Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Uang Jajan 20000 Menjadi 20 juta Rupiah

Daftar Isi [Tampil]

Dengan mengetahui cara menabung yang tepat, maka kamu akan bisa mengubah uang jajan 20000 kamu menjadi 20 juta rupiah, bahkan bisa lebih banyak lagi. Tahukah sobat semua bahwa menabung sudah seharusnya Anda biasakan dari sekarang juga. Karena dengan menabung sobat akan mempunyai kesempatan memiliki keuangan yang lebih baik di masa depan. Bukan hanya itu saja, dengan menabung sobat akan bisa mewujudkan sebuah impian di masa depan. 

Lalu seberapa banyak kita harus menabung? Dan sampai disini sobat perlu tahu bahwa menabung tidak penting berapa jumlahnya, namun yang penting adalah seberapa sering dan seberapa disiplin dalam menabung itu sendiri. Meskipun cuma 20000 rupiah, namun jika konsiten maka akan menjadi puluhan juta rupiah. Bukankah sobat selama ini sering punya uang 20000? Nah, manfaatkan dengan baik uang tersebut. Di masa depan mungkin bisa membantu membeli barang impian atau kegiatan yang sobat impikan selama ini. Dan kali ini bisnisan.id bakalan memberikan Anda beberapa cara dan tips agar sukses dalam bahasan kali ini, sebut saja ilmu ini dengan nama "power of 20.000"

Cara Menabung Uang Jajan 20000

cara-menabung-uang-jajan-20000

Sebelum masuk pada bagaimana cara menabung uang jajan 20000, ada sebuah hitung-hitungan yang bakalan membuat kamu lebih semangat dalam menabung. Misalkan saja kamu bisa disiplin menabung Rp. 20.000,- setiap hari, maka kamu akan mendapatkan perhitungan sebagai berikut :

Menabung 1 tahun atau 350 hari = 350 x Rp. 20.000.- = Rp. 7.000.000,-

Menabung 2 tahun atau 700 hari = 700 x Rp. 20.000,- = Rp. 14.000.000,-

Menabung 3 tahun atau 1050 hari = 1050 x Rp. 20.000,- = Rp. 21.000.000,-

Bagaimana? Menarik bukan, dengan menabung uang jajan 20000 saja bisa menjadi 20 juta rupiah. Dan ini adalah fakta, tinggal Anda saja mau menjalankannya dengan baik atau tidak.

Bagi seorang pelajar mungkin sedikit berat untuk menabung 20000 perhari, mungkin Anda lebih cocok untuk menyimak materi cara menabung uang jajan 5000 dan cara menabung uang jajan 10000 di artikel sebelumnya. Kecuali memang jatah uang jajan sekolah atau kuliah kalian besar setiap harinya mungkin bisa. 

Namun bagi seorang pekerja saya rasa ini menjadi hal yang lebih mungkin dan menurut saya harus Anda lakukan. Apalagi jika Anda masih muda, dalam 5 tahun kedepan saja bisa mengumpulkan tabungan 35.000.000 rupiah jika Anda mulai rutin menabung dari sekarang.

Langkah-langkah dan cara menabung uang jajan 20000 antara lain :

1. Tentukan tujuan menabung yang kamu lakukan

Seperti pada beberapa tutorial menabung lainnya, langkah awal yakni tentukan dan perjelas terlebih dahulu tujuan kamu menabung. Hal ini menjadi cukup penting karena bisa memperlancar dan menambah semangat dalam kamu menabung.

Misalkan saja untuk membeli motor impian, membeli mobil, membeli rumah, berangkat haji atau untuk membahagiakan orang tua.

Apapun tujuan kamu, kamu harus serius dengan tujuan tersebut agar lebih mantap dan semangat. Serta untuk tujuan kamu yang luar biasa tersebut sudah seharusnya tidak main-main lagi dalam kegiatan menabung.

2. Buatlah sebuah jadwal khusus untuk menabung 

Langkah selanjutnya adalah perkara jadwal kamu menabung. Jadwalkan kapan saja Anda harus menabung. Misalkan menabung harian ya setiap hari jam berapa Anda harus menabung Anda tentukan.

Misalkan menabung mingguan, Anda bisa memilih salah satu hari dalam satu minggu untuk jadwal wajib menyimpan uang tersebut. 

