Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Agar Terkumpul 20 Juta Dalam 1 Tahun

Daftar Isi [Tampil]

Untuk Anda yang ingin mengumpulkan uang atau target 20 juta dalam 1 tahun, Anda harus paham cara menabung yang baik agar bisa terkumpul pada waktunya. Tidak sedikit orang di dunia ini yang ingin memiliki banyak uang sebenarnya, dan salah satu untuk mewujudkannya adalah dengan menabung. Sebelum melangkah lebih jauh, dalam menabung, intinya bukan seberapa besar jumlahnya. Namun seberapa sering dan seberapa disiplin Anda dalam menabung. 

Dengan cara memastikan target menabung, maka proses menabung akan jauh lebih mudah. Berapa tahun kamu menabung dalam satu tahun ? 10 juta. 20 juta. atau 50 juta? Berapapun itu asalkan Anda serius pasti bisa mewujudkannya. Kali ini bisnisan.id akan coba memberikan sebuah cara dan tips agar Anda bisa mencapai target 20 juta dalam setahun tersebut.

Cara Menabung 20 Juta Dalam 1 Tahun

cara-menabung-20-juta-dalam-1-tahun

Panduan dan cara menabung agar terkumpul 20 juta dalam setahun ini akan saya jelaskan secara bertahap. Jadi langkah awal adalah dengan membagi target setahun menjadi target bulanan.

Target dalam setahun adalah 20 juta, maka kita bisa membaginya menjadi target bulanan :

Rp. 20.000.000 : 12 = Rp. 1.660.000,- Jadi untuk target menabung yang harus dilakukan setiap bulan adalah sebesar 1.7 juta (pembulatan). Dengan mengumpulkan 1.7 juta perbulan maka satu tahun akan terkumpul sejumlah 20 juta rupiah.

Selanjutnya adalah menangani target Anda dalam 1 bulan ini. Apakah Anda ingin melakukannya dalam 1 bulan 1 kali menabung. Atau dijalankan dengan sistem menabung mingguan. Jika di jalankan dengan sistem mingguan, maka perhitungannya sebagai berikut :

Rp.1.700.000,- : 4 minggu = Rp. 425.000,-. Jadi untuk tiap minggunya wajib menabung sebesar Rp.425.000,-

Atau mungkin bagi Anda yang memiliki gaji harian maka bisa dibagi lagi dengan 7 hari dari hitungan menabung mingguan tersebut. Rp.425.000 : 7 hari = Rp.60.714,- atau anggap saja wajib menyisihkan setiap hari sebesar Rp.61.000,-

Dengan menemukan hitungan tersebut Anda tinggal memilih apakah sistem mingguan atau bulanan. Sesuaikan dengan pemasukan dan gaji Anda. Terutama pastikan bahwa Anda bisa menyisihkan setiap bulannya sebesar 1.7 juta dari semua pemasukan Anda.

Hal-hal yang bisa memperlancar cara menabung 20 juta dalam 1 tahun

Untuk mendukung kesuksesan Anda dalam menabung, tentu harus melakukan beberapa hal lainnya. Terutama adalah melakukan beberapa tindakan yang mendukung terkumpulnya target bulanan Anda tersebut. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan Antara lain :

1. Pastikan pemasukan mencukupi untuk target 20 juta setahun

Langkah awal adalah memastikan terlebih dahulu bahwa Anda memang bisa menyediakan sejumlah uang untuk menabung bulanan.

Alangkah lebih baik jika Anda juga memperbesar penghasilan Anda. Bisa dengan menjalankan bisnis sampingan atau cara yang lainnya.

Saat pertama kali menerima uang gajian, usahakan untuk alokasi menabung terlebih dahulu, jangan digunakan untuk keperluan lain. Jadi kalau setiap gajian Anda lokasikan 1.7 juta setiap bulan, maka otomatis dalam satu tahun akan terkumpul 20 juta rupiah.

2. Lakukan pola hidup hemat

Anda juga harus berhemat untuk mencapai target menabung Anda. Seberapapun besarnya penghasilan Anda, kalau tidak berhemat nantinya akan habis juga. 

Bagilah gajian Anda untuk beberapa bagian. Sebagai contoh Anda memiliki gaji sebesar Rp.3.000.000,- perbulan. Maka Anda harus membuat perhitungan sebagai berikut :

  • Untuk menabung wajib Rp.1.700.000,-
  • Untuk biaya makan usahakan masak sendiri, kira-kira butuh biaya untuk beli beras dan bahan pokok lainnya adalah Rp. 800.000,-
  • Sedangkan sisanya adalah Rp.500.000,- untuk keperluan lainnya.

Bagaimana perhitungan tersebut? Terlalu sulit? Makanya disini perlu point ke satu tadi, yakni memperbesar penghasilan. Ketika penghasilan Anda Rp.4.000.000,- atau 5 juta bahkan lebih pastinya akan lebih mudah lagi mencapai target 20 juta. Tapi rata-rata yang ingin mengumpulkan 20 juta setahun adalah masyaralat menengah kebawah, jadi perkiraan gajinya adalah 3 jutaan.

3. Perkuat dengan menyisihkan uang setiap hari

Setiap hari pasti Anda akan mengeluarkan sejumlah uang dan pasti akan ada sisanya entah berapapun itu. Dan pada saat ada sisa uang dalam belanja atau dalam keperluan Anda. Sisihkan uang-uang tersebut dalam satu tempat.

Meskipun terkesan recehan tapi kalau setiap hari disihkan dalam satu bulan akan membantu menutup target menabung Anda tersebut.

Lagi pula dengan membiasakan diri memelihara uang kecil. Maka Anda akan lebih disiplin dalam menggunakan dan mengelola semua keuangan Anda.

4. Konsisten dan disiplin menabung sesuai jadwal yang dibuat

Seberapa konsisten dan disiplin Anda dalam mengingatkan diri sendiri menjadi sangat penting. Terutama untuk mengingatkan Anda wajib menyisihkan dana sebesar 1.7 juta setiap bulan.

Konsisten dan disiplin juga termasuk dalam mengehemat uang itu sendiri. Misalkan saja kamu tidak berhemat pasti akan terjadi pembengkakan pengeluaran, menimbulkan hutang dan akhirnya menggagalkan program menabung yang kamu buat.

Tidak ada salahnya untuk membuat sebuah jadwal. Misalkan buat alarm di handphone Anda setiap akhir bulan untuk menabung atau buat alarm sesuai dengan jadwal yang Anda buat tadi.

5. Pastikan proses menabung yang asik dan menyenangkan

Menabung adalah sebuah proses panjang yang harusnya menyenangkan. Jadi pastikan kamu menabung dengan ikhlas dan tanpa beban. Anggap saja ini adalah sebuah perjuangan untuk sebuah impian yang kamu inginkan. 

Ingat-ingatlah apa tujuanmu menabung selama ini agar lebih bersamangat lagi. Misalkan saja untuk membeli motor idaman, untuk pergi liburan atau untuk keperluan penting yang kamu rencankan.

Selama Anda merasa senang dalam proses menabung tersebut maka tidak akan ada masalah. Dan InsyaAllah target Anda setahun 20 juta tersebut bisa tercapai.

Demikian panduan dari saya kali ini mengenai cara menabung 20 juta dalam 1 tahun. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat, sukses selalu dan terima kasih.

Baca juga tips menabung lainnya :

Posting Komentar untuk "Cara Menabung Agar Terkumpul 20 Juta Dalam 1 Tahun"