Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung 1 Juta Perbulan Untuk Anak Sekolah

Daftar Isi [Tampil]

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah sebenarnya bukan hal yang mustahil jika kamu mau mempelajari dan mempraktekkannya dengan baik. Barangkali sobat yang masih sekolah, baik itu masih SMP atau SMK saat ini ingin menabung untuk jumlah tersebut. Saya yakin sekali kamu bisa kalau kamu mau berusaha secara maksimal. 

Namun sebelum membahasnya lebih jauh yang harus Anda fikirkan adalah bagaimana menghasilkan uang tersebut terlebih dahulu. Karena anak sekolah kan masih ada yang mempunyai uang hanya dengan mengandalkan orang tuanya. Ya kalau orang tua Anda mampu memberikan uang saku yang besar, kalau tidak berarti Anda harus berusaha menjalan bisnis untuk pelajar agar bisa sukses menabung 1 juta setiap bulan. 

Jika kamu sudah memiliki pemasukan diatas 1 juta sebulan, maka kamu ada kemungkinan besar untuk bisa menabung setiap bulan satu juta. Kalau tidak, ya mau menabung dari mana coba. Fikirkan bagaimana caranya kamu menghasilkan uang atau ada pemasukan setiap harinya 50.000 rupiah saja. Maka kamu akan bisa menabung 1 juta perbulan sebagai anak sekolah. 

Cara Menabung 1 Juta Perbulan Untuk Anak Sekolah

Cara Menabung 1 Juta Perbulan

Baiklah sobat, kali ini bisnisan.id akan menjadi sahabat baik kamu kali ini. Yakni dengan memberikan beberapa tips dan cara agar kamu yang masih anak sekolah bisa sukses menabung 1 juta perbulan. Cara menabung 1 juta perbulan untuk anak sekolah tersebut antara lain : 

1. Sebelum Menabung Pastikan Ada Pemasukan

Yang pertama seperti yang sudah saya singgung diatas tadi, pastikan ada pemasukan terlebih dahulu. Jika minimal dalam sehari kamu ada pemasukan sebesar 40.000 ribu rupiah saja maka kamu bisa menabung 1 juta perbulan. 

Sebagai contoh perhitungannya adalah sebagai berikut : 40.000 x 30 hari = Rp.1.200.000,-. Maka kamu masih ada sisa 200 ribu untuk jajan. Dan uang satu juta tersebut wajib kamu sisihkan dan kamu tabung. 

Lalu bagaimana cara menghasilkan sejumlah uang tersebut? Sobat bisa simak pada beberapa materi menghasilkan uang berikut ini, antara lain :

Kedua materi tersebut saya rasa akan cocok buat kamu yang ingin sukses dalam menabung setiap bulan 1 juta rupiah karena bisa memperbesar pemasukan yang kamu miliki. 

2. Tentukan Tujuan Menabung Yang Kamu Lakukan

Langkah selanjutnya jika pemasukan kamu sudah jelas, sekarang tujuan menabung kamu juga harus diperjelas lagi. Jadi kamu ingin menabung 1 juta setiap bulan itu untuk apa? Hal ini penting untuk kamu perjelas agar kamu bisa menjadi lebih semangat dalam menabung. 

Misalkan saja kamu ingin beli motor mungkin setelah lulus sekolah nanti. Atau ingin membeli barang impian yang lainnya. Atau bisa juga program menabung kamu tersebut untuk membeli rumah di masa depan. 

Perjelas tujuan kamu menabung tersebut. Jika sudah kamu tulis dan tempelkanlah pada tempat yang mudah untuk kamu lihat. Ini sebagai pengingat untuk kamu tentang impian yang kamu miliki. Jika kamu sering melihat tulisan impianmu tersebut maka kamu tidak akan lupa untuk terus semangat dalam menabung.

3. Hematlah Uang Jajan Selama Sekolah

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berhemat. Berhemat uang jajan selama sekolah dan juga berhemat uang jajan kamu diluar sekolah. Semakin kamu hemat maka semakin berhasil proses menabung yang kamu lakukan. 

Jadi kalau bisa kamu jangan sering jajan di sekolah. Bisa kamu atasi dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Jangan malu membawa bekal sendiri, karena ini demi impian kamu mengumpulkan uang 1 juta perbulan tersebut. 

Usahakan juga untuk sarapan setiap pagi sebelum berangkat sekolah. Jadi nanti kamu disekolah tidak akan lapar dan kamu bisa lebih mudah untuk menghemat uang jajan yang kamu miliki. 

Kurangi bermain yang tidak perlu dengan teman-teman kamu. Karena biasanya ketika kamu lebih sering bermain maka ada kemungkinan untuk lebih sering jajan. Jadi setiap pulang sekolah usahakan langsung pulan dan melakukan kegiatan dirumah saja. Dengan begini kamu akan jadi lebih hemat.

4. Jadwalkan Menabung Tersebut Secara Rutin

Selanjutnya adalah jadwalkan proses menabung yang kamu lakukan tersebut. Ada beberapa cara dalam menjadwalkan menabung agar mendapatkan 1 juta dalam 1 bulan. Antara lain sebagai berikut 

  • Jadwal harian, berarti kamu harus menyisihkan minimal Rp.33.000 rupiah setiap hari maka dalam waktu satu bulan akan terkumpul 1 juta rupiah
  • Jadwal mingguan, kamu bisa mengambil salah satu hari dalam 1 minggu untuk menabung. Kamu bisa melakukan menabung selama 4 kali sebesar Rp.250.000,-. Jadi perhitungannya adalah Rp.250.000 x 4 = Rp.1.000.000,-
  • Jadwal bulanan, kamu bisa memilih salah satu tanggal dalam 1 bulan untuk menabung sebesar Rp.1.000.000,- secara langsung

Pilihlah salah satu dari ketiga jadwal diatas. Tentunya sesuaikan juga dengan pemasukan atau kemampuan keuangan yang kamu dapatkan dalam 1 bulan. Misalkan kamu dapat uang setiap hari ya lebih baik setiap hari segera kamu tabung.

Dengan membuat jadwal menabung kamu bisa menjadi lebih teratur. Dan juga lebih mudah untuk membuat pengingat kapan saja kamu harus menabung.

5. Jadikan Proses Menabung 1 Juta Perbulan Menjadi Menyenangkan

Kemudian tips terakhir adalah buatlah proses menabung kamu tersebut menjadi lebih menyenangkan. Jadi proses menabung jangan dijadikan beban dalam hidup kamu. Jalani saja dengan ikhlas dan senang hati. 

Semakin senang kamu dalam menjalani masa menabung, maka semakin besar peluang kamu untuk sukses mengumpulkan banyak uang. 

Salah satu cara agar kamu bisa selalu senang dalam menabung adalah terus mengingat impian awal kamu. Ingatlah bahwa impian dan tujuan menabung kamu adalah untuk hal besar dan indah, jadi jangan sampai gagal di tengah jalan. 

Begitulah sobat tutorial kali ini mengenai cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah. Mudah-mudahan sobat semua yang sedang menabung bisa berhasil sampai tercapai tujuannya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih. 

Baca juga tips menabung lainnya : 

Posting Komentar untuk "Cara Menabung 1 Juta Perbulan Untuk Anak Sekolah"