Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Ampuh Meluluhkan Hati Client Dalam Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

 Begini Cara Ampuh Meluluhkan Hati Client Dalam Bisnis


Adakah sebuah cara untuk meluluhkan hati client ? Membuatnya interest, menyukai dan bersimpati dengan apa yang kita tawarkan. Perlu diketahui client adalah raja, apapun keinginan mereka seyogyanya bisa kita berikan. Memang terdengar sulit terlebih tidak semua client tidak mudah ditaklukkan.


Client sejatinya memiliki karakteristik berbeda dan menjadi sulit ketika penjualan tidak bisa dekat secara emosional dan memahami keinginan client.


Namun jangan khawatir kami akan memberikan sebuah tips bagaimana cara ampuh mencuri hati client:


Semuanya Berawal dari komunikasi


Komunikasi ada banyak jenisnya, termasuk dalam komunikasi bisnis. Jangan terjebak pada komunikasi unfaedah yang tidak efektif. Ketika face to face dengan client, kita harus membangun komunikasi to the point. Misalnya dengan membuat konten yang relevan dengan produk, seperti konten motion graphic yang jika dilihat audience mereka akan langsung paham. Intinya adalah bagaimana cara kita menyediakan komunikasi yang mudah dipahami.


Mendengarkan Masukan/Kritik Client


Kembali pada Point awal tadi bahwa client adalah raja, apapun tanggapan dari mereka baik yang bersifat pujian, saran atau kritikan harus diterima sebagai bentuk advice yang berharga. Keobjektifan dari client akan meningkatkan kualitas sebuah usaha. Ketika mereka datang Sambut mereka, dan dengarkan apa yang mereka mau. Pertemukan tujuan usaha dengan solusi apa yang dibutuhkan oleh client. Mendengarkan memang terdengar simpel namun bila dilakukan dengan tulus, pelanggan tentu akan puas.


Pengetahuan akan seluk beluk client


Miskomunikasi biasanya terjadi karena perusahaan tidak tahu asal-usul client, sehingga proses untuk memenangkan hati mereka jadi sedikit terhambat. Pengetahuan akan latar belakang client memiliki urgensi yang tinggi. Karena ada pepatah " Tak kenal maka tak sayang". Bagaimana kita mau mencuri hati client kalau tidak kenal mereka.



Cobalah untuk dekat secara personal, lebih baik lagi sebelum bertemu client, kita sempatkan untuk stalking medsosnya. Kemudian data ini bisa dijadikan rujukan untuk membuat produk yang sesuai target market dari usaha kita


Beri pelayanan terbaik


Saat client menelepon, mengirimkan pesan atau bersedia meeting dengan kita balas effort tersebut dengan pelayanan terbaik. Perlakukan client tanpa membedakan latar belakang, status sosial dan sebagainya. Karena mereka punya posisi yang penting. Mereka adalah alasan kenapa kita berbisnis. 


Ketika mereka menghadapi kesulitan bantu mereka semaksimal mungkin, sesuai porsi kita. Jadikan client/konsumen seakan seperti kerabat yang harus diayomi.


Percaya diri


Tanamkan percaya diri termasuk dalam berhadapan dengan client. Berikan paparan yang informatif dan pastikan mereka paham akan maksudnya. Jangan ragu untuk berinisiatif. Gesture-gesture seperti meminta client untuk bertanya juga termasuk hak perlu dibiasakan. Percaya diri akan memberitahu respon positif untuk client, mereka akan lebih dekat secara emosional dan lebih mudah tertarik dengan produk/jasa perusahaan.







Posting Komentar untuk "Begini Cara Ampuh Meluluhkan Hati Client Dalam Bisnis"