Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Investasi Beserta Manfaatnya Untuk Anda

Daftar Isi [Tampil]

Pengertian investasi adalah sebuah kegiatan menyimpan uang sekaligus mengembangkan uang tersebut. Tidak sekedar menyimpan, tapi sekaligus mengembangkan. Jadi berbeda dengan menabung biasa, kalau menabung biasa itu nilai uang tidak akan berubah pada saat menyimpan sampai dengan mengambilnya. Namun jika berinvestasi, uang tersebut akan berkembang sesuai dengan jenis investasi yang di pilih. 

Tentu saja kebiasaan mengembangkan uang dengan investasi ini sangat bagus. Karena uang yang disimpan bisa sekaligus menghasilkan tambahan uang yang baru kembali. Dan Anda tentu harus belajar membiasakan diri untuk berinvestasi karena banyak manfaat yang akan di dapatkan. Misalkan saja sekarang berinvestasi sebesar Rp. 10.000.000,- bisa saja 5 tahun lagi menjadi Rp.20.000.000,-. 

Namun di dalam melakukan investasi juga bukan tanpa resiko. Jadi Anda harus benar-benar tahu bagaimana cara berinvestasi yang baik dan benar agar tidak merugi. Karena ketika salah memilih jenis investasi bisa jadi uang tidak berkembang, bahkan nilainya bisa berkurang sampai dengan habis. Baiklah, kali ini bisnisan.id akan mecoba membahas lebih dalam mengenai investasi dan semua seluk beluk di dalamnya. 

Pengertian Investasi 

pengertian-investasi

Seperti yang sudah saya singgung sedikit diatas, bahwa Pengertian investasi adalah sebuah kegiatan menyimpan uang sekaligus mengembangkan uang tersebut. Secara umum bisa diartikan sebagai menyimpan uang agar uang tersebut bisa berkembang. Misalkan saja menyimpan uang dengan cara memberli emas, nah dalam waktu 5 tahun mendatang harga emas tersebut akan naik, dan uang yang disimpan dalam bentuk emas tadi telah berkembang, begitulah ilustrasi dari kegiatan investasi pada umumnya. 

Pengertian Investasi menurut Para Ahli

Baiklah sobat, kali ini biar sobat semakin paham lagi mengenai arti investasi, saya akan coba melampirkan pengertian investasi menurut 10 para ahli, antara lain sebagai berikut : 

1. Pengertian Investasi Menurut Farid Harianto dan Siswanto Sudomo (1998:2)

Pengertian investasi menurut Farid Harianto dan Siswanto Sudomo adalah suatu kegiatan menempatkan dana pada suatu atau lebih daru sati aset (assets) selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh penghasilan dan atau peningkatan investasi.

2. Pengertian Investasi Menurut Sophar Lumbantoruan (1996:59)

Pengertian investasi menurut Sophar Lumbantoruan adalah penyertaan modal pada perusahaan lain.

3. Pengertian Investasi Menurut PSAK No.13 (dalam Standar Akuntansi Keuangan per 1 Oktober 2004 dalam Fahmi dan Hadi (2011:6)

Pengertian investasi menurut PSAK adalah suatu aktiva yang digunakan perusahaan untuk pertumbuhan kekayaan (acceration of wealth) melalui distribusi hasil investasi (seperti bunga, royalti, dividen dan uang sewa), untuk apresiasi nilai investasi, atau untuk manfaat lain bagi perusahaan yang berinvestasi seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan perdagangan.

4. Pengertian Investasi Menurut Martalena dan Malinda (2011:1)

Pengertian investasi menurut Martalena dan Malinda adalah bentuk penundaan konsumsi di masa sekarang untuk memperleh konsumsi di masa yang akan datang, dimana didalamnya terkandung unsur risiko ketidakpastian sehingga dibutuhkan kompensasi atas penundaan tersebut.

5. Pengertian Investasi Menurut Tandelilin (2010:2)

Pengertian investasi menurut Tandelilin adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa datang

6. Pengertian Investasi Menurut Gitman dan Joehnk (2005:3)

Pengertian investasi menurut Gitman dan Joehnk adalah invesment is any vehicle into which funds can be played with expectation that it will generate positive income and/or preserve or increase its value. Dengan artinya investasi adalah suatu sarana dimana dana dapat ditempatkan dengan harapan hal tersebut akan menghasilkan pendapatan positif dan/atau menjaga atau meningkatkan nilainya.

7. Pengertian Investasi Menurut Kamarauddin

Pengertian investasi menurut Kamarauddin adalah sebagai berikut:

Investasi yaitu suatu tindakan untuk membeli saham, obligasi atau surat penyertaan lainnya.

Investasi merupakan suatu tindakan untuk membeli barang-barang modal

Investasi adalah pemanfaatan dana yang tersedia untuk dipergunakan dalam produksi dengna pendapatan di masa yang akan datang.

8. Pengertian Investasi Menurut Ensiklopedia Indonesia

Pengertian investasi menurut Ensiklopedia Indonesia adalah penanaman modal atau penanaman uang dalam proses produksi dengan membeli gedung-gedung, mesin-mesing, bahan-bahan cadangan, penyelenggaraan uang kas serta perkembangannya.

9. Pengertian Investasi Menurut Salim HS dan Budi Sutrisno

Pengertian investasi menurut Salim HS dan Budi Sutrisno adalah penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik investor asing maupun investor domestik dalam berbagai bidang usaha yang terbuka untuk investasi, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

10. Pengertian Investasi Menurut Kamaruddin Ahmad

Pengertian investasi menurut Kamaruddin Ahmad adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut.

