Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Uang Jajan 10000 menjadi Puluhan Juta Rupiah

Daftar Isi [Tampil]

Dengan mengtahui cara menabung yang benar, maka uang jajan 10000 rupiah bisa terkumpul dengan baik, bahkan bisa menjadi puluhan juta rupiah nantinya. Karena memang menabung bukan soal besar kecil nominalnya. Tapi soal seberapa konsisten seseorang dalam melakukannya. Jadi kalau Anda sedang mempunyai niat untuk menabung, segeralah menabung dan tidak usah bingung atau berkecil hati gara-gara nominal kecil. Karena dengan 10 ribu rupiah pun bisa menjadi 10 juta atau bahkan 20 juta rupiah.

Kalau pepatah menabung mengatakan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Jadi bukan masalah seberapa besar Anda menabung, tapi seberapa sering Anda menabung menjadi lebih penting. Apalagi buat Anda yang masih berusia muda. Ini merupakan kesempatan emas buat Anda untuk menabung dari sekarang juga. Mungkin di 5 tahun yang akan datang, uang 10 ribu Anda bisa menjadi puluhan juta rupiah. Apalagi buat yang masih sekolah atau kuliah, misalkan saja dikasih orang tua uang jajan yang lumayan banyak bisa jadi setelah Anda lulus nanti sudah terkumpul puluhan juta rupiah.

Cara Menabung Uang Jajan 10000

cara-menabung-uang-jajan-10000

Baiklah, materi kali ini sebut saja dengan "the power of 10000", yang artinya menabung uang jajan 10000 demi kesuksesan di masa depan. Sekarang ada sebuah pertanyaan khusus buat Anda. Mau menabung berapa lama? 1 tahun, 2 tahun atau bahkan 5 tahun. Jika menabung harian maka perhitungan normal yang akan di dapatkan sebagai berikut :

Menabung 1 tahun = 350 hari (anggap saja begitu). Berarti 350 x Rp.10.000,- = Rp.3.500.000,-

Menabung 2 tahun = 700 hari. Berarti 700 x Rp.10.000 = Rp. 7.000.000,-

Menabung 3 tahun = 1050 hari. Berarti 1050 x Rp. 10.000 = Rp. 10.500.000,-

Menabung 5 tahun = 1750 hari. Berari 1750 x Rp. 10.000 = Rp. 17.500.000,-

Wow, kalau dihitung-hitung, uang 10.000 rupiah, ternyata bisa menjadi 17 juta rupiah. Jadi jangan sepelekan 10000 ketika Anda ingin menjalankan program menabung. 

Kemudian jika ingin menargetkan lebih dari hitungan diatas, sediakan tabungan cadangan. Yakni tabungan bebas sebagai pendamping tabungan rutin Anda. Misalkan saja setiap hari Anda menabung 10000 rupiah, namun khusus di hari minggu Anda menabung sebesar Rp.20.000,-. Yang 10000 di tabungan utama dan yang 10000 lagi ditaruh di tabungan pendamping. Perhitungannya akan bertambah sebagai beikut :

1 tahun ada 52 minggu = 52 x Rp.10.000 = Rp.520.000,-

2 tahun ada 104 minggu = 104 x Rp. 10.000 = Rp. 1.040.000,- 

Kalau ditambahkan dengan tabungan utama maka makin banyak saja pastinya. 

Hitungan tabungan diatas adalah untuk memotivasi sekaligus mengingatkan Anda bahwa uang 10000 rupiah kalau dikelola dengan baik bisa menjadi sangat banyak jumlahnya. Namun semua hal tersebut juga pasti tidak mudah. Anda bisa mengikuti beberapa tips dari bisnisan.id kali ini.

Langkah-langkah atau cara menabung uang jajan 10000 antara lain :

1. Tentukan kegunaan uang tabungan Anda di masa depan

Baiklah, langkah awal yang harus Anda fikirkan adalah tujuan daripada menabung itu sendiri. Karena menabung Anda bakalan lebih semangat kalau tujuannya jelas. Apalagi tujuan tersebut adalah untuk suatu impian Anda di masa depan.

