Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Bisnis Online Bagi Penjual Dan Pembeli

Daftar Isi [Tampil]

Bisnis online banyak memberikan manfaat baik itu bagi penjual maupun bagi pembeli. Apalagi masyarakat sudah semakin paham mengenai teknologi internet. Jadi semakin lama semakin merata yang bisa merasakan adanya bisnis online ini. Tentu saja ini juga memberikan dampak yang memudahkan untuk kedua belah pihak. 

Banyak yang bilang kalau bisnis online sendiri cukup mudah untuk dijalankan. Makanya makin lama juga makin banyak yang terjun untuk melakukan usaha bisnis online. Memang benar mudah untuk memulainya, namun untuk bisa sukses dalam bisnis online tidak segampang itu. Karena semakin hari tentu semakin banyak persaingan yang terjadi. Agar wawasan Anda semakin luas tentang bisnis online, coba simak terlebih dahulu beberapa manfaat yang akan di dapatkan oleh bisnis yang akan kami bahas di bisnisan.id kali ini.

Manfaat Bisnis Online Bagi Penjual dan Pembeli

manfaat-bisnis-online

Seperti yang sudah sedikit saya jelaskan diatas bahwa bisnis yang satu ini memang membawa manfaat serta dampak yang cukup bagus. Baik itu dari sisi penjual maupun dari sisi si pembeli. Dengan catatan sudah sama-sama paham dan mengerti cara berbisnis online dan cara belanja online yang benar, dengan begitu manfaat tersebut akan di dapatkan secara maksimal.

Manfaat Bisnis Online Bagi Penjual antara lain :

1. Bisnis online memberikan jangkauan pasar yang luas untuk penjual

Manfaat yang pertama tentu dari segi jangkauan pasarnya yang lebih luas. Dari manapun Anda berada, dengan menjalankan bisnis online bisa menjangkau tempat yang jauh. Tidak cuma berbeda kota, bahkan bisnis online jangkauannya adalah internasional.

Artinya bagi seorang penjual akan mampu memasarkan produk dan jasanya dengan wilayah yang sangat luas. Tentu saja hal ini juga akan memperbesar peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari berbagai macam daerah.

Dampak akhirnya bisnis online ini berpeluang untuk kesuksesan yang lebih luas. Berbeda dengan bisnis offline yang hanya wilayah lokal, namun bisnis online bisa cakupan nasional bahkan internasional.

2. Bisnis online memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk memulainya

Selanjutnya bagi seorang yang berniat menjadi penjual akan lebih mudah untuk menjalankan bisnis online ini. Coba Anda fikirkan bahwa bisnis online bisa dimulai bahkan hanya dengan modal hp saja. Artinya sungguh praktis dan mudah untuk dimulai.

Kemudian kemudahan untuk memulai lainnya adalah dari segi tempat dan juga dari segi sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Kalau bisnis konvensional lain mungkin butuh lapak, butuh segala macam peralatan yang ribet.

Sedangkan bisnis online bagi penjual tidak perlu memikirkan soal tempat dan sarana. Dari rumah saja asalkan ada internet berarti bisa memulai bisnis online.

3. Bisnis online memberikan peluang kepada pemilik modal kecil

Manfaat selanjutnya untuk seorang penjual adalah bisa berjualan dengan modal yang cukup kecil. Bahkan bisa dengan modal paket data saja sudah bisa.

Makanya banyak diluaran sana yang terjun kedalam bisnis online bahkan tanpa modal. Seperti halnya menjadi seorang dropshiper atau seorang reseller.

Bisnis online bermanfaat juga bagi orang-orang yang kurang dalam keuangan. Tidak punya duit namun pengen berbisnis, akhirnya mereka pun tetap bisa menjalankan bisnis online ini.

4. Bisnis online bermanfaat untuk mengurangi tingkat pengangguran

Diluar itu semuanya bisnis online ini cukup bermanfaat untuk mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia.

Sebagai contoh kemarin pada saat ada wabah yang mengakibatkan banyak terjadi PHK. Banyak teman-teman yang akhirnya beralih mencoba bisnis online karena sudah tidak ada pekerjaan.

Artinya bisnis ini memang sangat flexibel untuk banyak orang sehingga mampu menekan angka pengangguran di tengah masyarakat kita

5. Bisnis online memberikan kecepatan komunikasi, promosi dan penjualan

Bisnis online juga memberikan kecepatan dalam melakukan segala macam aktifitas di dalamnya. Baik itu untuk komunikasi dengan pelanggan atau mitra bisnis, kemudian kecepatan dalam hal promosi dan juga dalam hal penjualan.

