Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnisan.id Adalah Contoh Blog Bisnis Untuk Anda

Daftar Isi [Tampil]

Contoh blog bisnis sudah ada banyak sekali bertebaran di internet untuk saat ini, salah satunya adalah bisnisan.id. Sebuah blog belajar bisnis online, offline, belajar keuangan serta untuk menghasilkan uang bagi pemiliknya. Saya membuat artikel ini untuk memperjelas arah dan tujuan bagaimana bisnisan.id dibuat, serta untuk memberikan gambaran kepada teman-teman bagaimanakah cara kerja dari sebuah blog bisnis.

Sebelum masuk materi lanjutan mengenai blog bisnis. Anda perlu tahu sebelumnya beberapa jenis blog yang ada di internet. Ada blog yang disebut dengan blog pribadi, blog komunitas, blog pemerintahan, dan ada juga blog bisnis serta blog yang lainnya. Namun bebeberapa blog lainnya juga bisa sekaligus dijadikan blog bisnis ketika bisa sebagai sarana bisnis.

Apa Itu Blog Bisnis?

apa-itu-blog-bisnis

Blog bisnis adalah sebuah blog yang dijadikan untuk menjalankan bisnis, jadi bukan cuma sekedar berbagi layaknya sebuah blog pribadi. Pasti muncul pertanyaan, blog pribadi kadang juga bisa dibisniskan dan menghasilkan uang kan? Ya benar sekali, blog pribadi pun juga bisa dijadikan untuk sarana menghasilkan uang. Tapi kalau menurut saya pribadi, blog pribadi yang menghasilkan uang sudah termasuk juga blog bisnis.

Sampai disini saya yakin Anda sudah mulai memiliki gambaran mengenai blog bisnis itu sendiri. Lalu untuk jenis blog bisnis itu sendiri masih dibagi menjadi beberapa hal, antara lain :

  • Blog moneysite untuk google adsense
  • Blog moneysite untuk advertiser selain adsense
  • Blog untuk jual beli online atau olshop
  • Blog untuk memasarkan brand usaha atau perusahaan tertentu
  • Blog untuk memasarkan produk tertentu
  • Blog untuk memasarkan jasa tertentu
  • Blog untuk mengembangkan affiliate marketing
  • Blog untuk personal branding seorang pebisnis
  • Dan lain - lain . . . . 

Intinya adalah jika sebuah blog berbau uang, berbau bisnis, maka bisa dimasukkan dalam kategori blog bisnis. Dari sini Anda sudah bisa menilai ketika menemukan sebuah blog. 

Contoh Blog Bisnis yang saya jadikan untuk refrensi dan belajar

contoh-blog-bisnis

Dalam saya membuat sebuah blog memang dari dulu tidak memiliki mentor secara langsung. Kalau kata orang-orang bisa disebut autodidak. Meskipun gak sepenuhnya autodidak kalau menurut saya, karena saya juga belajar dari online. Dalam saya menulis sebuah blog, entah itu blog yang satu ini atau beberapa blog saya yang lain. Saya belajar dari beberapa blog yang sudah ada di internet, blog tersebut antara lain :

1. Maxmanroe.com

Meskipun saya tidak kenal langsung siapa admin atau pemilik dari maxmanroe.com. Tapi saya cukup berterima kasih kepada blog yang satu ini. Karena saya belajar banyak mengenai cara menulis artikel dari blog mazmanroe. Yang paling saya suka adalah penjelasannya yang sangat mendetail dan mudah di pahami.

Meskipun saya sendiri belum bisa sama dengan maxmanroe, tapi saya terus belajar dari cara menulisnya beliau-beliau yang disana. Ya iyalah mereka udah senior puluhan tahun, dan saya belum genap 1 tahun, ya pastilah harus banyak belajar.

Buat sobat yang ingin belajar mengenai bisnis juga bisa menggunakan blog maxmanroe. Karena disana banyak artikel tentang bisnis yang dibuat. Mulai dari cara memulai bisnis online, ide bisnis dan lain-lain. 

Buat sobat yang ingin menjadi seorang blogger yang baik, saya rasa blog maxmanroe juga bisa menjadi tempat belajar. Selain tempat belajar juga bisa menjadi sebuah teladan ngeblog. Terutama dari eksistensinya yang sudah bertahun-tahun. Kemudian dari segi jumlah artikel yang sudah dimuat sudah ribuan. Artikel ribuan dan semuanya memiliki bobot, kan luar biasa manfaatnya. 

Ya mudah-mudahan aja next time bisa kita sebagai blogger bisa menjadikan blog kita sebesar dan sekeren maxmanroe.com ini. Ya kan, kalau orang lain sudah ada yang bisa, pastinya kita juga bisa.