Untuk masalah jadwal ini tentukan berdasarkan kemampuan yang pasti Anda bisa ambil. Namun juga jangan terlalu longgar dalam membuat aturan karena Anda tidak akan punya target yang kuat kalau tidak memicu diri sendiri dalam menabung.

Lebih bagus lagi jika Anda membuat sebuah ceklist. Jadi setiap Anda selesai menyimpan uang Anda bisa melakukan check atau tanda tangan sebagai kegiatan untuk mengetahui seberapa disiplin Anda dalam menabung.

3. Tentukan tempat menyimpan uang tabungan

Selanjutnya adalah tentukan tempat penyimpanan uang tabungan Anda tersebut. Hal ini perlu Anda fikirkan bagaimana caranya uang tersebut aman. Aman disini adalah aman tidak bisa diambil orang lain sekaligus sulit untuk Anda ambil sendiri.

Selain itu buatlah tempat penyimpanan uang yang menarik agar suasana menabung kamu lebih menyenangkan. Karena semakin senang kamu dalam menabung maka semakin bagus juga untuk kelancaran proses menabung.

Kalau untuk nominal 20000 ribu perhari saya rasa setiap bulan Anda harus menyetorkannya dalam sebuah rekening Bank. Karena semakin lama juga semakin banyak nominal jumlahnya pasti.

4. Lakukan penghematan biaya hidup

Selanjutnya adalah melakukan penghematan keuangan Anda untuk segala macam keperluan. Hal ini Anda lakukan untuk mendukung kelancaran proses menabung Anda. 

Lagi pula kalau Anda tidak berhemat pasti akan ada pengeluaran berlebihan yang menjadikan Anda tidak bisa menyisihkan uang.

Lebih bagus lagi Anda menghemat dan setiap ada uang masuk pastikan untuk menyisihkan 20000 terlebih dahulu untuk menabung. Setelah kewajiban menabung Anda lakukan baru Anda bisa menggunakan uang untuk keperluan lain.

5. Perbesar lagi penghasilan keuangan Anda

Seberapa besar pemasukan Anda akan mempengaruhi kelancaran menabung. Jadi pastikan untuk bisa tetap memperlancar pemasukan Anda. Terutama jika Anda bekerja atau berwirausaha, usahakan untuk memperbanyak sumber penghasilan.

Semakin besar pemasukan Anda, maka semakin mudah Anda menyisihkan uang Rp.20.000. Dan jika ada penghasilan lebih usahakan untuk menambah satu lagi program menabung tambahan. Sebagai contoh Anda sudah menabung harian, Anda bisa menambah program khusus menabung mingguan.

Jika Anda bisa menambah program menabung mingguan, maka akan ada uang tabungan tambahan :

Dalam 1 tahun ada 52 minggu = 20000 x 52 = Rp. 1.040.000,-

Dalam 2 tahun ada 104 minggu = 20000 x 104 = Rp. 2.080.000,-

Dalam 3 tahun ada 156 miggu = 20000 x 156 = Rp, 3.120.000,-

Jumlahnya cukup lumayan untuk menambah saldo tabungan utama tadi kan.

6. Terus konsisten sampai target menabung tercapai

Tidak ada kunci sukses lain dalam menabung kecuali konsisten dan disiplin. Dan hal ini cuma Anda sendiri yang bisa mengatur dan mengingatkan diri sendiri. Seberapa sering dan disiplin dalam menabung maka semakin besar pula nominal yang akan terkumpul.

Terus ingat tujuan Anda menabung di awal tadi agar Anda terus semangat dan senang dalam menabung. Jangan coba-coba longgar atau lowong dalam rutinitas menabung. Karena sekali saja Anda lupa atau bahkan sengaja tidak menyisihkan uang, maka akan menjadi sebuah kebiasaan. 

Kemudian teruslah bersemangat sampai tujuan menabung Anda tercapai. Siap berkorban dan berhemat demi tujuan besar Anda. Dan satu hal yang harus Anda ingat betul " kesuksesan menabung hanya diri sendiri yang menentukan".

Demikian sobat penjelasan kali ini mengenai cara menabung uang jajan 20000. Semoga saja artikel ini bisa membantu Anda menjadi lebih sukses dalam kegiatan menabung. Semoga berhasil dan terima kash.

Posting Komentar untuk "Cara Menabung Uang Jajan 20000 Menjadi 20 juta Rupiah"