Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Cara Melihat Dan Mencari Peluang Usaha Bisnis Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Cara melihat peluang bisnis. Seorang pemula ketika terjun kedunia bisnis sudah pasti harus tahu cara mencari peluang usaha yang tepat dan sesuai dengan diri Anda. Sehingga dalam memilih dan menjalankan bisnis bisa tepat sasaran karena sesuai dengan kondisi yang ada. Karena yang namanya kesuksesan bisnis bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah dengan cara melihat momentum dan peluang yang Anda.

Selain melihat peluang bisnis, seorang pemula juga harus bisa memaksimalkan potensi diri sebelum berbisnis. Dengan bermodal kedua hal tersebut Anda akan menjalankan bisnis yang benar-benar sesuai dengan diri Anda. Karena bisnis adalah sebuah permainan untuk bersaing dan juga meraih keuntungan, kalau kita tidak pandai memanfaatkan situasi dan kemampuan diri kita, sudah pasti kita akan tersingkirkan atau kalah dalam persaingan bisnis itu sendiri.

Cara Melihat Peluang Bisnis


cara-melihat-peluang-bisnis

Kali ini bisnisan.id akan memberikan beberapa tips mengenai cara melihat peluang bisnis bagi seorang pemula. Semoga dengan tips ini Anda bisa memilih dan menjalankan bisnis dengan tepat dan bisa lebih cepat untuk sukses. Beberapa tips untuk melihat peluang bisnis, antara lain sebagai berikut :

1. Melihat potensi diri sendiri

Cara melihat peluang bisnis yang pertama adalah dengan meneliti potensi yang dimiliki oleh diri sendiri. Kamu bisanya apa? Lalu jalakan saja sebuah bisnis yang sesuai dengan potensi dan kemampuanmu tersebut.

Terkadang beberapa orang cuma karena ikut-ikutan dalam menjalankan bisnis, padahal tidak mempunyai kemampuan di bidang tersebut. Maka dipastikan hasilnya pun tidak akan bisa maksimal.

Kalau kamu menjalankan sebuah bisnis sesuai dengan potensi yang ada pada dirimu. Itu seperti sedang bertarung dengan mempunyai senjata Andalan yang cukup kuat. Makanya tidak heran kalau orang yang berbisnis sesuai dengan potensi yang dia miliki biasanya lebih mudah memangkan persaingan.

Cotntoh :

" Kamu adalah orang yang berbakat atau berpotensi di bidang musik, maka kamu lebih pantas untuk menjalankan bisnis entertainment di bidang musik, atau jualan alat musik, atau lebih cocok memulai karir menjadi musisi" Dari contoh tersebut, coba Anda cari potensi Anda dan jalankan bisnis yang sesuai.

2. Melihat peluang bisnis di lingkungan sekitar

Cara yang kedua adalah dengan cara melihat lingkungan sekitar tempat tinggal. Coba Anda amati lingkungan tinggal Anda dan temukan peluang di dalamnya. Dalam hal ini Anda bisa melihat kebiasaan masyarakat sekitar, lokasi atau daerah. Dengan melihat lingkungan sekitar tersebut, Anda pasti akan segera menemukan peluang yang tepat.

Contoh :

" Misalkan kamu tinggal di daerah padat tempat kost-kostan dan para pendatang. Maka dari situ muncul peluang bisnis seperti membuka usaha laundry, jualan makanan untuk anak kost dan beberapa peluang lain yang sekiranya banyak diminati anak kostan tersebut" Dari contoh tersebut, coba sekarang Anda lihat lingkungan sekitar Anda dan mulai fikirkan peluang bisnis apa yang ada.

3. Melihat peluang bisnis dari trend terbaru masa kini

Ide bisnis juga bisa Anda munculkan dengan melihat dan meneliti trend masa kini. Ini cocok bagi kamu yang selalu up to date akan informasi-informasi terbaru atau informasi yang sedang viral.

Saya akan ambilkan contoh, misalkan sedang trend pertandingan asian games, maka Anda bisa berbisnis jersey bola atau aksesoris yang ada sangkut pauntnya dengan asian games tersebut.

