Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Backlink ? Fungsi dan Manfaatnya

Daftar Isi [Tampil]

Apa Itu Backlink ? Apa yang dimaksud Backlink Arti Backlink ? Pengertian Backling Fungsi Dan Manfaat Backlink. Serta bagaimana Cara Menanam Backlink Yang Baik dan Benar?.

Apa Itu Backlink ? Fungsi dan Manfaatnya
Tulisan di atas adalah pembahasan-pembahasan yang akan saya bahas di Postingan ini. Mungkin sebagian dari blogger sudah tahu tentang Backlink, karena backlink merupakan hal yang penting dalam dunia blogging.

Tetapi mungkin bagi Blogger pemula atau orang yang baru menekuni blogging pastinya bertanya-tanya apa itu backlink, dan pada artikel ini saya akan membantu Anda untuk lebih mengenal backlink.

Sebenarnya saya dulu saat masih baru menjadi blogger saya juga belum tahu tentang apa itu Backlink. tetapi karena saya sering mendengarnya maka saya coba cari tahu di google, dan akhirnya sejak saat itu saya mulai mendalami SEO (Search Engine Optimization) dan sampai sekarang.

Baik, langsung saja ke pembahasan utama yaitu apa sih backlink itu?

 

Apa itu Backlink ?

Backlink adalah Link / tautan yang berada di situs lain dan mengarah ke situs kita. Backlinks juga dikenal sebagai inbound link. Backlink merupakan aspek yang penting dalam hal SEO, karena backlink akan membuka kesempatan situs Anda untuk berada diposisi atas mesin pencari (Page One).

Banyak mesin pencari termasuk Google Search yang menjadikan backlink sebagai aspek penting dalam algoritmanya. Jika website Anda memiliki jumlah backlink yang berkualitas dan banyak maka website Anda akan lebih dipandang baik di mata Google.

Istilah yang digunakan oleh para ahli SEO adalah Domain Authority atau Domain Rating, dan masih banyak lagi yang bermaksud hampir sama.

 

Fungsi dan Manfaat Backlink

Seperti pada artikel SEO saya yang lain. bahwa kata "backlink" sering saya sebutkan dan hampir di semua artikel kategori SEO blog ini. Mengapa demikian ? Karena backlink mempunyai peranan yang cukup penting dalam hal SEO.

Simak baik-baik beberapa manfaat / fungsi backlink berikut ini :

 

1.Meningkatkan Posisi Blog Pada SERP

Apa itu Serp ? Serp merupakan singkatan dari search engine result page. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya halaman hasil mesin pencari. Backlink merupakan hal yang penting dalam menaikkan posisi blog pada mesin pencari. Pada artikel yang lain saya juga sudah bahas tentang hal ini yaitu di artikel Cara Meningkatkan Posisi Blog di Serp Google

 

2. Mempertahankan posisi serp

Jika anda sudah berhasil meningkatkan posisi blog pada serp. maka kali ini dengan backlink anda harus bisa mempertahankan posisi blog anda di mesin pencari. Silakan baca Cara Mempertahankan Posisi Serp Google.

 

3. Meningkatkan Ranking Blog

Jika anda ingin blog anda memiliki ranking bagus di Alexa.com atau situs sejenisnya. ada baiknya anda memperhatikan backlink. Karena situs seperti alexa.com juga menghitung jumlah backlink. Untuk menentukan rankingnya. Baca juga Cara Meningkatkan Ranking Alexa

 

Jadi, jika sudah Anda tahu apa itu Backlink dan Fungsi backlink. Maka Sekarang, saatnya untuk belajar beberapa teknik sederhana untuk menghasilkan Backlink menuju situs Anda. Satu hal yang harus Anda ketahui tentang Backlink dalam SEO adalah, bukan jumlah backlink yang penting, tapi itu kualitas link yang lebih penting.

 

Dalam mencari backlink ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya dengan blog walking dan berkomentar di blog orang lain, atau menanam backlink di forum ber page rank bagus, atau bisa juga dengan bertukar Link sesama blogger, serta memanfaatkan jasa seo terpercaya.

Intinya yang perlu diperhatikan dalam mencari backlink adalah backlink berkualitas walaupun sedikit tapi lebih bagus dibandingkan backlink banyak tapi spam. Backlink spam biasanya didapatkan dari menggunakan auto backlink atau backlink otomatis, dan hal ini bukanya meningkatkan posisi blog tapi malah bisa berakibat buruk terhadap blog misalnya gara-gara backlink spam blog anda di penalty oleh google.

Untuk itu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada blog anda, sebaiknya anda bisa mencari backlink secara alami. Kalau Anda masih ragu, anda bisa memanfaatkan jasa Garuda SEO.

 

Nah, demikianlah bahasan kami mengenai apa itu backlink ? serta fungsi dan manfaatnya. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Apa Itu Backlink ? Fungsi dan Manfaatnya"