Flexing".


Hindari tawaran-tawaran bisnis yang menawarkan keuntungan instan karena bisa jadi mereka termasuk money game. Perusahaan-perusahaan money game ini biasanya tidak jelas bergerak di bidang apa, bahkan produknya pun tidak ada. Jika ditanya, kita hanya disuruh untuk bergabung dulu.


Yang paling gak adalah melakukan cek terhadap legalitas Perusahaan. Bila perusahaan itu tidak jelas kantornya, izinnya lebih baik ditinggalkan. Perusahaan-perusahaan money game paling banyak mengaku punya koneksi sampai luar negeri, padahal setelah di cek ternyata Alamatnya bodong.


Mudah-mudahan tips ini bermanfaat untuk para pembaca. Lebih hati-hati dalam berinvestasi.

Posting Komentar untuk "Cari Tahu Lebih dalam tentang Money Game, dan cara menghindarinya"