Atau kamu bisa menjalankan bisnis yang belakangan ini lagi nge trend, misalkan ada tanaman hias yang lagi naik harganya. Anda bisa menjalankan bisnis tanaman hias tersebut. Intinya Anda bisa menyesuaikan trend tersebut.

Namun di dalam melakukan bisnis berdasarkan trend, harus hati-hati. Karena bisnis yang mengikuti trend biasanya tidak akan berlangsung lama. Jadi Anda perlu berpindah lagi kepada bisnis yang lagi trend lainnya di masa yang akan datang. Ini adalah kelemahan dari bisnis dengan mengikuti trend.

Baca juga : Bisnis online tanpa modal sepeserpun

4. Menemukan peluang bisnis dengan memperbanyak keahlian diri

Kalau Anda merasa sangat sulit untuk menemukan peluang bisnis, Anda juga bisa menambah keahlian Anda saat ini. Bisa jadi kamu tidak mempunyai peluang karena memang tidak memiliki keahlian khusus.

Cobalah untuk menambahkan beberapa keahlian baru sehingga kamu bisa menciptakan peluang bagi dirimu. Misalkan saja kamu mengambil kursus bahasa, kursus mengemudi mobil, mengemudi forklif, kursus menjahit. Pastinya jika Anda sudah memiliki keahlian khusus, akan lebih mudah nantinya dalam menciptakan peluang bisnis untukmu sendiri.

5. Melihat peluang bisnis dari musim dan cuaca

Peluang bisnis juga Anda lihat dari musim dan juga cuaca. Ini penting juga untuk Anda ketahui. Misalkan saja sekarang musim panas, maka peluang bisnis yang cocok seperti jualan es cendol, jualan es cincau, jualan buah segar dan jualan makanan atau barang yang sekiranya mudah laku dimusim panas.

Kemudian misalkan sedang musim hujan, anda bisa menemukan peluang seperti jualan minuman hangat, jualan jas hujan, jualan payung atau bisnis lain yang mudah laku di musim hujan.

Namun jika Anda berbisnis dengan patokan musim seperti ini juga ada batasannya. Ketika berganti musim Anda harus bisa berganti bisnis yang sesuai. Cukup merepotkan memang jika bisnis berdasarkan musim. Namun tenang saja, di Indonesia cuma ada 2 musim, anda bisa mejalankan bisnis pertama di musim panas, dan bisnis kedua di musim hujan. Begitu seterusnya juga tidak masalah asalkan bisa menghasilkan.

6. Melihat peluang bisnis dari perkumpulan yang diikuti

Apakah kamu memiliki sebuah komunitas? Kalau iya, berarti kamu juga bisa melihat peluang bisnis di komunitas tersebut. Misalkan saja kamu bergabung dengan komunitas macing, maka jualan pancing-pancing bermerk bisa menjadi ide bisnis yang tepat.

Misalkan saja kamu memiliki komunitas olahraga futsal, maka jualan jersey dan sepatu bola juga bisa menjadi sebuah peluang bisnis. Dan sesuaikan saja dengan komunitas yang Anda miliki sekarang.

Atau bisa juga mendapatkan ide bisnis dengan melakukan sharing atau kerjasama dengan orang-orang dikomunitasmu tersebut. Itu juga bisa menjadi menjadi jalan menemukan peluang bisnis yang tepat.

7. Melihat peluang bisnis dari hobi yang dimiliki

Apakah kamu memiliki hobi melakukan kegiatan tertentu? Dan dari hobimu ini kamu juga bisa menemukan peluang bisnis yang tepat. 

Misalkan saja kamu hobi bermain game, maka ada beberapa peluang bisnis yang bisa Anda jalankan. Seperti menjadi seorang youtuber, meniti karir dengan sering ikut turnamen game, jualan perangkat bermain games dan bisnis yang lain sesuai dengan hobi mu tersebut.

Coba lihat hobi Anda sekali lagi, siapa tahu ada peluang bisnis yang sangat cocok yang selama ini Anda belum sadari.