Jadi pastikan dahulu Anda mau menabung untuk keperluan apa. Barangkali yang masih muda ingin menabung untuk keperluan menikah, membahagiakan orang tua, untuk beli rumah dan keperluan yang lainnya.

Tentukan tujuan serta pegang baik-baik impian Anda tersebut. Saya yakin kalau Anda serius, di kemudian hari InsyaAllah keinginan tesebut akan segera tercapai.

2. Tentukan jam dan jadwal menabung

Selanjutnya adalah masalah teknis, yakni tentukan jadwal sekaligus jam untuk Anda menabung. Karena menabung harian biar disiplin Anda harus menentukan jamnya sekalian.

Mau milih jam berapa Anda menyisihkan uang tersebut itu terserah Anda. Kalau menurut saya lebih baik saat anda menerima uang tersebut.

Sebagai contoh, untuk anak sekolah atau kuliah menabunglah saat menerima uang jajan tersebut. Sebelum digunakan untuk hal-hal yang lain segera sisihkan 10000 target Anda setiap hari. 

Kemudian untuk yang bekerja harian lebih baik jika menabung setiap hari setiap selesai terima gaji. 

Kemudian untuk yang bergaji bulanan. Sediakan pecahan 10000 rupiah sebanyak 30 lembar untuk tiap hari disisihkan ke dalam tabungan yang Anda miliki.

3. Tentukan tempat untuk menyimpan uang

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan tempat untuk menabung itu sendiri. Misalkan menabung uang cash secara harian, berarti Anda butuh celengan atau wadah untuk menyimpan uang tersebut.

Kalau menurut saya meskipun di tabung di dalam celengan, atau toples dan wadah yang lain. Namun setiap akhir bulan coba untuk pindahkan ke dalam buku rekening bank. Dengan begitu akan lebih aman lagi simpanan Anda tersebut. 

4. Buatlah reminder atau pengingat pada jadwal yang dibuat

Untuk awal-awal menabung biar gak lupa silahkan buat sebuah alarm atau reminder. Hal ini akan berguna untuk mengingatkan Anda saat waktunya menabung.

Lakukan terus menerus sampai dengan 100 kali lebih. Kalau sudah diulang-ulang nantinya Anda bakalan terbiasa dan di masa depan sudah tidak perlu memakai alarm lagi.

5. Jadikan aktifitas menabungmu hal yang menyenangkan

Selanjutnya adalah jadikan aktifitas menabungmu sesuatu hal yang menyenangkan. Jadi jangan jadikan hal tersebut sebagai beban. Namun lakukanlah dengan senang hati.

Ini penting karena semakin senang Anda menabung maka semakin bertahan lama kegiatan menabung Anda.

Kalau kebetulan Anda malas atau ada kendala, coba ingat-ingat kembali tujuan Anda menabung. Hal ini untuk memotivasi Anda untuk kembali rajin dalam menabung.

6. Sabar, Tekun dan Konsisten Dalam Menabung

Yang terakhir adalah sabar, tekun dan konsisten dalam proses menabung itu sendiri. Jadi yang namanya menabung pastinya butuh waktu. Kalau Anda tidak sabar ya pastinya bakalan gagal. Lalu latihlah diri Anda terus disiplin dengan jadwal yang Anda buat.

Jangan sekali-kali melanggar peraturan yang Anda buat sendiri. Misalkan tiba jadwalnya menabung ya harus menabung. Karena sekali melanggar pasti bakalan terulang lagi dan akhirnya kegiatan menabung Anda sering bolong-bolong.

Begitulah sobat artikel kali ini mengenai cara menabung uang jajan 10000. InsyaAllah jika Anda mempraktekkannya dengan baik, di masa depan Anda bisa berhasil mencapai tujuan Anda. Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan terima kasih.


Artikel Terkait :

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

2 komentar untuk "Cara Menabung Uang Jajan 10000 menjadi Puluhan Juta Rupiah"

  1. Makin semangat saja buat menabung setelah lihat artikel dari agan ini. Makasih sudah menginspirasi gan

    BalasHapus
  2. Mantap bos hitungannya. Tapi memang dalam menjalankan proses menabung tidak semudah itu. Biasanya awalan Doank semangat, setelah itu bolong-bolong. Hehehe

    BalasHapus

Berlangganan via Email