2. Niagahoster.com

Yang kedua yang saya jadikan refrensi belajar dulu adalah blog niagahoster. Untuk niagahoster sendiri adalah sebuah perusahaan ternama dalam menjual layanan hosting dan domain.Tepat setahun yang lalu ketika mulai belajar soal membuat blog saya ketemu dengan niagahoster. Makanya saya sebut sebagai salah satu refrensi.

Waktu itu saya ingat sekali pertama kali belajar cara custom domain, dan kebetulan 15 domain saya semuanya beli menggunakan layanan niagahoster. Saya belajar bagaimana custom domain dan membuat blog dari blog niagahoster ini.

Kemudian di dalam keategori blog ternyata ada banyak sekali artikel-artikel tentang bisnis. Penjelasannya sangat lengkap dan detail. Sama juga dengan maxmanroe.com diatas, sama-sama sebuah blog bisnis yang memberikan banyak artikel bisnis yang mendetail.

Buat sobat yang ingin belajar banyak tentang bisnis juga bisa menggunakan situs dari niagahoster ini. Apalagi buat yang sedang nyari-nyari ide bisnis dan sejenisnya. Niagahoster banyak mengulas hal-hal tersebut.

3. Bisnisan.id

Yang selanjutnya adalah bisnisan.id. Kalau blog yang satu ini memang blog yang saya bangun sendiri dari nol. Di tengah kesibukan bisnis saya yang lain saya menyempatkan diri untuk berbagi tentang dunia bisnis yang saya ketahui. 

Materi-materi nya saya update setiap hari di sela-sela waktu istirahat serta waktu senggang. Bagaimana isi dari bisnisan.id? Sebagian besar tentang bisnis dan ada juga beberapa topik lain sebagai tambahan. Beberapa isi dari blog bisnisan.id tersebut antara lain :

  • Materi bisnis untuk seorang pemula
  • Bisnis online dan bisnis offline
  • Ide bisnis
  • Inspirasi bisnis
  • Bisnis budidaya tanaman dan peternakan
  • Tips keuangan
  • Investasi
  • Tambagan materi blogging

Kok materinya masih sedikit mas ? Ya iya bosku, kan baru sebulan. Lalu bagaimana jika dibandingkan dengan blog yang sebelumnya disebutin? Ya jangan dibandingin untuk sekarang ini, hehe

Dengan menampilkan beberapa keterangan diatas, saya yakin Anda semakin paham lagi arti dari blog bisnis beserta dengan contohnya. 

Baca juga : Cara memulai bisnis online dari nol

Cara Membuat Blog Bisnis Antara Lain Sebagai Berikut :

cara-membuat-blog-bisnis

Beberapa hal tentu harus Anda pelajari dan Anda lakukan untuk membuat sebuah blog bisnis. Disini saya ingin berbagi tips mengenai hal tersebut. Baiklah, langkah-langkah untuk membuat sebuah blog bisnis antara lain sebagai berikut :

1. Menentukan tema dan tujuan pembuatan blog

Langkah awal adalah menentukan tema dan tujuan dari pembuatan blog bisnis Anda. Tentu saja hal ini menyesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan. 

Tentukan tujuan pembuatan, apakah blog tersebut untuk google adsense, untuk pemasaran produk atau bisnis yang lainnya. 

Yang jelas fokus saja pada satu tujuan agar Anda lebih mudah dalam mengelolanya. Sebagai contoh misalkan ingin menjalankan online shop, ya fokus saja ke bidang online shop yang Anda tekuni. Kemudian membuat blog berisi tentang penjualan Anda serta memperbanyak artikel untuk mendukung penjualan Anda tersebut.

Nah, disinilah fungsi utama sebuah blog. Yakni bisa menyertakan banyak artikel pendukung untuk bisnis Anda. Dengan begitu dalam menjalankan sebuah bisnis Anda akan terlihat profesional dan bisa dipercaya. 

Sampai disini saya yakin Anda sudah paham, kita lanjut ke tahapan selanjutnya.

2. Memilih domain dan hosting

Yang kedua adalah memilih domain dan hosting. Domain adalah nama sebuatan untuk blog bisnis Anda. Kemudian hosting adalah sebuah wadah dari situs blog Anda. 

Ada beberapa pilihan dalah hal pemilihan hosting dan domain. Bisa menggunakan berbayar bisa juga menggunakan yang gratisan.

Untuk sebuah blog bisnis yang ada transaksi di dalamnya. Jangan sampai menggunakan hosting gratisan. Karena Anda pasti tidak akan dipercaya oleh pelanggan Anda nantinya. Misalkan saja membuat olshop dari blogspot. Meskipun boleh-boleh saja, namun dari segi kpercayaan pasti sangat kurang.