Baca juga : Hobi yang menghasilkan uang

8. Mendapatkan peluang bisnis dari turunan keluarga

Cara selanjutnya adalah dengan meneruskan bisnis keluarga. Ini biasanya terjadi apabila orang tua atau kakek nenek dulunya pernah berbisnis. Dari sebenarnya juga bisa menjadi ide tersendiri untuk menciptakan peluang bisnis.

Contohnya misal keluarga Anda sukses berbisnis makanan dengan resep khusus. Kalau bukan Anda yang meneruskan lalu siapa lagi. Dengan catatan Anda juga cocok dan mau menjalankan bisnis tersebut. Karena tidak semua anak atau keturunan memiliki potensi yang sama dengan orang tuanya.

9. Peluang bisnis dari saran orang lain

Tidak ada salahnya jika Anda mendengarkan masukan dan saran dari orang lain. Siapa tahu dari saran tersebut bisa memunculkan ide bisnis untuk Anda.

Caranya coba berbincang dan berkonsultasi dengan orang yang Anda percaya. Dengan membuka sebuah percakapan beberapa pertanyaan berikut ini :

 "Kira-kira ada peluang bisnis apa ya?"

"Cocoknya saya bisnis apa ya menurut kamu?"

"Enaknya sekarang bisnis apa ya?"

Kadang dari pertanyaan yang simple diatas, bisa jadi orang yang Anda ajak konsultasi mampu memunculkan ide bisnis yang cukup bagus. Atau kadang orang lain ada yang bisa menilai diri kita lebih baik. Biasanya orang tersebut akan memberikan saran peluang bisnis yang cocok juga buat Anda.

10. Peluang bisnis terinspirasi dari daerah lain

Untuk menemukan sebuah peluang bisnis, Anda juga bisa berkunjung ke daerah-daerah lain. Siapa tahu Anda akan mendapatkan inspirasi baru yang tidak atau belum ada di daerahmu sendiri.

Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda pandai bergaul, misalkan saja punya teman dari kota lain dan Anda mencari informasi seputar bisnis di kota teman Anda tersebut.

Atau Anda juga bisa mencari peluang bisnis dari luar negeri. Coba Anda cari informasi bisnis yang sudah jalan di luar negeri namun belum ada di Indonesia, biasanya itu akan menjadi sebuah ide yang cukup bagus.

11. Peluang bisnis dari tokoh idola

Apakah Anda memiliki seorang tokoh idola. Artis, youtuber, tokoh masyarakat atau tokoh bisnis mungkin ? Coba cari alasan kenapa Anda mengidalakan tokoh tersebut. Biasanya disini Anda juga bisa menemukan sebuah peluang bisnis.

Dan bagusnya jika menjalankan bisnis yang didasari atas rasa suka biasanya akan berjalan lebih maksimal. 

Contoh :

" Anda mengidolakan seorang artis, lalu Anda menjual merchandise dengan gambar artis tersebut atau lukisan dan yang lainnya. Siapa tahu akan menjadi peluang bisnis yang mensukseskan Anda." Namun kalau menyangkut nama orang tertentu tentu lebih baik Anda izin terlebih dahulu agar tidak melanggar hak cipta.

12. Mendapatkan ide bisnis dari membaca buku

Cara yang lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membaca buku. Dengan memperbanyak membaca buku Anda akan bertambah wawasan. Dan dengan bertambahnya wawasan ini pula ide Anda bisa lebih berkembang lagi.

Jangan malas untuk membaca, banyak kok orang sukses yang dulunya sangat suka dengan membaca. Dan siapa tahu dengan membaca bisa membantu memecahkan masalah Anda. 

Cobalah luangkan waktu untuk datang ke perpustakaan atau toko buku. Dan bacalah beberapa buku yang menurut Anda menarik. Siapa tahu Anda bisa segera menemukan peluang bisnis yang paling cocok untuk Anda.

13. Mendapatkan peluang bisnis dari browsing di internet

Jangan lupa juga untuk mendapatkan ide bisnis dari melakukan browsing di internet. Coba anda ketik sebuah keyword di internet misalkan "ide bisnis". Maka akan muncul ratusan jenis bisnis dari berbagai macam bidang.