Manfaat Investasi Antara Lain :

Setelah mengerti pengertian investasi seperti dijelaskan diatas, maka langkah selanjutnya adalah memahami manfaat dari investasi itu sendiri. Jadi kenapa sih kita harus berinvestasi? Tentu ada alasan atau hal-hal penting yang menyebabkan kita perlu melakukan investasi tersebut. Baiklah berikut adalah manfaat melakukan investasi secara umum, antara lain :

1. Melatih disiplin keuangan sejak dini

Manfaat yang di dapatkan pertama kali adalah melatih seseorang menjadi lebih disiplin dalam keuangan. Jadi ketika seseorang melakukan investasi secara rutin, otomatis dia akan menjadi lebih hemat. Ini penting guna membentuk pola keuangan yang jelas dalam kehidupan Anda. 

Jadi mulai sekarang Anda bisa memilih jenis atau program investasi tertentu agar Anda menjadi lebih disiplin dalam hal keuangan. Dengan begitu Anda akan lebih berusaha menyisihkan uang dan tidak sembarangan dalam menggunakannya. 

Prinsipnya mirip dengan orang yang memiliki tanggungan sebuah angsuran. Biasanya orang tersebut akan memaksa dirinya untuk menyisihkan uang setiap bulan. Namun bedanya jika berinvestasi secara terprogram adalah memaksa diri untuk menyisihkan uang untuk simpanan, bukan lagi mengangsur pinjaman atau yang lainnya. 

2. Mempunyai simpanan uang di masa depan

Manfaat yang kedua tentu saja dalam hal uang simpanan. Seseorang yang melakukan investasi, dirinya di masa depan akan mempunyai dana simpanan lebih. Simpanan tersebut bahkan lebih bagus ketimbang menabung biasa. Kalau menabung biasa sekarang RP.1.000.000,- maka 10 tahun lagi pun simpanan Anda masih sama, namun jika berinvestasi uang 1 juta Anda bisa menjadi jauh lebih banyak lagi. 

Uang simpanan ini nanti bisa menolong masa-masa sulit keuangan di masa depan. Seperti kita tahu bahwa penghasilan kita akan mengalami pasang surut. Dan di kala kita memiliki simpanan, saat penghasilan surut masih ada sejumlah uang cadangan yang sebelumnya sudah kita investasikan tersebut.

3. Membantu melawan inflasi keuangan

Manfaat yang selanjutnya adalah membantu kita dalam melawan inflasi. Seperti kita ketahui bersama bahwa dari tahun ke tahun nilai jual uang akan selalu menurun. Sebagai contoh, sekarang Anda masih bisa membayar uang sewa kontrakan senilai Rp.500.000,-. Namun belum tentu dalam 3 tahun lagi uang Rp.500.000 masih bisa untuk bayar kontrakan. 

Disinilah letak manfaat investasi, dimana kita bisa mendapatkan uang yang terus berkembang. Dan uang yang kita simpan sekarang akan berkembang bergerak menyesuaikan inflasi tersebut, sehingga di masa depan masih bisa kita gunakan untuk keperluan yang sama. 

4. Membantu mewujudkan impian

Selanjutnya juga bermanfaat untuk mewujudkan impian yang kita miliki. Sebagai sebuah contoh di masa depan mungkin Anda ingin membeli rumah, mobil, berangkat haji, atau impian lainnya. Dan dengan melakukan investasi akan membantu Anda mencapai beberapa impian yang Anda miliki tersebut. 

Inilah yang harusnya menjadi motivasi utama Anda dalam melakukan investasi. Yakni demi mencapai impian besar Anda di masa depan. Semakin banyak melakukan investasi, maka semakin besar pula hasilnya. Dan di masa depan pastinya akan lebih mudah untuk mencapai impian yang Anda miliki tersebut. 

5. Menyelamatkan keuangan di hari tua

Khususnya untuk jenis investasi jangka panjang, akan membantu Anda menyelamatkan keuangan di hari tua. Seperti kita ketahui bersama saat umur semakin bertambah, tenaga semakin berkurang. Saat hari tua mungkin kita sudah tidak bisa bekerja seperti sekarang lagi. Jadi dengan melakukan investasi, kita sudah berusaha untuk menyelamatkan keuangan kita di hari tua nanti.

Dengan rajin melakukan investasi maka kita akan mempunyai tabungan di hari tua. Yang akan menjadikan kita memiliki waktu untuk bersantai dan beristirahat.

6. Mensejahterakan keluarga

Manfaat yang selanjutnya tentu saja untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga. Apalagi jika Anda adalah seorang kepala rumah tangga yang berkewajiban menafkahi keluarga. Investasi seharusnya sudah Anda cicil mulai dari sekarang juga. 

Di masa depan uang investasi tersebut bisa untuk biaya sekolah anak-anak. Biaya perbaikan rumah dan mencukupi kebutuhan keluarga yang lainnya. Syukur-syukur bisa membantu mewujudkan impian istri dan juga anak-anak di masa depan. 

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat investasi yang lainnya. Namun secara garis besar adalah seperti beberapa point yang sudah saya sebutkan diatas. Intinya adalah sebuah simpanan uang yang akan terus berkembang dan bisa Anda manfaatkan untuk keperluan Anda di kemudian hari nanti. 

Oke sobat, demikian dulu sharing informasi kali ini mengenai pengertian investasi beserta manfaatnya untuk Anda. Mudah-mudahan informasi ini bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "Pengertian Investasi Beserta Manfaatnya Untuk Anda"

Berlangganan via Email