Bayangkan saja hanya dalam satu klik informasi sudah sampai, hanya dengan hitungan menit promosi sudah menyebar secara online. Kemudian imbasnya juga akan mempercepat seorang penjual dalam melakukan penjualan dan lebih cepat untuk mengumpulkan keuntungan.

6. Penjual berpeluang mendapatkan keuntungan lebih besar

Dari point ke 1 sampai dengan point ke 5 diatas, seorang penjual dalam bisnis online akan berpeluang mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Mulai dari modal bisa lebih kecil, pemasaran lebih luas, biaya promosi lebih hemat, maka hal-hal tersebut mendukung seorang penjual untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

Namun tentu saja semua manfaat diatas akan dialami seorang penjual yang sudah paham betul mengenai cara menjalankan bisnis online itu sendiri.

Manfaat Bisnis Online Bagi Pembeli antara lain :

7. Pembeli lebih mudah untuk mendapatkan barang

Selain bagi seorang penjual, pembeli juga akan mendapatkan manfaat dengan adanya bisnis yang satu ini. Salah satunya adalah lebih mudah untuk mendapatkan barang belanjaan.

Sebagai sebuah contoh, dahulu sebelum populer bisnis online, setiap pembeli harus menuju sebuah mall untuk membeli baju. Belum kalau macet dijalan, belum antri bayar dan lain-lain. Dan semua hal tersebut tentu ribet untuk dilakukan.

Berbeda dengan sekarang, dengan adanya bisnis online pembeli jadi lebih mudah untuk mendapatkan barang belanjaan yang diinginkan. Tinggal lihat handphone pilih model dan bayar via online, jadi lebih mudah.

8. Pembeli lebih cepat untuk mendapatkan barang

Kemudian manfaat yang lain bagi seorang pembeli adalah lebih cepat dalam mendapatkan barang yang diingunkan. Misalkan saja untuk membeli produk yang langka di daerah sendiri. Maka dengan adanya bisnis online bisa membeli dari daerah lain saat itu juga.

Dan untuk keperluan-keperluan khusus yang membutuhkan produk belanjaan yang sulit dicari juga menjadi lebih cepat untuk di dapatkan. 

9. Pembeli bisa mendapatkan harga yang termurah

Salah satu alasan banyak pembeli yang memilih belanja melalui online adalah bisa melakukan pencarian harga termurah. Tentu ini sangat bermanfaat untuk pembeli.

Pembeli bisa membandingkan harga dari berbagai macam penjual dan dari berbagai macam daerah untuk mendapatkan harga paling murah.

Selain itu pastinya akan bermanfaat menjadikan pembeli lebih hemat pengeluaran belanja.

10. Pembeli jadi lebih nyaman dengan berbelanja dari rumah

Manfaat yang lain yang akan di dapatkan oleh seorang pembeli adalah bisa berbelanja dari rumah. Ini penting hloh, terutama untuk orang-orang sibuk yang tidak sempat pergi ke toko, mall dan sejenisnya.

Sehingga pembeli tersebut bisa melakukan belanja dari rumah bahkan hanya perlu melakukan klik dari handphone saja sudah cukup.

Apalagi pasa masa pandemi kemarin, banyak masyarakat yang memanfaatkan belanja online karena tidak bisa keluar rumah dan tentu tidak bisa ke pasar untuk belanja.

11. Pembeli mendapatkan banyak pilihan produk dengan adanya bisnis online

Kemudian yang selanjutnya seorang pembeli jadi lebih mudah dan maksimal dalam memilih sebuah produk. Bagi pembeli yang pemilih bisa melihat berbagai model dengan berbelanja via online.

Misalkan saja Anda adalah pecinta fashion, pastinya Anda bakalan melihat banyak koleksi fashion terlebih dahulu sebelum membeli. Dan di bisnis online ini bisa mendapatkan bahkan ribuan pilihan produk yang tersedia. 

Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa manfaat bisnis online untuk penjual dan pembeli sama-sama banyaknya. Asalkan sudah paham bagaimana menjalankan bisnis online serta berbelanja online yang baik dan benar. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "11 Manfaat Bisnis Online Bagi Penjual Dan Pembeli "