Kemudian ketahuilah cara memilih nama domain untuk blog bisnis Anda dengan tepat. Ada beberapa tips dari kami untuk membantu Anda memilih nama domain, antara lain sebagai berikut :

  • Pilihlah nama domain yang pendek, mudah dieja dan juga mudah untuk diingat. Sebagai contoh adalah bisnisan.id. Sangat mudah untuk dieja dan diingat. 
  • Selanjutnya pilihlah sebuah nama domain yang mudah dimengerti maksud dan tujuan nama domain tersebut. Sebagai contoh adalah bisnisan.id. Orang yang membacanya juga tahu kalau didalam situs blog bisnisan.id adalah berisi tentang bisnis.
  • Jika kesusahan, bisa menggunakan nama domain dengan nama Anda. Hal ini juga sudah banyak dilakukan orang-orang. Keuntungan lain adalah sekaligus memaksimalkan personal branding diri Anda.
  • Pilihlah nama domain dengan ekstension yang populer. Sebagai contoh adalah ekstension .com, .net, .id, .co.id dan sejenisnya. Anda bisa lihat domain yang populer biasanya menggunakan beberapa ekstension tersebut. Karena memang image dari ekstension tersebut sudah terkenal dan terpercaya.
  • Pilih nama domain yang unik dan jangan ada yang sama meskipun ekstension nya berbeda. Ini agar manjadikan domain Anda satu-satunya dan terlihat unik.
Setelah selesai memilih nama domain bisa Anda kaitkan dengan hosting serta bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Mulai mendesain dan melakukan branding blog

Selanjutnya adalah lakukan desain tempalte dan melakukan branding tampilan blog bisnis Anda. Tampilan ini akan menjadi penilaian kesan utama dari pengunjung. Jadi pastikan blog bisnis Anda dinilai dengan baik.

Kalau tidak bisa mendesain sendiri ya bisa dengan membeli sebuah template untuk blog Anda. Lagi pula demi bagusnya brand Anda, jangan setengah-setengah dalam menyajikan tampilan kepada para pengujung.

Selain itu lakukanlah penyusunan layout yang mudah dipahami. Misalkan saja untuk susunan menu dan sub menu, kemudian susunan sidebar serta widget-wigdet lainnya.

Jangan lupa juga untuk menggunakan logo serta tagline yang menarik. Ini juga akan mempegaruhi penilain pengunjung terhadap blog bisnis Anda.

Baca juga : Cara meningkatkan brand awareness

4. Mulai melakukan update konten, baik konten promosi maupun artikel

Selanjutnya barulah melakukan update konten sesuai dengan topik blog yang Anda buat tadi. Lakukan lah update konten promosi yang menarik. Dan juga lakukan update artikel tersebut secara rutin.

Seberapa menarik konten Anda akan menjadi sebuah penentu apakah orang-orang akan menetap pada blog Anda atau tidak. Selain itu seberapa rutin Anda mengupload konten juga akan memperngaruhi seberapa cepat perkembangan blog bisnis milik Anda.

5. Melakukan optimasi SEO 

Selanjutnya lakukanlah optimasi SEO. Ini merupakan sebuah langkah untuk menjadikan blog dan artikel Anda tayang di search engine. Optimasi SEO bisa Anda lakukan sendiri atau bisa juga dengan menyewa jasa seo.

Namun alangkah lebih baik adalah belajar SEO sendiri dari nol. Dengan begitu Anda akan menghemat pengeluaran untuk optimasi SEO.

6. Mulai mempromosikan blog bisnis yang dibuat

Kemudian langkah selanjutnya adalah mempromosikan blog bisnis yang sudah Anda buat tersebut. Promosi sendiri ada banyak jenis dan cara yang bisa dilakukan. Untuk promosi sebuah blog bisa dengan gratis menggunakan sosial media atau bisa juga dengan memanfaatkan jasa iklan berbayar.

Seberapa tekun Anda dalam melakukan promosi tentu saja bisa menjadi sebuah kunci keberhasilan blog Anda tersebut. Jadi jangan malas untuk terus melakukan promosi dengan cara yang baik dan benar.

Setelah blog Anda sudah populer atau banyak pengunjung, saat itulah bisnis Anda bisa menjadi lebih maksimal. Untuk yang menjadikan blog sebagai moneysite, saat itulah blog waktunya menghasilkan uang.

Baca juga : Macam-macam strategi promosi

Kesimpulan tentang blog bisnis

Dari artikel yang saya buat kali ini bisa disimpulkan bahwa blog bisnis adalah sebuah blog yang digunakan untuk berbisnis. Baik itu bisnis di dalam blog itu sendiri ataupun blog yang dibuat sebagai pendukung bisnis Anda yang sudah ada. Kemudian beberapa contoh dari blog bisnis yang sudah ada saya sebutkan ada 3 tadi. Yakni maxmanroe.com, niagahoster.com dan bisnisan.id. Kemudian buat sobat yang ingin belajar cara membuat blog bisnis juga sudah saya jelaskan diatas. Saya kira cukup untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Bisnisan.id Adalah Contoh Blog Bisnis Untuk Anda"