Ketika melihat banyak sekali ide bisnis di internet tersebut cobalah untuk memilih yang mana yang paling cocok untuk Anda.

Internet itu bisa menjadi sebuah sumber ilmu yang cukup ajaib, dan juga sangat lengkap. Selama Anda mau mencari, sebenarnya semua hal sudah ada di internet untuk saat ini.

14. Mendapatkan peluang bisnis dengan bertemu kawan lama

Tidak ada salahnya juga Anda melakukan silaturahmi dengan teman lama. Siapa tahu dari pertemuan Anda dengan teman lama tersebut bisa mendapatkan sebuah ide bisnis yang cemerlang untuk Anda.

Atau mungkin teman lama Anda ini sudah mendalami bisnis tertentu, siapa tahu Anda juga cocok, mengapa tidak. Bahkan lebih bagus lagi misalkan Anda bisa bekerja sama dengan teman Anda tersebut untuk menjalankan bisnis tertentu.

Kadang-kadang kita suka sibuk sendiri sampai lupa silaturahmi dengan teman-teman. Padahal silaturahmi bisa mendapat banyak manfaat. Salah satunya adalah membuka dan memperlancar jalan rejeki Anda.

Baca juga : cara membangun relasi bisnis

15. Menciptakan bisnis sendiri dengan melakukan inovasi

Peluang bisnis juga bisa tercipta dengan mengeluarkan segala bentuk inovasi yang ada dalam otak dan fikiran Anda. Apalagi jika Anda adalah orang yang kratif untuk coba-coba hal baru.

Jika Anda mampu melakukan inovasi bisnis sendiri maka Anda akan menjadi pemimpin pasar. Contoh yang sudah ada adalah para pencetus teknologi baru yang akhirnya dipakai banyak orang. Siapa tahu kreatifitas dan inovasi Anda bisa menjadikan Anda seperti mereka.

16. Mendapatkan peluang bisnis dengan lebih peka pada keadaan

Langkah selanjutnya jika Anda susah berfikir dan susah menemukan peluang bisnis yang cocok, cobalah melakukan koreksi diri.

Menyendiri dan menyediakan waktu untuk relaks dan memanjakan diri. Biasanya kalau sudah fresh Anda akan muncul ide-ide briliant yang menyelesaikan pertanyaan peluang bisnis yang Anda miliki.

Tidak ada salahnya juga untuk melakukan sebuah perjalanan refreshing dan sejenisnya. Ini juga bisa menyegarkan otak Anda. Dan setelah otak anda lebih fresh biasanya akan menjadi lebih peka dan teliti dalam melihat peluang.

17. Segera memulai peluang bisnis yang muncul

Cara terakhir adalah dengan menjalankan segera ide bisnis yang terlintas atau yang muncul di otak Anda. Ini juga merupakan hal yang cukup penting, karena ide yang muncul kalau tidak segera diseriusin biasanya minat itu akan menurun. Jadi selagi Anda menemukan sebuah ide bisnis, segera lakukan persiapan untuk memulainya.

Lagi pula kalau Anda kebanyakan mikir nanti tidak bakalan bisa terwujud. Jadi lakukan segera dan mulai dari titik Anda sekarang juga.

Demikian sobat bisnisan mengenai cara melihat peluang bisnis untuk seorang pemula. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa membantu memecahkan masalah yang Anda alami. Demikian semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

4 komentar untuk "17 Cara Melihat Dan Mencari Peluang Usaha Bisnis Untuk Pemula"

  1. Ini sangat lengkap sekali gan panduannya. Cukup membantu untuk yang mau belajar bisnis seperti saya...

    Dari kemarin cari2 ide bisnis. Makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus semangat buat cari ide bisnis yang tepat. Sukses selalu buat kk rusmanto

      Hapus
  2. Ide bisnis mah banyak tapi sering gak yakin sama ide bisnis mana yang pengen dijalanin

    BalasHapus

Berlangganan via Email