Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil

Daftar Isi [Tampil]

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil. Mungkin diantara sobat ada yang mengalami kesulitan mengatur keuangan sekarang. Udah gaji pas-pasan namun kebutuhan hidup lumayan tinggi setiap harinya. Setiap orang memilih besaran penghasilan yang berbeda. Makanya harus bisa menyesuaikan antara penghasilan dengan gaya hidup sehari-hari. Karena kalau tidak sesuai yang ada bukan hanya tidak cukup. Bahkan bisa menimbulkan hutang dimana-mana karena tidak pandai mengelola keuangan.

Alangkah baiknya sobat banyak belajar dari kondisi yang dialami sekarang. Meskipun gaji kecil, namun sobat harus bisa tetap survive. Syukur-syukur bisa menabung dan menyisihkan uang meskipun memiliki gaji yang cukup kecil. Selain itu sobat pasti memiliki sebuah impian kan, jadi meskipun gaji kecil tapi juga jangan terus tidak hemat dan jangan menyerah begitu saja dengan kondisi tersebut.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil 

cara mengatur keuangan pribadi

Baiklah sobat, kali ini bisnisan.id akan menjelaskan mengenai beberapa tips dan cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil, antara lain :

1. Buatlah Perencanaan Pengunaan Gaji Yang baik 

Sebuah manajeman keuangan yang baik adalah keuangan yang terencana dengan benar. Jadi pastikan dalam hidup Anda memiliki perencanaan keuangan.

Tulis apa saja yang Anda butuhkan dalam mengeluarkan uang. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, biaya sewa, biaya transport dan lain-lain.

Ketika Anda menulis semua kebutuhan tersebut maka Anda akan mampu melihat dengan baik skema keuangan dalam hidup Anda.

Lalu cocokkan antara kebutuhan dan gaji yang Anda dapatkan. Disitulah Anda akan tahu bagaimana kondisi keuangan Dan bagaimana cara Anda membagi gaji tersebut.

2. Pakailah 50% Dari Daji Untuk Mencukupi kebutuhan Pokok 

Ketika menerima gaji, Utamakan untu memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu. Yakni mulai dari bahan makanan, minum, bayar listrik, bayar sewa kontrkan dan kebutuhan pokok lainnya. 

Atur sebesar 50% dari gaji Anda untuk seluruh kebutuhan pokok dalam sebulan.  Bagaimana caranya agar 50% tersebut cukup untuk kebutuhan Anda sampai pada gajian selanjutnya. Jika cukup maka sobat masih ada sisa untuk menabung. 

Bersenang-senanglah jika tanggal tua, dan berhematlah jika tanggal muda. Jangan salah prinsip ini akan merubah keuangan Anda menjadi lebih baik. Karena kebayak orang justru terbalik, mereka tidak hemat saat menerima gaji dan tanggal tua kehabisan uang. 

3. Gunakan 30 % Daji Gaji untuk Dana Cadangan 

Jika 50% dari gaji Anda tersebut tidak mencukupi, maka gunakan 30% uang cadangan yang Anda sisihkan dari gaji. Ini Anda gunakan jika benar-benar dalam kondisi darurat saja. 

Misalkan saja Anda memiliki gaji 3 juta dan hidup di kota. Maka usahakan untuk maksimal penggunaan gaji adalah 1.5juta. Dan menyediakan uang cadangan sebanyak 900.000 rupiah. 

Kalau Anda memisahkan uang dengan sistem uang pokok dan cadangan. Maka manajeman uang Anda akan lebih rapi. Dibandingkan mencampur semua keuangan Anda menjadi satu. 

4. Tabung 20% Dari Gaji Yang Dihasilkan 

Usahakan menabung meskipun gaji kecil. Menabunglah sekuatmu atau lebih baik minimal 20% dari penghasilan yang Anda miliki. 

Dengan adanya tabungan kita akan mempunyai simpanan lebih di bulan-bulan yang selanjutnya. Karena kita gak pernah tahu kebutuhan kita selanjutnya. Kalau tidak punya simpanan pasti akan kesulitan nantinya. 

Nilai menabung 20% dari gaji ini sudah sangat besar hloh. Apalagi jika penghasilan Anda nanti sudah semakin besar pula. Lagi pula yang namanya menabung adalah soal konsitensi, bukan seberapa besar uang yang ditabung.

