Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Uang Jajan 5000 Menjadi Lima Juta Rupiah

Daftar Isi [Tampil]

Cara menabung uang jajan dari 5000 rupiah perhari bisa menghasilkan puluhan juta rupiah. Apakah Anda pernah memikirkan hal ini sebelumnya? Kalau belum yuk simak artikel kali ini sampai dengan selesai. Menabung merupakan sebuah kegiatan menyisihkan dan menyimpan sejumlah uang yang dimiliki. Meski sama-sama menabung, kalau caranya berbeda, hasilnya pun akan berbeda. Jadi pastikan kalau kamu sudah menabung menggunakan cara yang benar. 

Bicara mengenai uang 5000 rupiah memang seringkali di sepelekan. Ah, dapat apaan duit 5000 zaman sekarang, pasti banyak yang bilang begitu. Padahal tanpa uang 5000 rupiah maka tidak akan tercipta uang ratusan hingga jutaan rupiah, benar kan? Nah maka dari itu cobalah untuk menghargai angka 5000 rupiah ini terlebih dahulu sebelum Anda menabung.

Cara Menabung Uang Jajan 5000

cara-menabung-uang-jajan-5000

Menabung pada dasarnya adalah sebuah konsistensi jangka panjang. Bukan masalah seberapa besar nilainya, tapi masalah seberapa disiplin seseorang dalam melakukannya. Saya akan berikan sebuah contoh di kehidupan nyata, dan ini benar-benar terjadi. Sebut saja antara si Aldan dan si Aldi.

Aldan bekerja dengan penghasilan sebesar Rp.3.000.000,- sedangkan si Aldi hanya bekerja harian dengan penghasilan Rp.70.000,-/hari. Namun keduanya mempunyai kebiasaan berbeda dalam hal menabung. Meskipun si Aldi penghasilan bulanan lebih kecil, tapi rajin menabung setiap hari Rp.5000,-. Sedangkan si Aldi dengan penghasilannya yang lebih besar sebulan masih sering kehabisan uang. Selama satu 3 tahun berlangsung kira-kira bagaimana perbandingan keadaan keduanya?

Berikut perhitungan tabungan dari si Aldi yang melakukan menabung Rp.5000,- perhari selama 3 tahun lamanya :

3 tahun = 350 hari x3

total jumlah hari adalah 1050 hari = Rp.5000 x 1050 hari = Rp.5.250.000,-

jadi hasil tabungannya adalah Rp.5.250.000

Jadi kelihatan kan sesuatu yang sepertinya sangat sepela. Namun jika dilakukan secara tekun dan terus menerus akan menjadi sebuah hasil yang mengejutkan. Dengan menyisihkan uang 5000 rupiah setiap hari ternyata bisa menjadi 5 juta rupiah. 

Nominal Rp.5.000.000,- bagi seseorang yang bekerja sudah cukup lumayan. Apalagi buat kamu yang masih sekolah. Bisa buat beli barang favorit kamu pastinya setelah uang tersebut terkumpul. Berarti buat kamu yang masih sekolah jika memiliki uang jajan diatas Rp.5000,-. Juga bisa kamu sulap menjadi 5 juta rupiah asalkan sabar dan konsisten dalam melakukannya. 

Berikut langkah-langkah menabung uang jajan 5000, Antara lain :

1. Perkuat dan perjelas tujuan menabung

Yang pertama adalah perkuat dan perjelas terlebih dahulu untuk apa kamu ingin menabung. Ini menjadi hal yang cukup penting karena bisa menjadi motivasi khusus dalam kamu menabung.

Misalkan saja untuk membeli hp android yang canggih, untuk uang saku liburan, untuk membeli PS4 atau tujuan-tujuan yang lainnya. 

Dengan mengetahui tujuan menabung yang jelas maka kamu pasti akan lebih semangat ketika mengingat hendak digunakan untuk apa kamu menabung nanti. 

2. Buat tempat yang menarik untuk menyimpan uang tabunganmu

Langkah selanjutnya coba buatlah sebuah tempat penyimpanan menabung yang menarik. Boleh menggunakan celengan atau menggunakan tempat apapun yang enak untuk kamu pandang.

Dengan tempat menabung yang menarik kamu akan merasa lebih bahagia setiap menyisihkan uang tersebut. Dan ini akan membuat kamu menjadi lebih lancar untuk menabung setiap harinya.

Perasaan senang seperti inilah yang harus kamu ciptakan dalam proses menabung sehari-hari. Jadi jangan sampai rasa senang menabung kamu hilang. Terus pelihara dengan hal dan cara kamu sendiri.

3. Jadwalkan jam menabung setiap harinya

Selanjutnya jangan lupa untuk menjadwalkan kegiatan menabung yang kamu lakukan. Jika kamu ingin menabung uang jajan 5000 perhari, maka jadwalkan jam berapa saja kamu harus menyisihkan uang tersebut.

Misalkan buat yang masih sekolah atau kuliah. Lebih baik kamu menabung setiap pagi sebelum berangkat kuliah atau sekolah. Dengan begitu uang jajang kamu sudah kamu amankan sebesar Rp.5000 setiap harinya.

Coba dihitung misalkan kamu menabung sejak SMP sampai dengan SMK. Maka ada waktu 6 tahun. Yang artinya bisa terkumpul 10 juta rupiah dari hasil menabung kamu setiap hari.

Kemudian untuk yang sudah bekerja, sebenarnya terlalu kecil untuk pekerja jika menabung cuma 5000. tp itu lumayan juga daripada tidak sama sekali. Sebagai contoh bisa Anda setiap hari setelah pulang kerja atau bisa juga setiap hari sebelum berangkat kerja.

Jika kamu menabung dimulai usia 18 tahun sampai dengan di usia 30 tahun akan ada sepanjang 12 tahun. Dan ini bisa terkumpul sebesar Rp.20.000.000,-. Pernah terpikirkah sebelumnya bahwa uang 5000 bisa menjadi 20 juta ?

4. Buatlah sebuah alarm khusus untuk mengigatkan Anda dalam menabung

Setiap hari coba buat sebuah reminder atau alarm yang berguna mengingatkan kamu untuk menabung. Meskipun alarm ini nanti lama-lama juga tidak terpakai.

Karena ini hanya untuk awalan saja sampai kamu benar-benar terbiasa menabung setiap hari. Ketika kamu behasil membiasakan tindakan menabung selama 100 kali. Maka setelah itu kamu akan terbiasa dengan sendirinya. Tanpa harus kamu alarm nanti naluri kamu akan menabung dengan sendirinya.

5. Sabar, tekun dan displin dalam menabung

Yang terakhir adalah sabar tekun dan disiplin dalam menabung. Tidak ada siapapun yang bisa menentukan kesuksesan menabung Anda kecuali diri Anda sendiri. Jadi semuanya tergantug dengan Anda.

Semakin Anda sabar dan disiplin maka semakin dekat Anda dengan kesuksesan dalam menabung. Jangan coba-coba melanggar aturan yang sudah dibuat sendiri dalam menabung. Coba tepati apa yang sudah Anda impikan dan tepati apa yang sudah Anda rencakan.

Baiklah sobat, diatas adalah serangkaian penjelasan dari saya mengenai cara menabung uang jajan 5000. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga tips menabung lainnya :

Posting Komentar untuk "Cara Menabung Uang Jajan 5000 Menjadi Lima Juta Rupiah"