5. Makan Memasak Dirumah Dan Membawa Bekal Saat Bekerja 

Bagaimana Anda makan setiap hari akan sangat mempengaruhi pengeluaran Anda. Misalkan saja orang yang senang jajan makan diluar dengan orang yang sering makan dirumah pasti lebih hemat yang makan dirumah. 

Usahakan untuk memasak dan makan dirumah. Karena beli bahan pokok mentah jauh lebih murah ketimbang makan diwarung. 

Sebagai contoh jika Anda memiliki Uang Rp.100.000,- untuk jajan mungkin bisa 2-3 hari. Tapi jika dibelikan beras, uang tersebut bisa tahan sampai 2 minggu bahkan lebih. Anda bisa menghemat cukup banyak ketika makan dirumah. 

Lalu pada saat kerja usahakan pula membawa bekal. Kalau harus jajan pastinya lebih boros. Ingat sobat, gaji kecil jangan gengsi. Karena kalau kita gengsi justru akan menyusahkan diri kita sendiri. 

6. Kurangi Kegiatan Yang Bisa Memperbesar Pengeluaran 

Selain menghemat dalam hal konsumsi. Perhatikan juga seluruh rutinitas yang Anda jalankan setiap hari. Hindari kegiatan-kegiatan yang bisa memacu pengeluaran lebih. 

Misalkan saja sobat orang yang suka nongkrong, suka ngopi bareng temen-teman dan suka kegiatan diluar lainnya. Maka kurangilah kegiatan tersebur. Karena dengan mengurangi jumlah kegiatan tersebut Anda akan jadi jauh lebih hemat. 

7. Berhenti Merokok Akan Jadi Lebih Hemat 

Buat sobat yang perokok maka mengurangi rokok sudah pasti membantu Anda menghemat keuangan. Karena perokok biasanya akan menghabiskan berapapun uang yang ada di dompet ketika ingin merokok. 

Jika Anda perokok aktif yang menghabiskan sebungkus rokok setiap hari maka dalam satu bulan tanpa sadar sudah membuang banyak uang. Contoh jika harga rokok tersebut adalah Rp.20.000, maka dalam sebulan tanpa sadar menghabiskan 600.000 untuk rokok. Dengan berhenti merokok sama saja Anda berhasil dalam cara menabung uang jajan 20000 setiap harinya.

Kalau memang gak bisa minimal Anda kurangi jumlah rokok yang Anda hisap dalam 1 hari. Dengan begitu sedikit demi sedikit Anda akan mulai berhemat 

8. Jaga Kesehatan Dengan Baik, Karena Kalau Sakit Membutuhkan Banyak Biaya 

Jaga kesehatan, karena sehat itu mahal harganya. Udah gajinya kecil malah sakit-sakitan. Jadinya uang akan habis untum berobat kerumah sakit. 

Olahraga secara teratur dan jaga kesehatan dengan baik. Dengan begitu Anda juga akan berhemat uang karena tidak perlu berobat ke dokter. 

Orang jarang terfikir mungkin, dan sembarang mengabaikan kesehatan begitu saja. Padahal menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting yang berpengaruh kepada keuangan seseorang.

9. Perbesar Penghasilan Yang Anda Dapatkan 

Mau gimana lagi kalau dapatnya gaji kecil. Sekarang Anda boleh berfikir begitu. Tapi ingat yang namanya uang akan mengalami inflasi. Bahan dan kebutuhan sehari-hari akan mengalami kenaikan harga. 

Maka PR Anda selanjutnya adalah meningkatkan penghasilan Anda tersebut. Entah itu mengerjakan lemburan atau mencari tambahan dari usaha sampingan, atau bisnis online tanpa modal atau apapun. Yang penting halal dan bisa meningkatkan penghasilan Anda. 

10. Belajar Dunia Investasi 

Yang terakhir belajarlah dunia investasi. Karena dengan mengerti investasi maka Anda akan mempuyai fikiran yang cerdas soal uang. Syukur-syukur Anda ikut program investasi bulanan di lembaga tertentu. Hal ini akan memicu Anda untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan uang. 

Selain itu dengan belajar mengenal apa itu investasi,  Anda akan mengetahui bagaimana cara mengembangkan uang dan memetik keuntungan lebih di kemudian hari nanti 

Oke sobat, sekian artikel kali ini yang membahas bagaimana tips mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil. Semoga bisa memberikan manfaat untuk  Anda, sukses selalu dan terima kasih sudah berkunjung di bisnisan.id

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil"

Berlangganan via Email